Comscore Tracker

5 Destinasi Wisata di Vilnius-Lithuania yang Bikin Hatimu Jadi Bahagia

Ibu kota Lithuania ini punya destinasi wisata memesona!

Ibu kota Lithuania, yakni Vilnius merupakan sebuah kota yang pernah menjadi bagian dari negara Polandia sebelum tahun 1939 dengan nama Wilno. Kota ini dinilai punya sejarah panjang. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya bangunan bersejarah yang tersebar di penjuru kota.

Kini, bangunan-bangunan bersejarah tersebut telah menjadi destinasi wisata utama di kota Vilnius. Selain itu, kota ini juga memiliki beberapa museum yang cukup populer di kalangan para wisatawan.

Apa saja destinasi wisata di kota Vilnius? Berikut daftarnya.

1. Gediminas Castle Tower

5 Destinasi Wisata di Vilnius-Lithuania yang Bikin Hatimu Jadi BahagiaGediminas Castle Tower (instagram.com/picturesbymarek)

Menjadi salah satu landmark paling terkenal di kota, Gediminas Castle Tower atau Menara Kastil Gediminas adalah bagian yang masih tersisa dari reruntuhan kastil Vilnius. Komplek kastil ini dibangun oleh Gediminas (Pangeran Lithuania) pada awal abad ke-15.

Untuk mencapai menara tersebut, kamu dapat menaiki lift atau berjalan kaki jika ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda. Di dalam menara, terdapat sebuah museum yang memiliki koleksi benda-benda arkeologis dari daratan Lithuania.

2. Gate of Dawn

5 Destinasi Wisata di Vilnius-Lithuania yang Bikin Hatimu Jadi BahagiaGate of Dawn (instagram.com/this.is.gao)

Gate of Dawn atau Gerbang Fajar merupakan monumen agama, sejarah, dan budaya yang paling penting di kota Vilnius. Gerbang yang dibangun antara tahun 1503 dan 1522 ini adalah satu-satunya gerbang dari benteng pertahanan kota yang masih tersisa.

Total, ada sepuluh gerbang raksasa macam ini dahulunya. Namun, pada akhir abad ke-18, pemerintah Lithuania memerintah untuk menghancurkan gerbang-gerbang tersebut karena suatu alasan tertentu. Kini, monumen ini telah berubah menjadi situs utama bagi peziarah Katolik di Vilnius.

Baca Juga: 9 Fakta Grybukai, Kue Unik Khas Lithuania yang Berbentuk Mirip Jamur 

3. St. Anne's Church

5 Destinasi Wisata di Vilnius-Lithuania yang Bikin Hatimu Jadi BahagiaSt. Anne's Church (instagram.com/audra.ranonyte)

Terletak di tepi sungai Vilnia, bangunan gereja bergayagGotik ini didirikan sekitar tahun 1495 hingga 1500. Dengan arsitekturnya yang sangat menawan, gereja ini selalu mencuri perhatian banyak pengunjung yang datang ke kota Vilnius.

St. Anne's Church memiliki fasad utama yang cukup indah dengan batu bata merah yang mencolok. Sementara untuk interiornya, gereja ini menggunakan gaya barok dan beberapa patung yang menghiasi seluruh sudut-sudut ruangannya.

4. Museum of Occupations and Freedom Fights

5 Destinasi Wisata di Vilnius-Lithuania yang Bikin Hatimu Jadi BahagiaMuseum OFF (instagram.com/wartimetravel)

Lebih dikenal sebagai Meseum Genosida, museum ini didedikasikan untuk mengumpulkan dan memamerkan dokumen yang berkaitan dengan 50 tahun pendudukan Uni Soviet di Lithuania. Museum ini didirikan atas perintah dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Lithuania pada tahun 1992.

Museum of Occupations and Freedom Fights menjadi salah satu museum paling populer di kota Vilnius. Di dalamnya, terdapat koleksi foto dan barang-barang tawanan yang membuat siapa saja miris ketika melihatnya.

5. Palace of the Grand Dukes of Lithuania

5 Destinasi Wisata di Vilnius-Lithuania yang Bikin Hatimu Jadi BahagiaPalace of the Grand Dukes (instagram.com/routeofnine)

Palace of the Grand Dukes of Lithuania adalah Istana yang dibangun pada awal abad ke-15 untuk pangeran Lithuania dan Raja Polandia. Selama kurang lebih 4 abad, istana ini difungsikan sebagai pusat politik, adminstratif, dan budaya di wilayah Persemakmuran Polandia-Lithuania.

Namun, istana tersebut hancur pada tahun 1801 akibat peperangan karena perebutan kekuasaan dan wilayah yang terjadi. Baru kemudian yakni 2 abad setelahnya, situs ini dibangun kembali dengan gaya Renaisans dan bangunan yang lebih megah.

Vilnius menyimpan banyak destinasi wisata mulai dari bangunan bersejarah, monumen, hingga museum yang layak masuk wishlist liburan-mu di akhir tahun ini. Bagaimana, tertarik untuk pergi ke Lithuania?

Baca Juga: 5 Situs Bersejarah di Lithuania yang Paling Estetik, Menarik Banget!

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Mahasiswa nolep 5 semester

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya