Comscore Tracker

5 Destinasi di Kota Karlstad, Alternatif Liburanmu di Swedia

Mulai dari museum hingga alun-alun, semuanya ada!

Kota Karlstad adalah kota terbesar di provinsi Varmland, Swedia. Kota ini dianggap sebagai kota tercerah di Swedia karena paling banyak terkena sinar matahari.

Meskipun jarang terdengar, tetapi kota ini punya banyak destinasi wisata menarik yang bisa menjadi alternatif liburanmu ketika berkunjung ke Swedia. Apa saja destinasi wisata yang ada di Kota Karlstad? Penasaran? Berikut daftarnya!

1. Värmlands Museum

5 Destinasi di Kota Karlstad, Alternatif Liburanmu di SwediaVärmlands Museum (instagram.com/andreasgraveleij)

Sebagai ibukota, Kota Karlstad tentunya juga menjadi rumah bagi museum Värmlands. Di museum ini, mengungkap banyak sejarah dan budaya dari wilayah tersebut. Museum ini memiliki sekitar 40.000 artefak serta 9000 karya seni lokal.

Apalagi, gedung museum ini dirancang dengan unik seperti sebuah kuil Cina. Selain itu, museum ini juga sering mengadakan berbagai pertunjukan atau festival dengan berbagai macam tema, terutama tema kesenian dan kebudayaan lokal Swedia.

2. Karlstad Cathedral

5 Destinasi di Kota Karlstad, Alternatif Liburanmu di SwediaKarlstad Cathedral (instagram.com/off_leash_women)

Berdiri sejak tahun 1730, Katedral Karlstad merupakan pusat keuskupan kota yang menjadi bangunan ibadah terbesar di wilayah Varmland. Katedral ini dicat dengan warna putih yang melambangkan kesucian.

Sorotan utama dari Katedral ini adalah menara loncengnya yang punya tinggi 65 meter. Selain itu, terdapat juga sebuah patung malaikat yang terletak di bagian altar, yang diukir oleh Johan Tobias Sergel.

Baca Juga: 9 Tempat Wisata di Amman, Kota Tua Bersejarah Yordania

3. Alsters Herrgård

5 Destinasi di Kota Karlstad, Alternatif Liburanmu di SwediaAlsters Herrgård (instagram.com/visitvarmland)

Terletak di timur pusat Kota Karlstad, Alsters Herrgård adalah sebuah rumah penyair abad ke-19, Gustaf Fröding. Rumah besar ini memiliki sebuah taman hijau yang indah dan klasik.

Di dalamnya, terdapat sebuah pameran yang membahas tentang rumah ini. Kamu juga bisa menyaksikan keindahan Danau Vänern dari rumah ini. Tentunya, ada banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan di sini.

4. Brigadmuseum

5 Destinasi di Kota Karlstad, Alternatif Liburanmu di SwediaBrigadmuseum (instagram.com/visitkarlstad)

Resmi dibuka pada tahun 2013, museum ini menceritakan tentang perkembangan organisasi dan militer Swedia selama Perang Dingin. Di dalamnya, terdapat banyak koleksi senjata sampai angkutan yang digunakan untuk perang.

Selain itu, terdapat banyak wahana interaktif di sini. Salah satunya adalah simulator penembak. Di mana para pengunjung bisa langsung merasakan bagaimana menjadi prajurit militer ketika perang.

5. Stora Torget

5 Destinasi di Kota Karlstad, Alternatif Liburanmu di SwediaStora Torget (instagram.com/visitkarlstad)

Kota Karlstad memiliki salah satu alun-alun terbesar di Swedia. Setelah mengalami kebakaran hebat pada pertengahan abad ke-19, Stora Torget kemudian mengalami pembangunan besar-besaran yang membuat tampilannya menjadi seperti saat ini.

Setiap harinya, banyak orang-orang yang nongkrong atau bersantai di sudut alun-alun ini. Mereka memandangi arsitektur, terutama balai Kota Karlstad yang indah. Ada juga kafe, restoran hingga toko souvenir jika kamu ingin mencari oleh-oleh.

Lima destinasi wisata di Kota Karlstad tersebut tentunya bisa menjadi alternatif liburanmu ketika berkunjung ke Swedia. Banyak destinasi wisata seru, mulai dari museum, katedral, taman, hingga alun-alun yang menjadi daya tarik utama dari kota ini.

Baca Juga: Asri dan Hijau, 10 Kota yang Dinobatkan Sebagai Kota Terhijau di Dunia

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya