Comscore Tracker

5 Pasar Tradisional di Indonesia Ini Sering Dikunjungi Para Wisatawan

Kamu sudah kesini belum?

Saat berlibur di suatu kota, tak melulu harus berkunjung ke tempat-tempat yang indah loh. Tempat yang unik dan tradisional seperti pasar ternyata juga bisa menjadi lokasi wisata yang menyenangkan. Beberapa kota di Indonesia memiliki pasar tradisional yang jadi incaran para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Pasar tersebut menjadi tujuan yang seru dan asyik untuk berburu oleh-oleh maupun kuliner khas kota dimana pasar itu berada. Pasar mana saja sih, yang paling terkenal di Indonesia? Yuk kita simak!

Pasar Klewer

5 Pasar Tradisional di Indonesia Ini Sering Dikunjungi Para Wisatawansatujam.com

Berkunjung ke Solo tidak puas rasanya kalau tidak mengunjungi pasar Klewer. Sejarah pasar Klewer bermula dari para pedagang yang menjual dagangannya dengan cara membawanya di atas bahu, sehingga banyak dagangannya yang berjatuhan. Dalam istilah Jawa sering disebut "kleweran".

Hingga sampai sekarang pasar ini disebut dengan pasar Klewer. Unik sekali ya! Pasar yang letaknya bersebelahan dengan Keraton Surakarta ini terkenal dengan batiknya. Mulai dari daster, blangkon, baju maupun celana dapat dengan mudah kalian jumpai dengan harga yang terjangkau.

Pasar Senen

5 Pasar Tradisional di Indonesia Ini Sering Dikunjungi Para Wisatawanviva.co.id

Tahukah kalian kalau pasar Senen merupakan pasar tertua di Jakarta?. Pasar yang dibangun pada tahun 1735 ini awalnya hanya beroperasi setiap hari Senin saja. Dulunya pasar Senen bernama pasar Snees. Pasar ini dikenal dengan sentra pakaian bekas, onderdil kendaraan bermotor sampai pasar kue yang berlangsung malam hingga subuh.

Pasar Seni Sukawati

5 Pasar Tradisional di Indonesia Ini Sering Dikunjungi Para Wisatawanenjoybalitravel.com

Bagi kalian yang ingin membeli pakaian dan kerajinan tradisional khas Bali dengan harga yang sangat murah, Pasar Seni Sukawati ini wajib kalian kunjungi. Pasar ini terletak di Desa Sukawati, Kabupaten Gianyar. Apabila kalian ingin mengunjungi pasar ini, disarankan untuk datang pada pagi hari karena saat pagi hari pasar Seni Sukawati masih sepi sehingga kalian dapat leluasa untuk tawar menawar harga.

Selain itu, menurut kepercayaan orang Bali, jika tokonya baru dibuka dan sudah ada yang membeli maka tokonya akan laris pada hari itu. 

Pasar Beringharjo

5 Pasar Tradisional di Indonesia Ini Sering Dikunjungi Para Wisatawankrjogja.com

Kalau Solo punya Pasar Klewer, maka Yogya punya Pasar Beringharjo. Pasar tradisional di Jalan Malioboro ini adalah pasar terbesar di kota Yogya. Nama "Beringharjo" dicetuskan oleh Sultan Hamengku Buwono IX karena kawasan ini dulunya hutan beringin. Pasar ini menjual aneka batik, kerajinan serta kuliner khas Yogya seperi gudeg, pecel, gethuk dan masih banyak lagi. 

Pasar Terapung

5 Pasar Tradisional di Indonesia Ini Sering Dikunjungi Para Wisatawanpixdaus.com

Kota Banjarmasin merupakan kota yang dikenal memiliki banyak sungai, salah satunya sungai Kuin. Setiap pagi hari, terdapat aktifitas jual beli antara pedagang dan pembeli yang mana dikenal sebagai pasar Terapung di Sungai Kuin. Banyak wisatawan yang berkunjung ke sungai Kuin hanya untuk menikmati ramainya pasar Terapung yang unik ini. Di pasar ini para pedagang menjajakan dagangannya dengan menggunakan perahu kayu yang disebut 'Jukung'.

dwi lestari Photo Community Writer dwi lestari

Masih newbie dalam hal tulis menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You