Comscore Tracker

5 Objek Wisata di Grodno-Belarusia, Wajib Masuk Itinerary

Ada dua kastil yang luar biasa kerennya, lho!

Grodno atau yang juga dikenal dengan Hrodna adalah salah satu kota di Belarusia yang populer akan tempat-tempat wisatanya yang menarik. Mulai dari kastil, gereja, taman, serta kebun binatang bisa kamu temukan di kota yang dibelah oleh sungai Neman ini. Menariknya lagi, aturan bebas visa berlaku bagi turis dari Indonesia yang berkunjung ke negara ini, lho.

Wah, jadi gak sabar ingin berlibur ke sana bukan? Kira-kira, apa saja objek wisata di Grodno yang wajib kamu kunjungi ketika traveling ke Belarusia suatu hari nanti? Berikut daftar rekomendasinya.

1. Old Grodno Castle

5 Objek Wisata di Grodno-Belarusia, Wajib Masuk ItineraryOld Grodno Castle (instagram.com/lisa_shershen)

Old Grodno Castle merupakan kastil yang dibangun sejak abad ke-11 dan menjadi tempat kedudukan bagi dinasti penguasa Black Ruthenian. Kastil megah berwarna putih ini terletak pada pertemuan sungai Neman dan Gorodnichanka.

Saat ini, Old Grodno Castle berfungsi sebagai museum sejarah dan arkeologi yang memiliki koleksi artefak lebih dari 200 ribu benda. Saking banyaknya koleksi yang disimpan di dalamnya, kastil ini ditetapkan sebagai museum sejarah dan arkeologi terbesar di Belarusia.

2. New Grodno Castle

5 Objek Wisata di Grodno-Belarusia, Wajib Masuk ItineraryNew Grodno Castle (instagram.com/irijsiro)

Kastil Baru Grodno memang sengaja dibangun untuk menggantikan kastil lama yang sudah tidak digunakan lagi setelah mengalami kerusakan besar akibat perang pada awal abad ke-18. Meski begitu, letak kastil ini sedikit agak jauh dari kastil lama, meskipun masih di tepi sungai Neman.

Bangunan istana ini sendiri dirancang oleh arsitek terkenal Carl Frederick Pöppelmann. Pada Perang Dunia Kedua, istana ini pernah menjadi rumah sakit dan markas militer sebelum direnovasi ulang beberapa tahun setelahnya.

3. St Boris and Gleb Church of Kalozha

5 Objek Wisata di Grodno-Belarusia, Wajib Masuk ItineraryKalozha Church (instagram.com/anjei_z)

Dianggap sebagai satu-satunya bangunan berarsitektur Black Ruthenian yang masih tersisa saat ini, St Boris and Gleb Church of Kalozha atau Gereja Kalozha sangat dijaga dari keruntuhan. Bahkan, bangunan ini diklaim sebagai bangunan tertua di kawasan Grodno.

Yang membedakan ini dengan kebanyakan Gereja Ortodoks lainnya adalah pegunungan batu polikrom berbagai warna yang dibentuk menjadi sebuah seni lada dinding. Gereja ini juga dimasukkan ke dalam situs warisan duna UNESCO tahun 2004 lalu.

Baca Juga: 5 Wisata Alam di Belarus yang Bikin Hati Adem, Cocok Buat Lepas Penat!

4. Gilibert Park

5 Objek Wisata di Grodno-Belarusia, Wajib Masuk ItineraryGilibert Park (instagram.com/pastry_liebe)

Salah satu tempat favorit masyarakat kota Grodno ketika akhir pekan tiba adalah Gilibert Park. Taman yang terletak di pusat kota Grodno ini sering dijadikan spot piknik untuk mengistirahatkan diri dari hiruk-pikuk perkotaan yang sibuk.

Area hijau yang luas, air mancur, serta wahana bermain untuk anak-anak juga ada di taman ini. Di area luar taman juga terdapat banyak kafe-kafe serta restoran kecil yang dapat menemanimu bersantai sembari makan ataupun minum kopi.

5. Grodno Zoo

5 Objek Wisata di Grodno-Belarusia, Wajib Masuk ItineraryGrodno Zoo (instagram.com/grodnozoo)

Didirikan tahun 1927 sebagai kebun binatang pertama di Belarusia, Grodno Zoo kini telah berkembang dan memiliki kurang lebih 3.000 hewan dari 317 spesies. Luas dari kebun binatang ini sendiri mencakup area lahan sekitar lima hektar.

Ada banyak kegiatan dan atraksi seru yang bisa kamu temukan di kebun binatang Grodno. Itu sebabnya, ini merupakan tujuan wisata edukasi yang tepat ketika kamu berlibur bersama anak-anak maupun keluarga. Sayang memang untuk dilewatkan.

Itu dia beberapa objek wisata di Grodno yang tak boleh kamu lewatkan kala kamu berkunjung ke negara Belarusia. Kira-kira, mana yang paling cocok masuk itinerary-mu?

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya