Comscore Tracker

Tak Hanya Sofia, 5 Kota ini Layak jadi Destinasi Liburanmu di Bulgaria

Semuanya punya destinasi anadalan masing-masing, lho!

Sebagai ibu kota dan kota terbesar di Bulgaria, Sofia selalu mampu menarik banyak pengunjung setiap tahunnya. Itu semua tak terlepas dari banyaknya destinasi wisata, khususnya wisata sejarah yang ada di kota tersebut.

Padahal, banyak kota-kota lainnya di Bulgaria yang bisa dikatakan tak kalah cantiknya dengan Sofia. Seperti kota-kota di bawah ini yang mungkin akan memberikanmu pengalaman berbeda ketika berlibur ke negara dengan julukan Negeri Kuntum Mawar tersebut.

1. Veliko Tarnovo

Tak Hanya Sofia, 5 Kota ini Layak jadi Destinasi Liburanmu di BulgariaVeliko Tarnovo (instagram.com/irinaanedelcu)

Veliko Tarnovo merupakah sebuah kota yang cukup bersejarah di Bulgaria. Kota ini juga pernah menjadi ibu kota Bulgaria pada abad ke-12 hingga ke-14. Kota yang memiliki luas 60 kilometer persegi ini memiliki kontur alam yang indah, apalagi daerahnya juga dilewati sungai Yantra yang berkelok-kelok.

Jika kamu sedang berada di Veliko Tarnovo, pergilah ke benteng Tsarevets yang berada di atas bukit. Di sana kamu akan menemukan sebuah benteng, kastil, dan gereja yang akan membawanu kembali ke zaman dulu. Selain itu, rumah-rumah di lereng perbukitan menjadi ciri khas lainnya yang menarik dari kota ini.

2. Ruse

Tak Hanya Sofia, 5 Kota ini Layak jadi Destinasi Liburanmu di BulgariaRuse (instagram.com/peter_naydenov_pierre)

Dijuluki sebagai kota dengan tampilan paling artistik di Bulgaria, Kota Ruse terletak di tepi Sungai Danube. Kota ini merupakan pusat ekonomi utama selama masa Kebangkitan Nasional Bulgaria, tepatnya pada abad ke-18 hingga ke-19. Bangunan-bangunan di kota ini mencerminkan gaya Barok dan Neoklasik yang sangat autentik.

Ya, itu semua karena kota Ruse sendiri dianggap sebagai pintu gerbang untuk semua pengaruh arsitektur dan budaya Eropa Tengah yang berkembang di Bulgaria.

Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di kota ini adalah Gereja Rock-Hewn Ivanovo yang masuk dalam situs warisan dunia UNESCO.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Varna-Bulgaria yang Bikin Suasana Hati Ceria

3. Plovdiv

Tak Hanya Sofia, 5 Kota ini Layak jadi Destinasi Liburanmu di BulgariaPlovdiv (instagram.com/dafinkaartfoto)

Terletak di selatan Bulgaria, Plovdiv dahulunya merupakan bekas kota terbesar pada zaman Romawi kuno. Itu yang membuat kota ini dianggap sebagai salah satu kota tertua di daratan Eropa. Hingga kini, bangunan-bangunan maupun reruntuhan bekas peninggalan Romawi kuno masih tersisa dan menjadi destinasi wisata di kota ini.

Bangunan bersejarah paling terkenal dari kota ini adalah amfiteater kuno yang terletak di pusat kota Plovdiv. Konon, amfiteater ini sudah dibangun sejak abad ke-1 Masehi, atau pada era pemerintahan Raja Domotianus.

Hingga kini, bangunan tersebut masih difungsikan dan dapat menampung sekitar 5000-an penonton.

4. Varna

Tak Hanya Sofia, 5 Kota ini Layak jadi Destinasi Liburanmu di BulgariaVarna (instagram.com/juliazorya)

Varna menjadi kota yang dituju para wisatawan dari berbagai belahan dunia ketika musim panas tiba. Itu sebabnya, kota yang dijuluki ibu kota pesisir Bulgaria ini memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik dan sangat cocok untuk kamu masukan bucket list liburanmu.

Selain punya banyak destinasi wisata sejarah, kota ini juga memiliki berbagai festival musim panas berskala internasional seperti festival jazz, festival cerita rakyat, dan yang tak boleh dilewatkan adalah kompetisi balet internasional yang selalu diadakan di kota ini setiap tahunnya.

5. Sozopol

Tak Hanya Sofia, 5 Kota ini Layak jadi Destinasi Liburanmu di BulgariaSozopol (instagram.com/scenicroutesam)

Terletak di pesisir pantai laut hitam, Sozopol dianggap sebagai kota tua yang keindahannya bak permata. Kota ini cukup terkenal karena selalu menjadi tempat digelarnya festival seni dan film terbesar di Bulgaria yang berlangsung pada awal bulan September setiap tahunnya.

Di sini, kamu bisa menemukan rumah--rumah kayu dari abad ke-19, pantai yang memiliki pasir berwarna keemasan, serta beberapa perahu nelayan warna-warni yang berjejer di dermaga. Kota yang terkenal romantis ini juga menjadi salah satu spot bulan madu terbaik di Bulgaria.

Bagaimana, kota-kota tersebut menjadi bukti bahwa Bulgaria memiliki banyak destinasi yang populer selain wisata di ibu kota Sofia bukan? Bisa kamu masukkan ke wishlist liburanmu selanjutnya nih.

Baca Juga: 9 Fakta Banitsa, Roti Pastry Gulung Khas Bulgaria yang Lezat

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Mahasiswa nolep 5 semester

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya