Comscore Tracker

5 Toko Buku Legendaris Paling Memorable dalam Film, Wajib Mampir!

Ada yang awalnya berupa toko barang antik lho

Bagi sebuah film, setting tempat merupakan salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan. Selain berfungsi untuk mendukung alur cerita, tentu saja juga untuk menghidupkan chemistry para pemain dalam suatu adegan.

Beberapa di antaranya bisa menjadi sangat ikonik dan membekas di hati para penonton. Bahkan ketika ternyata filmnya sukses di pasaran, tidak jarang biro perjalanan setempat akan menggelar tour khusus bagi para penikmat film tersebut untuk melakukan napak tilas ke lokasinya.

Terdapat beberapa toko buku yang dijadikan sebagai setting tempat sebuah film. Entah itu sebenarnya memang sebuah toko buku, atau hanyalah tempat yang sengaja disulap menjadi sebuah toko buku untuk proses syuting, yang kemudian ternyata menjadi sangat memorable bagi penonton film tersebut.

Berikut adalah beberapa toko buku legendaris yang pernah muncul dalam film. Yuk, simak ulasannya!

1. The Shop Around the Corner (You've Got Mail - 1998)

5 Toko Buku Legendaris Paling Memorable dalam Film, Wajib Mampir!www.xero.com

Toko buku milik Kathleen Kelly (Meg Ryan) di film You’ve Got Mail ini sebenarnya adalah sebuah toko barang antik bernama ‘Maya Shaper’s Cheese and Antique Shop’.

Sutradara Nora Ephron benar-benar menyukai suasana dari toko ini, sehingga bersikukuh membuatnya sebagai set The Shop Around the Corner, tempat dimana Kathleen menggunakan topi putri sambil membacakan buku cerita anak-anak.

Sekarang, toko ini sudah berubah menjadi sebuah jasa binatu bernama 'La Mode Organic Cleaners'. Kalian dapat melihatnya ketika melewati 106 West 69th Street, Upper West Side, New York City.

2. The Travel Books Co. (Notting Hill - 1999)

5 Toko Buku Legendaris Paling Memorable dalam Film, Wajib Mampir!www.eonline.com

Apakah kalian ingat adegan ikonik dimana Anna Scott (Julia Robert) menyatakan perasaannya kepada William Thacker (Hugh Grant) dalam film Notting Hill? Setting adegan tersebut berada di The Travel Books Co., sebuah toko buku independen yang dikelola oleh William Thacker.

The Travel Books Co., sebenarnya memiliki toko sungguhan yang bernama The Travel Bookshop. Toko ini sempat ditutup pada tahun 2011, namun kemudian dibeli oleh sebuah perusahaan bernama The Book Warehouse, dan sekarang dinamai Notting Hill.

Toko buku Notting Hill berlokasi di 13-15 Blenheim Cres, Notting Hill, London W11 2EE. Jika kalian berada di London, sempatkanlah berkunjung sekalian bernostalgia.

Baca Juga: 10 Lokasi Film Hollywood di Dunia Nyata, Keren dan Mirip Banget!

3. Shakespeare and Company (Before Sunset - 2004)

5 Toko Buku Legendaris Paling Memorable dalam Film, Wajib Mampir!www.bbc.com

Bagi penggemar ‘Before Trilogy’ pasti tahu adegan pembuka film Before Sunset, ketika Jesse (Ethan Hawke) membacakan novel hasil karyanya yang terinspirasi dari pengalamannya bersama Celine (Julie Delpy) di Vienna. Adegan tersebut diambil di toko buku Shakespeare and Company yang berlokasi di 37 Rue de la Bûcherie, arondisemen 5, dekat katedral Notre Dame Paris.

Toko tersebut pertama kali dibuka dengan nama Le Mistral di tahun 1951, yang kemudian berganti nama menjadi seperti namanya sekarang pada tahun 1964. Saat ini, Shakespeare and Company masih beroperasi seperti biasa, dengan mengkhususkan penjualan buku-buku bergenre sastra Inggris.

4. The Old House Bookshop (The Bookshop - 2017)

5 Toko Buku Legendaris Paling Memorable dalam Film, Wajib Mampir!cineuropa.org

Film The Bookshop diangkat dari novel karangan Penelope Fitzgerald dengan judul sama yang berlatar tahun 1959. Menceritakan tentang impian Florence Green (Emily Mortimer) membuka sebuah toko buku di pesisir Hardborough, Suffolk. Dalam usaha mewujudkan impiannya tersebut, Florence harus berhadapan dengan beberapa orang berpengaruh yang tidak sependapat dengannya.

Untuk setting The Old House Bookshop sendiri sebenarnya diambil di sebuah bekas galeri seni di Castle Street, Portaferry, UK. Tidak jauh dari dermaga Strangford Lough, lokasi teluk terbesar Kepulauan Inggris dan Cagar Alam Laut Irlandia Utara pertama berada.

5. Strand Bookstore (Dash & Lily - 2020)

5 Toko Buku Legendaris Paling Memorable dalam Film, Wajib Mampir!people.com

Sedikit berbeda dari empat film sebelumnya, toko buku berikut sebenarnya muncul dalam serial berjudul Dash & Lily yang ditayangkan Netflix pada bulan November lalu. Begitu memorable karena dari toko buku inilah segala permainan tebak-tebakan antara Dash dan Lily berasal.

Dalam serial ini, setting Strand Bookstore benar-benar terlihat cantik dengan berbagai lampu dan hiasan menyambut natal. Strand Bookstore sendiri merupakan salah satu toko buku terbesar di New York City yang sudah ada sejak tahun 1927. Kalian dapat mengunjunginya di 828 Broadway, New York 10003.

 

Nah, itu dia kelima toko buku legendaris yang sangat memorable dalam film. Bagi para penikmat film tersebut, sempatkanlah mampir ketika berkunjung kesana untuk sekalian bernostalgia.

Baca Juga: 5 Lokasi Syuting Live-action Film 'Mulan' yang Memukau, Bikin Takjub! 

Dinar Chandra Photo Writer Dinar Chandra

Your friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya