Comscore Tracker

5 Kastil Megah di Bavaria-Jerman, Pesonanya Bikin Kamu Kagum

Bangunan megahnya bak kastil di dunia dongeng!

Jerman merupakan negara yang terkenal dengan destinasi kastil kuno yang megah dan indah. Menurut European Castle Institute, setidaknya terdapat 25 ribu kastil di Jerman. Salah satu wilayah di Jerman yang memiliki banyak kastil megah adalah Bavaria. Berikut deretan lima kastil megah di Bavaria-Jerman yang pesonanya bikin kamu kagum!

1. Schloss Callenberg 

5 Kastil Megah di Bavaria-Jerman, Pesonanya Bikin Kamu KagumSchloss Callenberg (Instagram.com/deutschland.liebe)

Menurut sumber sejarah, Schloss Callenberg dulunya merupakan milik keluarga bangsawan Saxe-Coburg dan Gotha. Sejak tahun 1998 kastil ini telah menampilkan pameran koleksi seni, furnitur, dan senjata yang akan memberikan wawasan yang menarik tentang salah satu dinasti penguasa Eropa.

Schloss Callenberg tampak begitu mengesankan dengan dihiasi taman mawar yang luas di depan kastil. Arsitektur dan perabotan didominasi oleh gaya neo-gotik membuat kastil Callenberg tampak begitu megah dan elok. Schloss Callenberg juga menyediakan pemandur tur bagi para pengunjung untuk mengeksplor keindahan kastilnya.

2. Kastil Burghausen

5 Kastil Megah di Bavaria-Jerman, Pesonanya Bikin Kamu KagumKastil Burghausen (tropter.com)

Dengan luas 1051 meter, kastil Burghausen dinobatkan sebagai kastil terpanjang di dunia oleh Guinness World Record. Kastil Burghausen membentang di atas bukit dan berada diantara sungai Salzach dan danau Wöhrsee. Kastil ini mempunyai arsitektur ala gotik dengan dinding bangunannya yang terbuat dari batu traventin. Dulunya kastil ini pernah digunakan bagi kepentingan militer. Oleh karena itu tidak mengherankan jika terdapat ruang tempat penyimpanan senjata dan ruang penyiksaan.

Memiliki struktur bangunan yang unik, kastil ini sangat wajib untuk dikunjungi. Terdapat benteng, menara, dan kapel yang menjulang di atas kota tua Burghausen dan dikelilingi dengan pemandangan yang memanjakan mata.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di New Zealand ini Menyajikan Pemandangan Spektakuler

3. Kastil Lauenstein 

5 Kastil Megah di Bavaria-Jerman, Pesonanya Bikin Kamu KagumKastil Lauenstein (Instagram.com/alles_deutschland)

Salah satu kastil yang memesona di Bavaria adalah kastil Lauenstein. Menjulang dengan indah di bukit diatas desa Lauenstein, kastil ini sempat berpindah pemilik beberapa kali sebelum akhirnya jatuh ke tangan pemerintah Bavaria dan mengubah fungsi kastil sebagai museum. Hingga kini, lebih dari 20 ruangan dalam kastil Lauenstein dimanfaatkan sebagai museum yang menampilkan artefak, potret lukisan, dan persenjataan kuno.

Dengan arsitektur khasnya yang mengadopsi gaya ala historicism, kastil Lauenstein dinobatkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Kabarnya, kastil ini dihantui oleh seorang wanita yang mengenakan gaun putih yang dijuluki 'white woman'. Biasanya di bulan Juni pengunjung dapat merasakan suasana abad pertengahan yang seru melalui festival kastil Lauenstein yang diadakan oleh masyarakat desa disana.

4. Schloss Neuschwanstein  

5 Kastil Megah di Bavaria-Jerman, Pesonanya Bikin Kamu KagumSchloss Neuschwanstein (Instagram.com/alles_deutschland)

Jika membicarakan kastil termegah di Bavaria, tidak lengkap rasanya jika tidak menyebutkan tentang Schloss Neuschwanstein. Didirikan oleh Raja Ludwig II pada abad ke-19, kastil ini awalnya didirikan untuk tempat peristirahatan dan menghindari publik. Namun pasca kematian sang raja, kastil Neuschwanstein akhirnya dibuka untuk umum dan menjadi salah satu kastil terpopuler di dunia.

Dilansir Neuschwanstein, diperkirakan sekitar 1,4 juta wisatawan yang mengunjungi kastil Neuschwantein tiap tahun. Memiliki arsitektur gaya abad pertengahan, kastil ini menjadi inspirasi Walt Disney dalam pembuatan latar istana di film Sleeping Beauty.

5. Kastil Rieneck 

5 Kastil Megah di Bavaria-Jerman, Pesonanya Bikin Kamu KagumKastil Rieneck (intagram.com/burgrieneck.de)

Terletak di atas bukit Spessart dan menghadap ke sungai Sinn, kastil Rieneck menjadi salah satu landmark di kota Rieneck, Bavaria. Kastil ini dibangun oleh Ludwig I dan telah berdiri sejak tahun 1150. Kini, Kastil Rieneck digunakan sebagai tempat kegiatan pendidikan, namun wisatawan asing diperbolehkan untuk mengunjungi dan menginap di kastil ini.

Salah satu bagian yang tidak boleh dilewatkan adalah menara tua abad ke-12 yang memperlihatkan pesona alam hutan Spessart dan kapel berdinding unik yang dapat disewa untuk menyelenggarakan pernikahan di kastil ini.

Itu tadi deretan lima kastil megah di Bavaria-Jerman. Kastil-kastil tersebut tidak hanya menakjubkan, namun juga menyimpan sejarah yang cukup unik. Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi salah satu kastil tersebut?

Baca Juga: Termasuk Desa Popeye, Inilah 10 Tempat Unik yang Ada di Malta

Dwi Nur Arifianti Photo Writer Dwi Nur Arifianti

Salah satu Member IDN Times Community yang memang pemalu untuk menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya