Comscore Tracker

7 Tempat Wisata Instagramable di Kota Strasbourg, Seperti Paris Lho!

Ada jam kuno di film 'Hugo'

Selain Paris dan Marseilles, satu kota yang bakal menggiringmu merasakan suasana Perancis yang berbeda adalah Strasbourg. Terletak di wilayah Alsace yang berbatasan langsung dengan Jerman, Strasbourg pun menyimpan keunikan tersendiri. Berikut tujuh di antaranya. 

1. Horloge Astronomique de Strasbourg

7 Tempat Wisata Instagramable di Kota Strasbourg, Seperti Paris Lho!instagram.com/diannektravel

Jam astronomi ini mungkin akan mengingatkanmu pada film Hugo (2011).  Sudah ada sejak abad 14, jam ini dilengkapi dengan automaton berupa burung serta dekorasi detil berbentuk lukisan, patung, dan ukiran. Sempat dirombak karena rusak beberapa kali, jam astronomi yang terpajang sekarang adalah jam dari tahun 1800an. Beberapa bagian jam asli termasuk automaton pertamanya disimpan baik-baik di beberapa museum di Perancis.  

2. Cathédrale Notre Dame de Strasbourg

7 Tempat Wisata Instagramable di Kota Strasbourg, Seperti Paris Lho!instagram.com/gi_o_vanni

Salah satu bangunan yang bertahan sejak abad pertengahan ini merupakan gereja katedral terbesar di Strasbourg. Selain di luarnya, kamu bisa masuk dan naik hingga lantai tertentu untuk menikmati pemandangan Strasbourg dari ketinggian. Bahkan dari sini kamu bisa melihat Black Forest yang ada di kota Freiburg, Jerman. 

3. La Petite France

7 Tempat Wisata Instagramable di Kota Strasbourg, Seperti Paris Lho!instagram.com/jennyhubert

La Petite France adalah tempat paling fotogenik di Strasbourg. Dengan rumah-rumah kunonya dan sungai yang membelah kawasan ini. Dulunya, lokasi ini memang pemukiman nelayan dan jagal hewan yang menjajakan produk mentahan mereka. Kini, lokasi ini jadi tujuan wisata yang menawarkan berbagai kuliner khas Alsace. 

Baca Juga: 5 Wisata Menarik di Paris Selain Eiffel, Gak Kalah Kece!

4. Barrage Vauban

7 Tempat Wisata Instagramable di Kota Strasbourg, Seperti Paris Lho!instagram.com/rebdestrass

Barrage Vauban adalah jembatan sekaligus benteng pertahanan yang dibangun pada tahun 1600an dan digunakan saat Perang Perancis-Prussia tahun 1870. Jembatan ini dibangun dengan maksud memotong jalur logistik lawan saat diperlukan, yaitu memanfaatkan ketinggian air sungai di masa-masa tertentu untuk membanjiri jembatan. Kini jembatan itu dikenal pula sebagai Ponts Couverts dan tak lagi memiliki atap. 

5. Musée Historique de Strasbourg

7 Tempat Wisata Instagramable di Kota Strasbourg, Seperti Paris Lho!instagram.com/lyonnaisyearabroad

Museum sejarah Strasbourg ini dulunya adalah sebuah rumah jagal. Ketika diubah jadi museum sejarah, tempat ini banyak menyimpan peta, senjata, buku sketsa, dan patung yang bisa memberikan gambaran geografis, politik, dan ekonomi kota tersebut. Satu koleksi paling populer adalah sebuah miniatur kota yang sangat detail termasuk beberapa wilayah pinggirannya. 

6. Parc de l’Orangerie

7 Tempat Wisata Instagramable di Kota Strasbourg, Seperti Paris Lho!instagram.com/emy_globetrotteuse

Tak jauh dari gedung modern Parlemen Eropa dan Pengadilan HAM, taman ini menjadi salah satu atraksi alam dan sejarah yang bisa kamu kunjungi. Sebenarnya banyak taman yang lebih spektakuler dari taman ini, namun jika kamu hendak menikmati waktu santai dan tenang dengan piknik di pinggir danau, mencoba perahu dayung, dan menikmati keindaahan bunga, Parc de l’Orangerie adalah tempat yang tepat. Apalagi, di sini ada beberapa hewan yang dilindungi dan dipelihara, seperti flamingo dan bangau. 

7. Musée Alsacien

7 Tempat Wisata Instagramable di Kota Strasbourg, Seperti Paris Lho!instagram.com/deryauonal

Rumah dengan gaya abad 17 ini terletak tak jauh dari Sungai Ill dan merupakan tempat sempurna bagi para pendatang dan turis yang hendak belajar tradisi lokal Alsace. Kamu bisa menemukan banyak hal baru, tak hanya karya seni kuno museum ini menyimpan mesin pembuat anggur dari tahun 1700an. 

Mari meluncur ke Strasbourg! 

Baca Juga: 8 Tempat Tersembunyi di Paris Ini Seru Banget Buat Dikunjungi

Dwi Ayu Silawati Photo Community Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You