Comscore Tracker

7 Tempat Artsy di Stokcholm Ini Wajib Masuk Wish-List Liburanmu

Gak tahan buat gak selfie

Bicara kota paling artsy atau nyeni pasti akan membawamu pada daftar panjang kota-kota di dunia. Mungkin salah satunya terletak di Eropa. Eropa memang selangkah di depan soal menghargai karya seniman lokal mereka. Bahkan, Eropa juga dikenal sebagai benua yang sangat menghargai sejarah, jadi tak heran kalau kamu bisa menemukan banyak hal unik dari masa lalu yang kini terlihat semakin artsy

Salah satu kota di Eropa yang punya banyak tempat artsy ternyata Stockholm di Swedia. Ini enam buktinya. 

1. Snösätra Wall of Fame

7 Tempat Artsy di Stokcholm Ini Wajib Masuk Wish-List Liburanmuinstagram.com/t.a.m.p.h.o.t.o

Tempat ini sebelumnya adalah kawasan industri yang kemudian terbengkalai. Dinding-dindingnya disulap jadi kanvas oleh seniman asal Swedia dan seluruh Eropa. Di musim semi, biasanya ada saja kelompok yang menyelenggarakan acara di tempat ini. Tak hanya mural, siapapun bebas menempel poster. 

2. Mårten Trotzigs Gränd

7 Tempat Artsy di Stokcholm Ini Wajib Masuk Wish-List Liburanmuinstagram.com/mayaoneone

Ini adalah sebuah gang sempit yang bisa dikategorikan tersempit di dunia. Dengan lebar bahu jalan yang hanya 35 inci saja. Namanya diambil dari seorang pria Jerman yang pindah Ke Stockholm pada abad 16 dan mendirikan sebuah usaha dan kemudian membuka toko di gang tersebut.

3. Gamla Stan (Stockholm's Old Town)

7 Tempat Artsy di Stokcholm Ini Wajib Masuk Wish-List Liburanmuinstagram.com/angel.adams

Ini adalah kawasan kota tua di Stockholm yang terkenal dengan bangunan-bangunan lawasnya yang khas abad pertengahan. Kawasan ini pula yang dikenal sebagai awal mula ditemukannya kota Stockholm sebelum meluas ke kawasan lain. Bangunannya masih dipelihara dan dimanfaatkan dengan baik. Kini Gamla Stan jadi salah satu daya tarik utama di Stockholm. 

Baca Juga: 12 Potret Bali Bohemia, Hotel Artsy yang Cocok buat Si Jiwa Bebas

4. Kungsträdgården Metro Station

7 Tempat Artsy di Stokcholm Ini Wajib Masuk Wish-List Liburanmuinstagram.com/theloveassembly

Di bawah kota Stockholm, ada satu stasiun bawah tanah yang benar-benar beda dengan tempat lain. Sejak tahun 1950an, tempat ini sudah jadi tempat yang berhias berbagai instalasi seni seperti lukisan, mozaik, pahatan, dan lain sebagainya. Uniknya lagi, di sana banyak organisme-organisme unik yang bisa ditemukan hidup secara alami. 

Pada tahun 1960an, terjadi perselisihan antara warga kota dengan pemerintah yang hendak merenovasi tempat tersebut agar terlihat lebih modern seperti bangunan-bangunan lain di sekitarnya. Namun, ide tersebut ditolak mentah-mentah oleh warga yang akhirnya menang. 

5. Stockholm Metro Art Gallery

7 Tempat Artsy di Stokcholm Ini Wajib Masuk Wish-List Liburanmuinstagram.com/katerinadjadd

Sepertinya warga Stockholm memang punya cara khusus untuk mengapresiasi seni. Tak cukup di Kungsträdgården, di beberapa stasiun lainnya kamu bisa menemukan banyak lukisan dan instalasi seni yang membuat perjalananmu terasa lebih menyenangkan. 

6. Stadsbiblioteket (The Stockholm Public Library)

7 Tempat Artsy di Stokcholm Ini Wajib Masuk Wish-List Liburanmuinstagram.com/wendytravelsnow

Perpustakaan pusat kota Stockholm ini terlihat mencolok ketika bersanding dengan bangunan lain di kota tersebut. Dibuat dalam bentuk lingkaran, tempat ini bagaikan surga bagi kamu yang suka buku atau sekadar butuh tempat belajar nyaman dan gratis. Seandainya ini ada di Indonesia. 

7. Nationalmuseum

7 Tempat Artsy di Stokcholm Ini Wajib Masuk Wish-List Liburanmuinstagram.com/linnrivero

Museum Nasional Swedia ini menyimpan banyak benda bersejarah mulai lukisan, patung, porselen, dan instalasi seni lainnya. Tak hanya yang berasal dari abad 18 dan 19, museum ini juga menjadi tempat pameran untuk karya seni kontemporer karya seniman lokal Swedia. 

Baca Juga: Potret Penginapan Paling Artsy dan Recommended di Ubud, Murah Banget!

Dwi Ayu Silawati Photo Community Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You