Comscore Tracker

Unik & Ekonomis, 5 Rekomendasi Tempat Mencari Suvenir Terbaik di Jogja

Semuanya khas Jogja banget

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata #WonderfulIndonesia favorit turis baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Bukan tanpa alasan, banyak sekali hal menarik untuk dieksplorasi di Yogyakarta, mulai dari tempat wisata, bangunan, seni, budaya, hingga kulinernya.

Setelah puas berkeliling kota Yogyakarta, belum afdal rasanya kalau kamu pulang dengan tangan kosong tanpa membawa oleh-oleh.

Nah, ngomong-ngomong soal suvenir di Yogyakarta, ada beberapa rekomendasi spot di Yogyakarta yang bisa kamu datangi saat mencari suvenir. Mana sajakah itu? Daripada makin penasaran, yuk langsung cek di sini.

1. Berbagai macam gerabah di Kasongan

Unik & Ekonomis, 5 Rekomendasi Tempat Mencari Suvenir Terbaik di Jogjainstagram.com/kerajinan_budibambu_kasongan

Salah satu suvenir #DiIndonesiaAja menarik yang dapat kamu temukan di Yogyakarta adalah gerabah. Jenis gerabah yang ada di Yogyakarta sangatlah variatif dan sebagian besar berasal dari Desa Kasongan. Jadi, tak ada salahnya jika kamu berburu kerajinan gerabah langsung di pusatnya.

Desa Kasongan berlokasi di Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Begitu sampai di tempat ini, kamu akan langsung disuguhi dengan variasi produk gerabah. Mulai dari guci berukuran besar, berbagai macam peralatan rumah tangga, hingga suvenir pernikahan berukuran imut bisa kamu temukan di Kasongan. Bukan hanya jalan-jalan dan berbelanja, kamu juga bisa belajar membuat gerabah secara langsung di sini.

2. Berbagai barang kreatif khas Jogja di Dagadu Djokdja

Unik & Ekonomis, 5 Rekomendasi Tempat Mencari Suvenir Terbaik di Jogjainstagram.com/dagadudjokdja

Ingin berbagai macam barang yang memiliki sentuhan Jogja yang kental? Kamu bisa mampir ke gerai Dagadu Djokdja. Sebagai informasi, Dagadu Djokdja adalah gerai kreatif yang menyediakan berbagai macam barang dengan sentuhan ciri khas Yogyakarta. Mulai dari kaus, mug, sandal, topi, tote bag, gantungan kunci, pouch, dan masih banyak lagi, semuanya bisa kamu temukan di Dagadu Djokdja.

Bahkan, membawa suvenir dari Dagadu Djokdja seakan menjadi kewajiban bagi millenial yang sedang traveling ke Yogyakarta. Saat ini, Dagadu Djokdja sudah memiliki beberapa gerai yang tersebar di Yogyakarta, seperti di Gedong Kuning, Alun-alun Utara, dan Sosrowijayan.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Yogyakarta Ini Sarat dengan Nuansa Mistis!

3. Berbagai barang antik dan unik di Pasar Klithikan

Unik & Ekonomis, 5 Rekomendasi Tempat Mencari Suvenir Terbaik di Jogjapexels.com/pixabay

Untuk kamu yang hobi mencari barang-barang vintage yang unik dan berkualitas baik, kamu wajib mampir ke pasar Klithikan. Di sini, kamu bisa menemukan barang-barang antik dan stensilan dengan harga yang miring. Walaupun mayoritas barang yang dijual di Pasar Klithikan statusnya bekas pakai, asalkan kamu pintar dalam memilih, kamu bisa menemukan barang yang kualitasnya masih baik dan layak pakai.

Sebagai informasi, dulunya tak jarang pelanggan yang menemukan barangnya yang hilang saat berbelanja di pasar Klithikan. Sehingga, dulu Pasar Klithikan disebut juga "pasar maling". Akan tetapi, perlahan-lahan Pasar Klithikan bisa menghilangkan citra negatif ini dan dikenal sebagai pasar bagi peminat barang unik.

Kalau kamu berminat, Pasar Klithikan berlokasi di Jalan HOS Cokroaminoto No.34, Kelurahan Pakuncen, Kecamatan Wirobrajan, Kota Yogyakarta.

4. Aneka barang unik di Pasar Seni Gabusan

Unik & Ekonomis, 5 Rekomendasi Tempat Mencari Suvenir Terbaik di Jogjainstagram.com/pasarsenigabusanbantul

Kalau kamu ingin mencari kerajinan bernilai seni, seperti keris, batik, guci, bahkan kerajinan lainnya, kamu bisa mendapatkan semuanya cukup dengan mendatangi satu tempat, yaitu Pasar Seni Gabusan.

Di pasar ini, kamu dapat menemukan berbagai kerajinan unik dengan harga yang ramah di kantong. Selain itu, tempatnya yang luas, nyaman, dan lengkap dengan fasilitas pendukung dijamin membuat pengunjung betah memilih-milih barang di sini.

Kalau kamu berminat ke sini, Pasar Seni Gabusan terletak di Jalan Parangtritis, Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Kerajinan perak di Kotagede

Unik & Ekonomis, 5 Rekomendasi Tempat Mencari Suvenir Terbaik di Jogjapexels.com/Terje Sollie

Yogyakarta juga terkenal akan kerajinan peraknya yang beragam dan berkualitas yang bisa kamu jadikan suvenir. Di Yogyakarta, pusat pengrajin perak berada di daerah Kotagede. Hampir di setiap sudut Kotagede terdapat pengrajin perak yang menawarkan berbagai macam perhiasan maupun benda-benda lainnya dari bahan logam perak.

Kerajinan perak di Kotagede sudah menjadi budaya yang turun temurun dan sangat terkenal, bahkan kerajinan perak dari Kotagede sudah banyak yang diekspor hingga ke mancanegara.

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat berburu suvenir yang ada di Yogyakarta. Kota gudeg ini memang pantas disebut sebagai #WonderfulIndonesia karena pesonanya yang menjadi magnet bagi para wisatawan. Tapi jangan lupa, pastikan kamu menerapkan protokol kesehatan saat berwisata ke kota pelajar ini.

Masih banyak lagi hal menarik yang hanya ada di #DiIndonesiaAja yang layak untuk kamu eksplor. Untuk tahu selengkapnya, yuk langsung kunjungi https://www.indonesia.travel

Baca Juga: Selain Gudeg, 7 Kuliner Yogyakarta Ini Juga Punya Banyak Penggemar! 

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya