Comscore Tracker

5 Destinasi Wisata di Magdeburg, Jerman yang Bikin Liburan Jadi Nyaman

Ada Katedral Gotik tertua di Jerman, lho!

Nama Magdeburg berasal dari kata Jerman yaitu Matche yang artinya "kuasa", sedangkan Burg berarti "kota". Jadi arti dari kata Magdeburg adalah "Kota yang Berkuasa". Yaps, hal tersebut karena Magdeburg merupakan kota otonom yang berhak mengatur wilayahnya sendiri.

Tak hanya itu saja, kota yang terletak di tepi sungai Elbe ini juga terkenal akan destinasi wisatanya yang beragam. Mulai dari menara multifungsi, bangunan unik, taman, kebun raya, hingga situs sejarah, semuanya harus untuk masuk bucket list kamu.

1. Jahrtausendturm

5 Destinasi Wisata di Magdeburg, Jerman yang Bikin Liburan Jadi NyamanJahrtausendturm (instagram.com/normdyne)

Sebagai salah satu menara kayu tertinggi di dunia, Jahrtausendturm yang punya tinggi 60 meter didirikan pada tahun 1999. Menara satu ini berfungsi sebagai  tempat pameran tentang ilmu pengetahuan yang menjanjikan para pengunjung kegiatan interaktif seru.

Menara ini memiliki enam lantai yang masing-masing lantainya berisi koleksi-koleksi tertentu. Salah satu kegiatan seru paling dicari wisatawan di sini adalah teleskop luar biasa yang konon mampu melihat menara jam dari Katedral Magdeburg.

2. Hundertwasser's Green Citadel of Magdeburg

5 Destinasi Wisata di Magdeburg, Jerman yang Bikin Liburan Jadi NyamanHundertwasser's Green Citadel (instagram.com/frostpost)

Terletak di pusat kota Magdeburg, Hundertwasser's Green Citadel adalah kompleks apartemen, toko, kafe, hotel, dan hingga taman kanak-kanak yang punya konsep unik. Bangunan yang diarsiteki oleh Friedensreich Hundertwasser ini bertujuan untuk penghijauan dalam kota.

Perpaduan gaya Barok dan Gotik yang ada di dalamnya seperti memberi kesan bahwa bangunan ini lebih mirip ke Katedral ataupun Biara Romawi abad ke-11. Ini merupakan salah satu destinasi wisata terunik di kota yang sangat populer.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata di Berlin, Ibu Kota Jerman yang Penuh Sejarah

3. Elbauenpark

5 Destinasi Wisata di Magdeburg, Jerman yang Bikin Liburan Jadi NyamanElbauenpark (instagram.com/mark.schubert_)

Elbauenpark adalah taman rekreasi yang selalu ramai karena menjadi tujuan liburan keluarga ketika akhir pekan tiba. Taman ini dibangun pada tahun 1999 di atas lahan seluas 100 hektar yang merupakan bekas tempat pembuangan sampah bekas Perang Dunia II.

Area hijau taman ini memang cocok untuk menemani mu dan keluarga ketika piknik. Di tambah lagi dengan berbagai wahana edukasi seru, tentu tak akan membuat banyak orang menyangka bahwa dahulunya senjata api dan bahan peledak berserakan di tempat ini.

4. Gruson-Gewächshäuser

5 Destinasi Wisata di Magdeburg, Jerman yang Bikin Liburan Jadi NyamanGruson-Gewächshäuser (instagram.com/entdeckemagdeburg)

Gruson-Gewächshäuser merupakan kebun raya kota Magdeburg yang berada di dalam ruangan kaca futuristik. Taman ini didirikan oleh mendiang kolektor tanaman Hermann Gruson yang mewariskan seluruh koleksinya ke kota Magdeburg.

Rumah kaca ini resmi dibuka untuk umum pada 1896, yang kemudian diperluas pada tahun 1910. Kebun raya yang berisi kurang kebih 3000 spesies tanaman ini juga tak luput dari kerusakan akibat Perang Dunia Kedua. Namun pemerintah setempat dengan cepat mengembalikannya seperti semula.

5. Magdeburg Cathedral

5 Destinasi Wisata di Magdeburg, Jerman yang Bikin Liburan Jadi NyamanMagdeburg Cathedral (instagram.com/iromson)

Satu lagi destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Magdeburg. Yaitu, situs sejarah paling terkenal di kota, apalagi kalau bukan Katedral Magdeburg. Katedral yang dibangun pada periode abad ke-13 hingga ke-16 ini adalah Katedral bergaya Gotik tertua di Jerman.

Tak hanya itu, Katedral ini juga memiliki sebuah museum yang menyimpan banyak barang-barang antik hingga seni modern. Itu sebabnya, selain menjadi tempat ibadah, Katedral ini memiliki peran lainnya sebagai destinasi wisata edukasi yang sangat menarik.


Magdeburg menyimpan banyak destinasi wisata yang layak dikunjungi ketika berlibur ke Jerman. Beberapa di antaranya pun terkesan unik dan seru. Jadi tunggu apalagi? Siap ke sana tahun ini?

Baca Juga: 5 Wisata Kebun Binatang Terbaik di Jerman, Banyak Hewan Langka!

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya