Comscore Tracker

6 Kota yang Disiapkan untuk Masa Depan, Cocok buat Liburan!

High-tech dan ramah lingkungan

Kota pintar sebenarnya memang disiapkan untuk menyongsong masa depan yang dinamis. Isu teknologi dan lingkungan jadi pertimbangan utama dibuatnya konsep ini. Sejak tahun 2010an, beberapa kota di dunia mulai dipersiapkan untuk masa depan. Beberapa di antaranya sudah hampir siap dan benar-benar menarik untuk didatangi.

Tak hanya kota pintar biasa, mereka juga punya nilai estetika dan filosofi yang unik. Berikut enam kota terbaik yang bisa berikanmu pengalaman liburan yang beda dari biasanya. 

1. Tallinn, Estonia

6 Kota yang Disiapkan untuk Masa Depan, Cocok buat Liburan!instagram.com/furrrra

Negara mungil bernama Estonia memang telah dikenal sebagai negara yang mengaplikasikan teknologi canggih di hampir seluruh wilayahnya. Ini dipermudah dengan luas negara dan jumlah penduduknya yang tidak sebanyak negara Eropa lainnya.

Di ibukotanya, Tallinn, semua wilayah sudah dijangkau jaringan wifi 5G yang bisa diakses semua orang termasuk turis mancanegara. Tallinn juga punya banyak bangunan futuristik yang berpadu dengan bangunan lawasnya. Membuat kota mungil ini semakin menarik. 

2. Aarhus, Denmark

6 Kota yang Disiapkan untuk Masa Depan, Cocok buat Liburan!instagram.com/serpill88

Kota lain yang memiliki komitmen tinggi untuk menyongsong masa depan adalah Aarhus. Kota yang terletak di Denmark ini memang masih kalah pamor dibanding Copenhagen. Namun, kota ini sudah ditunjuk menjadi ibukota budaya Eropa. Selain mengaplikasikan teknologi modern, mereka juga berkomitmen untuk membuat kota ini bebas karbon di tahun 2030 nanti. 

Di sana kamu bisa menemukan banyak bangunan yang tak hanya cantik dari segi estetika, tetapi juga ramah lingkungan. 

3. Santiago, Chile

6 Kota yang Disiapkan untuk Masa Depan, Cocok buat Liburan!instagram.com/consultoria_ellitetravel

Tak disangka, ternyata ibukota Chile ini telah memberlakukan beberapa kebijakan untuk mengoptimalkan usaha mereka menjadi kota pintar yang bisa menyongsong masa depan. Pihak kota telah membuat banyak jalur baru untuk para pesepeda, dan memperluas jangkauan angkutan masal mereka dengan metro, bukan lagi bus bermesin diesel yang boros energi.

Hotel-hotel di sana pun dibuat dengan desain modern yang berdampingan indah dengan pemandangan pegunungan Andes.  

Baca Juga: 5 Kota Unik di Dunia yang Jadi Surga bagi Pecinta Fesyen

4. Helsinki, Finlandia

6 Kota yang Disiapkan untuk Masa Depan, Cocok buat Liburan!instagram.com/kristovedenoja

Finlandia tak hanya dilabeli sebagai negara dengan penduduk paling bahagia, ia juga dianggap sebagai tempat liburan teraman di dunia. Di Helsinki, beberapa pengembang dan para donatur sudah menguji coba kendaraan autopilot, juga mendirikan beberapa inkubator untuk memfasilitasi para peneliti dan inovator yang sedang mengembangkan ide bisnis ramah lingkungan. 

Salah satu bangunan paling ikonik di Helsinki bisa kamu temui adalah gedung melingkar bernama Ympyrätalo. Gedung ini adalah pusat perkantoran dan markas perusahaan telekomunikasi terbesar di Finlandia. 

5. Medellín, Kolombia

6 Kota yang Disiapkan untuk Masa Depan, Cocok buat Liburan!instagram.com/alexandkriadventures

Pernah hancur lebur karena perang narkoba di tahun 80an, Medellín kemudian bangkit lewat kesenian. Tak berhenti di situ, pada tahun 2014, kota ini kemudian berambisi menjadi kota yang bisa menjadi spot pengembangan teknologi, kesehatan, dan energi terbaharui di Kolombia.

Prosesnya dimulai dengan pembangunan transportasi massal yang modern sekaligus unik. Selain bus dan kereta dalam kota, mereka juga membangun gondola yang bisa menjangkau wilayah-wilayah perbukitan. Instalasi transportasi modernnya berpadu dengan mural yang cantik. 

6. Lima, Peru

6 Kota yang Disiapkan untuk Masa Depan, Cocok buat Liburan!instagram.com/lima

Peru biasanya dikenal lewat pesona wisata alam Machu Picchu dan Huacachina. Padahal, kota Lima saja sudah bisa merangkum perpaduan harmonis antara kota metropolitan modern dengan pantai  yang bersebelahan langsung.

Kamu bisa menghabiskan waktu berjalan-jalan di sekitaran pusat kota untuk menikmati keindahan arsitekturnya, kemudian berjalan ke pinggir sedikit untuk menikmati pemandangan laut dari perbukitan. Selain itu, Lima juga kaya akan warisan kuliner yang sayang untuk dilewatkan. 

Tertarik berkunjung?

Baca Juga: Ini 10 Kota Wisata yang Paling Sering Salah Pengucapannya

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya