Comscore Tracker

5 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Bhaktapur, Kota Kaya Budaya di Nepal

Salah satu destinasi menarik selain Kathmandu

Bhaktapur merupakan sebuah kota yang terletak di Lembah Kathmandu, Nepal. Kota yang dikenal sebagai pusat sejarah dan kebudayaan ini juga dianggap sebagai kota pemujaan. Tentunya, karena kota ini memiliki banyak bangunan suci yang menyebar di penjuru kota.

Bangunan-bangunan suci itu juga menjadi aspek penting bagi datangnya wisatawan ke Bhaktapur. Selain itu, tradisi dan budaya yang masih terjaga di kota ini menjadikannya salah satu kota yang wajib dikunjungi saat kamu berlibur di Nepal.

Apa saja destinasi wisata di kota budaya yang pernah menjadi ibu kota Nepal pada abad ke-12 hingga ke-15 ini? Berikut daftarnya.

1. Bhaktapur Durbar Square

5 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Bhaktapur, Kota Kaya Budaya di NepalBhaktapur Durbar Square (instagram.com/smile.nepal)

Biasa dikenal sebagai Bhaktapur Durbar Square atau alun-alun, kawasan ini berada di halaman depan istana Bhaktapur. Tempat bersejarah tersebut juga masuk dalam situs warisan dunia UNESCO, yang membuatnya menjadi daya tarik utama wisata di kota Bhaktapur.

Ada beberapa bangunan yang rusak dari alun-alun yang berada di ketinggian 1400 mdpl ini. Bahkan, salah satu kuil yang bernama Batsala Devi kini hanya tinggal reruntuhannya saja. Namun, itu semua tak mengurangi keindahan Bhaktapur Durbar Square yang melegenda.

2. Nyatapola Temple

5 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Bhaktapur, Kota Kaya Budaya di NepalNyatapola Temple (instagram.com/visualiznepal)

Nyatapola Temple merupakan sebuah kuil Hindu ikonik dengan pagoda lima tingkat yang berada di kawasan alun-alun Bhaktapur. Kuil yang didedikasikan untuk Dewi Siddhi Lakshmi tesebut dibangun pada tahun 1702.

Banguanan pahatan ini dinilai sebagai salah satu pagoda tertinggi di negara Nepal. Dengan tinggi mencapai 30 meter, kuil ini nampak megah dan menonjol ketika dilihat dari kejauhan.

Nyatapola Temple juga merupakan spot terfavorit di kawasan Bhaktapur Durbar Square

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Pokhara-Nepal, Seru untuk Dikunjungi!

3. Dattatreya Temple

5 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Bhaktapur, Kota Kaya Budaya di NepalDattatreya Temple (instagram.com/photo_gram143)

Kuil yang sudah dibangun sejak abad ke-15 ini awalannya hanya berfungsi sebagai tempat peristirahatan umum.

Konon, pada awal berdirinya, bangunan Kuil Dattatreya hanya dibangun menggunakan satu batang pohon yang sama. Bisa kita bayangkan seberapa besar kayu tersebut? Tak ayal, tempat ini selalu ramai pengunjung setiap harinya.

Lokasinya yang berjarak tak jauh dari Kuil Nyatapola di Alun-alun Bhaktapur, membuat destinasi yang satu ini tak boleh dilewatkan.

4. Changu Narayan

5 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Bhaktapur, Kota Kaya Budaya di NepalChangu Narayan (instagram.com/secret_temples)

Dianggap sebagai kuil tertua di wilayah Nepal, Changu Narayan merupakan sebuah kuil yang terletak di puncak bukit desa kecil di wilayah Changunarayan. Areanya yang dikelilingi pepohonan khas dataran tinggi Nepal menjadikan tempat ini lebih dingin dari tempat wisata lainnya di Bhaktapur.

Sungai Manohara yang juga mengalir di samping bukit menambah kesan asri dari Changu Narayan. Apalagi, arsitektur kuil yang benar-benar menggambarkan gaya tradisional Nepal. Selain itu, patung-patung dan ukiran yang melambangkan Dewa Wisnu juga mendominasi kuil ini.

5. Pottery Square

5 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Bhaktapur, Kota Kaya Budaya di NepalPottery Square (instagram.com/madeinnepal)

Bhaktapur memang terkenal akan kerajinan kunonya yang masih bertahan sampai sekarang. Salah satunya adalah industri tembikar tradisional yang selalu mengingatkan bahwa kota ini merupakan kota warisan yang masih dan tetap terjaga.

Pottery Square merupakan tempat di mana kamu bisa berbelanja oleh-oleh khas Nepal dengan sangat bebas. Tembikar-tembikar dijejer dan bahkan hampir semua toko di kawasan ini menjual hasil kerajinan dari tanah kiat yang dikeringkan tersebut.

Ketika kamu berlibur ke Bhaktapur, wajib bagimu untuk menjaga sikap karena tempat-tempat di sana bisa dikatakan suci bagi masyarakat setempat. Siap berlibur ke Bhaktapur?

Baca Juga: 5 Makanan Khas Nepal yang Populer, Cita Rasa Rempahnya Khas Banget!

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Mahasiswa nolep 5 semester

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya