Comscore Tracker

10 Pantai Non-Tropis Terunik di Dunia, Harus Masuk Wishlist, nih! 

Ini baru beda!

Kalau bicara pantai dan gunung, Indonesia boleh berbangga diri. Namun, tidak semua pantai di dunia punya tipe sama dengan negara-negara tropis biasanya yang lengkap dengan pasir dan pohon kelapa atau bakau di sekitarnya. Ada beberapa pantai di dunia yang punya pemandangan unik dan berbeda. Lihat beberapa potret megahnya di bawah ini, yuk. 

1. Shell Beach, Shark Bay, Australia Barat

10 Pantai Non-Tropis Terunik di Dunia, Harus Masuk Wishlist, nih! instagram.com/bobbytry

Terletak di ujung benua Australia, terdapat hamparan pantai yang pasirnya tak biasa. Masih berupa cangkang kerang utuh yang berlimpah, salah satu pemandangan langka yang akhirnya membuat UNESCO pun mendapuknya sebagai situs Warisan Dunia. Tidak hanya di permukaan, tumpukan cangkang kerang ini bahkan tebalnya mencapai 30 kaki di beberapa bagian. 

2. Cathedral Beach, Ribadeo, Spanyol

10 Pantai Non-Tropis Terunik di Dunia, Harus Masuk Wishlist, nih! instagram.com/klugman

Berlokasi di ujung Barat Laut Galicia, pantai ini tak memiliki pasir putih dan langit biru yang khas melainkan tebing-tebing curam yang tinggi dan terjal. Uniknya struktur tebingnya membentuk undakan yang mirip dengan katedral bergaya Gothic. Wisatawan tetap disarankan untuk berhari-hati sebab saat pasang, bagian daratannya bisa diterjang ombak dan terendam air laut.

3. Reynisfjara Black Sand Beach, Islandia

10 Pantai Non-Tropis Terunik di Dunia, Harus Masuk Wishlist, nih! instagram.com/ilyaska

Terletak di belahan bumi utara, pantai ini memiliki keunikan tersendiri dari warna pasir dan bebatuannya yang hitam pekat. Warna pantai ini jadi makin menarik saat sedang mendung atau saat musim dingin, ketika salju putih yang turun berpadu dengan warna pasir dan tebingnya yang gelap. 

4. Glass Beach, California, Amerika Serikat

10 Pantai Non-Tropis Terunik di Dunia, Harus Masuk Wishlist, nih! instagram.com/jese_lion

Pantai non-tropis lain yang menarik disambangi ada di MacKerricher State Park, California, Amerika Serikat. Pantai ini dulunya pernah jadi pusat pembuangan limbah kaca dan logam. Pada tahun 1967, pemerintah setempat menghentikan aktivitas pembuangan limbah tersebut dan bermaksud merestorasinya.

Pantai pun dibersihkan dari sampah, tetapi tentu tidak semua berhasil diangkat, menyisakan potongan dan serpihan yang larut ke laut. Menariknya, bertahun-tahun kemudian serpihan yang terbawa air laut tersebut berevolusi menjadi batuan-batuan kecil yang kualitas dan tampilannya mirip dengan batuan mulia yang biasa dijadikan perhiasan. Fenomena seperti ini juga terjadi di sebuah pantai di Vladivostok, Rusia. 

5. Red Beach, Santorini, Yunani

10 Pantai Non-Tropis Terunik di Dunia, Harus Masuk Wishlist, nih! instagram.com/sarahavril_

Bila ada Pantai Pink di Indonesia, Yunani memiliki pantai Merah yang terletak di kawasan wisata Santorini. Pantai ini memang sempit dibandingkan pantai-pantai lain di sekitarnya. Namun, warna pasirnya yang merah menjadi daya tarik tersendiri. Warna merah tersebut terbentuk dari pasir vulkanik yang mengendap di sana. 

Baca Juga: 7 Pesona Pantai di Mandailing Natal yang Memukau, Maldives pun Kalah!

6. Durdle Door, Dorset, Inggris

10 Pantai Non-Tropis Terunik di Dunia, Harus Masuk Wishlist, nih! instagram.com/stevebooker

Durdle Door Beach adalah sebuah pantai berbatu di Dorset, Inggris. Namun, bukan batuan kerikilnya yang jadi daya tarik, melainkan Durdle Door. Ia adalah semacam gerbang atau gapura yang terbentuk dari batuan gamping purba. Durdle Door sudah sering dijadikan lokasi untuk syuting video musik dan film, serta foto kalender. 

7. Stiniva, Vis, Kroasia

10 Pantai Non-Tropis Terunik di Dunia, Harus Masuk Wishlist, nih! instagram.com/timotej

Sebagai salah satu negara dengan garis pantai yang panjang, Kroasia memang menyuguhkan pemandangan yang indah di berbagai kotanya. Salah satu yang terunik adalah Pantai Stiniva yang terletak di Vis. Pantainya dikelilingi tebing berwarna terang yang serasi dengan air lautnya yang bening kehijauan. 

8. Amanohashidate, Kyoto, Jepang

10 Pantai Non-Tropis Terunik di Dunia, Harus Masuk Wishlist, nih! instagram.com/sora1836

Kyoto biasanya dikenal sebagai kota wisata yang ramai dan kaya akan tempat-tempat peribadatan. Siapa sangka, jika kamu perhatikan lebih jauh, Kyoto menyimpan sebuah pantai panjang yang dinamai Amanohashidate. Dijuluki pula dengan sebutan "The Bridge to Heaven", pantai ini tidak dikelilingi pohon bakau atau kelapa seperti pantai tropis melainkan jajaran pohon pinus yang berusia ratusan tahun. 

9. Chesterman Beach, Vancouver, Kanada

10 Pantai Non-Tropis Terunik di Dunia, Harus Masuk Wishlist, nih! instagram.com/good_ol_duder/

Banyak pantai yang bisa dikunjungi di Pulau Vancouver, namun Chesterman adalah salah satu yang terbaik. Apa pun bisa dilakukan di sini, berjalan-jalan biasa hingga berselancar. Uniknya lagi, pantai ini rutin tertutup salju saat musim dingin tiba. Pemandangan yang tak biasa bagi penghuni wilayah tropis seperti kita. 

10. Hoddevik, Norwegia

10 Pantai Non-Tropis Terunik di Dunia, Harus Masuk Wishlist, nih! instagram.com/lapointcamps

Mirip dengan pantai Chesterman, pantai di Norwegia ini juga cocok untuk peminat selancar. Airnya murni dengan pemandangan sekitarnya yang membuat siapapun terperangah. Paling penting lagi, pantai ini cukup sepi karena medannya yang sulit dan letaknya yang tersembunyi. Sebelum memutuskan berenang atau berselancar ada baiknya untuk mengecek suhu airnya dulu, sebab sudah jelas suhu mereka di bawah 14 derajat Celcius.  

Berangan-angan bisa menginjakan kaki ke sana, tidak ada yang tidak mungkin, kok. 

Baca Juga: 5 Pantai Tersembunyi di Lombok yang Cantik Banget, Jangan Cuma ke Gili

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya