Comscore Tracker

6 Destinasi Naik Kereta Gantung Paling Seru dan Menantang di Dunia

Ternyata bukan kamu doang yang digantung, kereta juga kok!

Menaiki kereta gantung merupakan sebuah pengalaman yang cukup menarik serta menantang, dimana kamu akan dibawa menikmati pemandangan dengan sebuah kereta yang menggantung dan berjalan melewati jalur kabel yang umumnya merupakan garis lurus.

Di dunia ini banyak tempat-tempat untuk menaiki kereta gantung, namun hanya sedikit yang menawarkan keseruan dan ketegangan ketika menaikinya. Berikut 6 destinasi untuk naik kereta gantung paling seru dan menantang di dunia.

1. Loen Skylift - Loen, Norwegia

6 Destinasi Naik Kereta Gantung Paling Seru dan Menantang di DuniaLoen Skylift (instagram.com/midtgaardphotography)

Dibuka pada Mei 2017, Loen Skylift terletak di jantung teluk Fyord, Norwegia. Disebut-sebut sebagai jalur kereta gantung paling curam di dunia. Untuk menaikinya, kamu harus naik ke atas Gunung Hoven setinggi 1.011 mdpl dari desa Loen dengan rute jalan yang terjal. 

Selama lima menit perjalanan, kamu akan mendapatkan pemandangan yang menakjubkan dari dalam kereta, seperti pegunungan yang indah serta gletser sebagai latar belakangnya.

2. Cabrio - Stans, Swiss

6 Destinasi Naik Kereta Gantung Paling Seru dan Menantang di DuniaCabrio (www.instagram.com/best_switzerland_photos)

Pengalaman berharga akan kamu dapat ketika menaiki kereta gantung yang ada di Stans, Swiss. Kereta gantung bernama Cabrio ini membawa kamu ke atas Gunung Stanserhorn dan melewati danau Lucerne yang berwarna biru dalam kurun waktu enam menit.

Untuk naik ke kereta gantung tersebut, kamu harus memulai perjalanan dengan naik kereta kabel ke Kalti, yang kemudian akan menghubungkan kamu ke lift kereta gantung Cabrio. Tempat ini dapat ditempuh kurang lebih 2 jam perjalan dari Bern, Ibukota Swiss.

3. Sugarloaf Mountain Bondinho - Rio de Janeiro, Brasil

6 Destinasi Naik Kereta Gantung Paling Seru dan Menantang di DuniaSugarloaf Mountain Bondinho(instagram.com/letsplanavacation)

Kereta gantung yang ada di Gunung Sugarloaf sudah beroperasi selama lebih dari satu abad. Kereta gantung ini telah membawa banyak wisatawan ke puncak Gunung Sugarloaf yang berhadapan langsung dengan Samudera Atlantik. 

Kereta gantung ini memiliki rute sepanjang 1,4 km dari Morro da Urca ke puncak Gunung Sugarloaf. Dari dalam kereta matamu akan dimanjakan dengan pantai Ipanema dan Copacabana, pegunungan Corcovado, serta gedung-gedung perkotaan Rio de Janeiro.

Baca Juga: 9 Tempat Wisata di Munich Jerman, Unik dan Menarik! 

4. Mi Teleferico - La Paz, Bolivia

6 Destinasi Naik Kereta Gantung Paling Seru dan Menantang di DuniaMi Teleferico, La Paz, Bolivia (instagram.com/pawellincl)

Menjadi salah satu kota dengan kemacetan terparah di dunia, La Paz berhasil mengakali masalah tersebut dengan membuat salah satu transportasi umum anti macet, yaitu kereta gantung. Penduduk kota La Paz bisa memangkas waktu perjalanan mereka dari satu jam menjadi 10 menit dengan menggunakan jaringan kereta gantung Mi Teleferico. 

Karena kereta gantung merupakan bagian dari sistem angkutan umum, tarifnya tergolong murah dari kebanyakan kereta gantung yang ada di seluruh dunia. Kamu bisa menjadikannya sebagai salah satu cara untuk melihat pemandangan kota dan Pegunungan Andes secara bersamaan.

5. Table Mountain Aerial Cableway - Cape Town, Afrika Selatan

6 Destinasi Naik Kereta Gantung Paling Seru dan Menantang di DuniaTable Mountain Aerial Cableway (instagram.com/campsbay)

Banyak orang telah sampai ke puncak Gunung Meja (Table Mountain) tak lain dan tak bukan karena adanya kereta gantung yang kini menjadi destinasi wisata tersendiri ketika kita berkunjung ke Afrika Selatan.

Kereta gantung yang berputar berhasil membayar perjalananmu selama lima menit untuk menikmati pemandangan tebing terjal Gunung Meja, gedung-gedung perkotaan dan teluk yang tepat berada di bawah kakimu.

6. Skyline Gondola - Queenstown, Selandia Baru

6 Destinasi Naik Kereta Gantung Paling Seru dan Menantang di DuniaSkyline Gondola, Queenstown(instagram.com/skylinequeenstown)

Destinasi wisata Gondola andalan milik Selandia Baru ini terkenal dengan jalurnya yang curam dan berada 450 meter di atas Kota Wisata Queenstown dan Danau Wakatipu menjuju puncak Bob's Peak.

Kamu bisa menyaksikan pegunungan di sekitarmu yang sangat spektakuler dari dalam gondola ini. Yang paling menarik saat kamu menaikinya ialah, ketika musim salju tiba, kamu akan melihat gedung-gedung dan rumah berwarna putih tertutup gundukan es dengan latar pegunungan yang indah. Sungguh pengalaman yang menakjubkan bukan?

Itulah 6 destinasi kereta gantung yang paling seru dan menantang di dunia. Bagaimana? Ada yang berani menaiki kereta gantung di atas?

Baca Juga: Wisata Terkenal di Odaiba, Ini 5 Sejarah Oedo Onsen yang Akan Ditutup

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Mahasiswa nolep 4 semester

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya