Comscore Tracker

5 Destinasi di Dundee-Skotlandia yang Keren Abis, Cocok buat Healing!

Wajib masuk wishlist liburanmu nih!

Dundee merupakan kota terbesar keempat di Skotlandia. Letaknya yang berada di pantai timur negara tersebut membuat kota ini terkenal sebagai salah satu kota bahari terbaik di Eropa Barat.

Selain itu, kota ini terkenal akan sejumlah museum yang menampilkan berbagai karya seni dan arkeologi. Berikut ini beberapa destinasi yang harus masuk wishlist-mu ketika berlibur di Dundee. Cocok untuk healing!

1. Discovery Point

5 Destinasi di Dundee-Skotlandia yang Keren Abis, Cocok buat Healing!Discovery Point (instagram.com/visit.dundee)

Discovery Point merupakan rumah bagi kapal Royal Research Ship (RRS) yang membawa Kapten Scott dalam ekspedisi pertamanya melintasi Antartika. Kapal ini sendiri dibuat pada tahun 1900, yang kemudian digunakan berlayar hingga kembali ke Dundee pada 1986 silam.

Di sini, para wisatawan disuguhkan pertunjukan audio maupun visual, pengalaman interaktif, dan barang-barang yang digunakan kru untuk berlayar ke Antartika. Museum yang semakin hari semakin ramai oleh para pengunjung ini bisa jadi tujuan pertamamu ketika berlibur ke Dundee.

2. V and A Dundee

5 Destinasi di Dundee-Skotlandia yang Keren Abis, Cocok buat Healing!V&A Dundee (instagram.com/john_glassey)

Salah satu bangunan paling artistik di Skotlandia, V&A Dundee merupakan sebuah museum desain yang terletak di samping Discovery Point. Dibuka pada 15 September 2018, bangunannya dirancang oleh arsitek asal Jepang, Kengo Kuma yang terinspirasi dari tebing di sepanjang pantai timur Skotlandia.

Beberapa koleksi atau pameran di dalamnya menampilkan desain-desain terbaik dari seluruh dunia. Museum ini juga pernah disebut sebagai salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di dunia versi Majalah TIME pada tahun 2019.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Kepulauan Orkney-Skotlandia yang Wajib Dikunjungi

3. The McManus: Dundee's Art Gallery and Museum

5 Destinasi di Dundee-Skotlandia yang Keren Abis, Cocok buat Healing!The McManus (instagram.com/ambrab__)

Terletak di pusat kota Dundee, The McManus merupakan bangunan bergaya Victoria dan Gotik yang cukup estetik. Ini merupakan rumah bagi seni dan sejarah bersatu padu untuk memberikan wawasan menarik bagi para pengunjung yang datang.

Di sini, kamu bisa belajar tentang manusia purba, menjelajahi berbagai artefak kuno, serta melihat beberapa lukisan yang tentunya akan membuatmu berdecak kagum.

Tak ketinggalan, fasilitas lainnya termasuk kafe dan toko souvenir juga bisa kamu temukan di sini.

4. Dundee Law

5 Destinasi di Dundee-Skotlandia yang Keren Abis, Cocok buat Healing!Dundee Law (instagram.com/droning_on_in_scotland)

Dundee Law merupakan titik tertinggi di kota Dundee yang terbentuk akibat aktivitas gunung berapi sekitar 400 juta tahun yang lalu. Dengan adanya sebuah monumen peringatan Perang Dunia dan beberapa temuan situs kuno di puncaknya, menjadikan tempat ini sebagai kawasan paling bersejarah di kota.

Dari atas ketinggian 174 meter di atas permukaan laut, para wisatawan disuguhkan pemandangan kota Dundee yang spektakuler. Untuk sampai ke atas bukit, kamu bisa melewati anak tangga untuk mendapatkan pengalaman yang lebih seru.

5. Arbroath Abbey

5 Destinasi di Dundee-Skotlandia yang Keren Abis, Cocok buat Healing!Arbroath Abbey (instagram.com/historicscotland)

Destinasi terakhir yang tak boleh kamu lewatkan di kota Dundee adalah Arbroath Abbey. Reruntuhan biara yang dibangun oleh William the Lion tersebut merupakan bagian dari Deklarasi Arbroath 1320, yang menegaskan kemerdekaan Skotlandia dari Inggris.

Ketika berkunjung ke tampat ini, kamu serasa dibawa kembali ke abad pertengahan di mana tembok-tembok yang masih tersisa dari bangunan ini membuat Arbroath Abbey seperti hidup kembali. William the Lion sendiri juga dikuburkan di dalam biara ini.

Dundee menyimpan berbagai destinasi wisata yang menarik dan seru untuk dikunjungi. Mulai dari wisata sejarahnya hingga bangunan-bangunan artistik menjadi daya tarik utama wisata di kota ini.

Baca Juga: 9 Potret Isle of Skye, Pulau di Skotlandia dengan Panorama Spektakuler

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Mahasiswa nolep 5 semester

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya