5 Tempat Tahun Baruan di Bali, Meriah dengan Berbagai Acara

Spot terbaik menikmati perayaan tahun baru di Bali

Tahun 2022 sebentar lagi tutup buku dan 2023 siap menyambut dengan hangat. Ah, kamu pasti sudah gak sabar bisa menikmati perayaan meriah ini, apalagi jika sudah punya rencana melancong ke Pulau Dewata.

Sejatinya, tak sulit menemukan tempat tahun baruan di Bali yang meriah. Namun, di antara banyaknya tempat tersebut, ada beberapa yang ikonik dan selalu jadi tujuan wisatawan.

Perayaan pergantian tahun di Bali tak selalu diisi dengan pesta kembang api, tapi ada juga yang diisi dengan acara musik. Berikut beberapa tempat tahun baruan di Bali yang bisa dijadikan lokasi senang-senang akhir tahunmu. Simak, ya!

1. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

5 Tempat Tahun Baruan di Bali, Meriah dengan Berbagai Acaragaruda wisnu kencana (unsplash.com/@rehany_maharani)

Berkunjung ke Bali tak lengkap tanpa mampir ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Di sana kamu akan melihat ikon Kota Bali berupa Patung Garuda Wisnu Kencana yang dirancang oleh Nyoman Nuarta, seniman lokal yang terkenal. Selain melihat langsung patung tertinggi ke-4 di dunia itu, kamu bisa juga menyaksikan pertunjukan tari daerah. 

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana akan makin meriah saat tahun baru. Pihak penyelenggara umumnya akan mengadakan konser musik besar dan momen countdown. Kamu yang sudah kangen sing along bersama banyak orang, wajib datang!

2. Pantai Kuta

5 Tempat Tahun Baruan di Bali, Meriah dengan Berbagai Acarapantai kuta (unsplash.com/@georgebakos)

Pantai Kuta selalu ramai, bahkan di hari biasa. Terbayang bagaimana serunya tahun baru di pantai andalan warga Bali tersebut, kan?

Orang-orang umumnya akan datang bersama kekasih sampai keluarga. Mereka akan duduk di pasir pantai berlapis tikar, lalu saat menjelang pergantian tahun akan ramai-ramai menyalakan kembang api.

Sambil menunggu momen pergantian tahun, kamu bisa melakukan banyak hal seru. Misalnya, menjajal jasa kepang rambut ala anak pantai, meredakan lelah dengan jasa pijat yang banyak ditawarkan, sampai memasang tato temporer. Nah, jika kamu datang sejak sore, jangan lupa untuk menikmati matahari terbenam juga!

3. Seminyak

5 Tempat Tahun Baruan di Bali, Meriah dengan Berbagai Acarapantai seminyak (unsplash.com/@ern)

Tempat tahun baruan di Bali yang jelas meriah lainnya adalah Seminyak. Sejak sore, banyak orang akan memadati jalanan, baik sekadar menikmati pemandangan pantai, berbelanja suvenir di Jalan Laksamana, atau mengisi perut di restoran pinggir jalan.

Barulah setelah matahari terbenam, orang-orang akan mulai masuk ke pantai. Menyewa bean bag sebagai alas duduk, menyeruput air kelapa langsung dari buahnya, atau sambil bermain ombak sesekali.

Namun, kalau mau menikmati tahun baru yang berbeda, kamu bisa menjajal masuk ke beach club sekitar Seminyak yang tiap momen tahun baru selalu mengadakan pesta meriah. Seru dan dijamin berkesan, deh!

Baca Juga: 10 Wisata Tahun Baru Jakarta yang Akan Ramai

4. Ubud

5 Tempat Tahun Baruan di Bali, Meriah dengan Berbagai Acaraubud, bali (unsplash.com/@radoslavbali)

Ubud terkenal sebagai kawasan pedesaan yang jauh dari hingar-bingar. Meski begitu, bukan berarti di Ubud kamu tak bisa merasakan pergantian tahun yang menyenangkan. Vibes berbeda akan kamu rasakan, terlebih jika menginginkan momen romantis juga hangat, Ubud jadi jawabannya.

Jika di tempat rekomendasi sebelumnya banyak gelaran konser musik sampai pesta kembang api, di Ubud justru pertunjukan tari tradisional yang akan ditemui. Ada juga yang menggunakan momen ini untuk meditasi dan melakukan refleksi diri. 

5. Pantai Sanur

5 Tempat Tahun Baruan di Bali, Meriah dengan Berbagai Acarapantai sanur (unsplash.com/@rozanaufall)

Selalu jadi kesukaan wisatawan untuk menghabiskan libur Natal dan tahun baru di Bali, Pantai Sanur punya banyak keindahan. Pasir pantai putih dengan ombak yang tenang sayang sekali kalau tak menyempatkan buat berjalan-jalan di sini. Tiket masuknya yang gratis gak akan bikin kantong kering karena harus ajak banyak orang. 

Tak ada karang yang tajam di Pantai Sanur, sehingga cukup aman buat kamu atau ajak anak-anak berenang. Kalau mau sekalian lari-lari kecil saat pagi juga boleh banget karena di Pantai Sanur terdapat jogging track yang bebas digunakan semua orang. 

Masing-masing wisata di atas menawarkan pengalaman tahun baruan di Bali yang berbeda. Tak melulu pantai, ada juga yang pedesaan. Kira-kira, mau habiskan di tempat yang mana, nih?

Baca Juga: Daripada ke Bali, Mending Liburan ke 12 Wisata Ini saat Tahun Baru!

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya