Comscore Tracker

5 Destinasi Wisata di Sibiu-Rumania, Bikin Mata Terpesona

Banyak tempat menarik yang asyik untuk dikunjungi

Sibiu adalah sebuah kota kecil di wilayah Transylvania, Rumania. Kota yang berasal dari tahun 1191 ini dianggap memiliki sejarah panjang. Itu terbuktikan dengan banyaknya bangunan berarsitektur abad pertengahan yang masih tersisa di kota ini.

Kini, bangunan-bangunan tersebut telah menjadi objek wisata sejarah yang cukup populer. Tak hanya sampai di situ, beberapa destinasi lainnya seperti museum dan kawasan pedestrian juga wajib dikunjungi di kota ini. Apa saja destinasi wisata di Sibiu? Berikut daftarnya.

1. ASTRA Museum of Traditional Folk Civilisation

5 Destinasi Wisata di Sibiu-Rumania, Bikin Mata TerpesonaASTRA Museum (instagram.com/travel.with.alin)

Terletak di hutan Dumbrava, sekitar empat kilometer di selatan pusat kota Sibiu, terdapat sebuah museum luar ruangan yang cukup spektakuler. Museum tersebut bernama ASTRA Museum of Traditional Folk Civilisation dengan luas lebih dari 90 hektar.

Museum terbuka ini memiliki 300 bangunan yang memamerkan keragaman gaya tradisional khas pedesaan Rumania. Mulai dari rumah, gereja, hingga kincir angin menjadi daya tarik utama dari tempat ini.

2. Piața Mare

5 Destinasi Wisata di Sibiu-Rumania, Bikin Mata TerpesonaPiața Mare (instagram.com/tudoseiosif)

Alun-alun utama Sibiu merupakan destinasi favorit para wisatawan untuk menikmati arsitektur kota ini. Dibangun pada tahun 1366, alun-alun sepanjang 142 meter dan lebar 93 meter ini dianggap sebagai salah satu yang terbesar di wilayah Transylvania.

Arsitektur barok yang melekat pada Piața Mare membuatnya menjadi sorotan. Seperti kebanyakan alun-alun di Eropa, alun-alun Sibiu juga biasa digunakan sebagai pasar oleh para pedagang. Apalagi ketika natal tiba, tempat ini sangat ramai dipenuhi pengunjung.

3. Turnul Sfatului

5 Destinasi Wisata di Sibiu-Rumania, Bikin Mata TerpesonaTurnul Sfatului (instagram.com/calator_prin_romaniaa)

Turnul Sfatului merupakan landmark kota Sibiu yang berupa menara jam tujuh lantai. Menara ini dibangun pada akhir abad ke-13 dan menjadi gerbang masuk kota kedua pada benteng Sibiu.

Berbagai renovasi juga pernah dialami menara ini, hingga akhirnya selama berabad-abad, Turnul Sfatului menemukan bentuk yang sempurna dengan gaya barok. Dahulunya, jam pada menara ini berfungsi sebagai alarm kota.

Baca Juga: 10 Wisata Pantai Indah di Rumania, Pesonanya Bikin Betah! 

4. Sibiu Lutheran Cathedral

5 Destinasi Wisata di Sibiu-Rumania, Bikin Mata TerpesonaSibiu Lutheran Cathedral (instagram.com/ig_sibiu)

Selesai pada 1520, Sibiu Lutheran Cathedral atau Katedral Lutheran Sibiu menjadi salah satu bangunan tempat ibadah bergaya gotik terbesar di Transylvania. Katedral ini cukup mengagumkan dan dilengkapi ukiran-ukiran yang artistik.

Ini menjadi pemandangan menarik di pusat kota Sibiu. Banyak wisatawan yang datang ke sini hanya untuk mengagumi Katedral ini saja. Memang, kemegahan katedral ini bisa membuat semua orang terkesima.

5. Stairs Passage

5 Destinasi Wisata di Sibiu-Rumania, Bikin Mata TerpesonaStairs Passage (instagram.com/claudia_busuioc)

Dianggap sebagai spot paling instagramable di Sibiu, Stairs Passage telah menjadi primadona bagi para wisatawan. Jalanan yang menghubungkan antara kota atas dan bawah ini memiliki jalur tangga yang berkelok-kelok.

Gang-gang sempit yang terdapat di kawasan ini juga mampu menghipnotis orang-orang serta memberikan kesan masa lalu yang nyata. Tips mengunjungi tempat ini adalah datang ketika senja karena Stairs Passage akan berubah warna menjadi merah. Memilih waktu tersebut tentu akan membuat fotomu menjadi lebih keren.

Sibiu punya banyak destinasi wisata menarik yang mampu membuat siapa saja terkesima ketika melihatnya. Beberapa di antaranya sesuai ulasan di atas. Tampaknya kota ini tak mau kalah soal dominasi wisata di kota-kota besar Rumania.

Baca Juga: 5 Tempat Bersejarah Terbaik di Rumania yang Wajib Dikunjungi 

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya