Comscore Tracker

Seperti di Negeri Dongeng, 8 Taman Bunga Mawar Ini Bikin Mata Takjub! 

Bikin lupa pulang begitu mengunjunginya

Kalau lihat kumpulan bunga mawar rasanya seperti masuk ke negeri dongeng, ya. Apalagi bunga mawar juga identik banget sama hal-hal romantis dan wangi-wangian. T

Tapi gak cuma di negeri dongeng kok. Di dunia nyata juga ada banyak taman bunga mawar yang gak kalah indahnya nih. Mau tau di mana aja? Yuk simak beberapa taman bunga mawar di bawah ini. Dijamin jadi pengin ke sana!

1. San Jose Municipal Rose Garden, California 

Seperti di Negeri Dongeng, 8 Taman Bunga Mawar Ini Bikin Mata Takjub! rumpun bunga mawar (sanjose.org)

Taman bunga ini diberi gelar sebagai taman mawar terbaik di Amerika lho! Memiliki luas 5 hektar, taman ini dikelilingi oleh lebih dari 3.500 bunga mawar dari 200 varietas yang berbeda.

Kalian juga bisa pakai taman ini untuk foto pernikahan, wisuda atau piknik keluarga dengan latar belakang bunga mawar warna-warni yang indah. Tertarik?

2. Princess Grace Rose Garden, Monako 

Seperti di Negeri Dongeng, 8 Taman Bunga Mawar Ini Bikin Mata Takjub! patung Princess Grace (visitmonaco.com)

Di balik cantiknya mawar di taman ini, ada kisah mengharukan yang menyelimuti. Taman bunga mawar ini sengaja dibuat oleh Pangeran Rainier III untuk mengenang istrinya yaitu Princess Grace. Bahkan beliau juga membuat patung Princess Grace.

Setelah proses panjang, akhirnya pada 18 Juni 1984 taman bunga mawar ini resmi dibuka dan ada lebih dari 6.000 rumpun mawar dengan 315 varietas yang berbeda. Tenang aja, gak perlu bingung dengan varietasnya karena kalian bisa identifikasi jenis mawar pada QR Code yang disediakan di taman ini.

3. Peggy Rockefeller Rose Garden, New York

Seperti di Negeri Dongeng, 8 Taman Bunga Mawar Ini Bikin Mata Takjub! taman bunga mawar (nybg.org)

Peggy Rockefeller Rose Garden adalah tempat tinggal bagi lebih dari 750 jenis bunga mawar. Bahkan ada juga jenis bunga mawar tertua yang menjadi koleksi taman ini. Taman ini juga dilengkapi dengan papan pengetahuan mengenai jenis-jenis bunga mawar supaya pengunjung bisa tahu apa nama dari jenis mawar yang dilihat.

4. Keisei Rose Garden, Jepang

Seperti di Negeri Dongeng, 8 Taman Bunga Mawar Ini Bikin Mata Takjub! rumpun mawar (instagram.com/keiseirosegarden)

Pada 2015, taman ini pernah dapat penghargaan Garden Excellence at the 17th World Convention of Rose Societies. Soalnya taman ini punya koleksi lebih dari 10.000 bunga mawar dengan 1.500 varietas mawar. Selain bisa menikmati hamparan mawar, kalian juga bisa beli souvenir berbahan dasar mawar, seperti parfum, teh, permen, hingga aneka kue.

Nah, kalau mau ke sini disarankan datang pada pertengahan Mei hingga awal Juni dan pertengahan Oktober hingga awal November supaya kalian bisa lihat mawar-mawar yang sudah bermekaran.

Baca Juga: 7 Taman dan Ruang Hijau Paling Populer di Berlin, Bikin Mata Fresh!

5. The Butchart Rose Gardens, Kanada

Seperti di Negeri Dongeng, 8 Taman Bunga Mawar Ini Bikin Mata Takjub! taman mawar (butchartgardens.com)

Rumpun mawar yang ditanam di taman ini mencapai 2.500 mawar. Jika berada di sini, kalian bisa berjalan di sebuah jalur dengan atap melengkung yang ditutupi dengan mawar. Ada berbagai jenis mawar yang ditampilkan di taman ini, seperti mawar floribunda, mawar rambler, hingga mawar hybrid tea.

6. International Rose Test Garden, Portland

Seperti di Negeri Dongeng, 8 Taman Bunga Mawar Ini Bikin Mata Takjub! taman mawar (portland.gov)

Sebenarnya, tujuan utama dari dibuatnya taman ini adalah sebagai tempat uji coba untuk varietas mawar baru. Di taman ini ada sekitar 10.000 lebih semak mawar dan diperkirakan ada 610 varietas mawar yang berbeda-beda.

Uniknya, setiap tahun beberapa varietas mawar akan diganti dengan varietas baru, lho! Jadi kalau tiap tahun ke sini, mawar yang kalian lihat bisa jadi varietasnya akan berbeda-beda.

7. The City of Sakura Rose Garden, Jepang 

Seperti di Negeri Dongeng, 8 Taman Bunga Mawar Ini Bikin Mata Takjub! taman mawar (kusabueroses.jp)

Penyusunan taman mawar disini dibagi menjadi 16 taman mawar. Dibuat seperti ini supaya pengunjung bisa mudah masuk ke taman mawar sesuai varietasnya. Misalnya kalian mau melihat varietas mawar dari China, maka bisa ke Chinese Rose Garden. Terus jika kalian mau melihat mawar yang berwarna kuning saja, kamu bisa ke bagian Yellow Rose Garden. Asyik kan!

8. Elizabeth Park Conservancy, Amerika Serikat

Seperti di Negeri Dongeng, 8 Taman Bunga Mawar Ini Bikin Mata Takjub! taman mawar (elizabethparkct.org)

Di Elizabeth Park ada dua taman mawar utama, yaitu Helen S Kaman Rose Garden dan Heritage Rose Garden. Helen S Kaman Rose Garden merupakan taman mawar kota pertama di Amerika Serikat lho!

Di sini ada sekitar 800 varietas bunga mawar dan ada sekitar 15.000 bunga mawar. Selain itu, ada juga gazebo yang dibangun pada 1904 dan ditutupi dedaunan serta bunga mawar yang bisa jadi spot foto favorit nih! Kalau di Heritage Rose Garden kalian bakal menemukan spesies bunga mawar yang paling tua, bahkan ada beberapa mawar yang ada sebelum tahun 1867!

Ada juga beberapa spesies mawar liar, seperti alba, bourbon, centifolia, dan masih banyak lagi. Mawar-mawar akan mekar sepenuhnya pada bulan Juni.

Itu dia rekomendasi taman mawar bak di negeri dongeng yang bisa kalian datangi. Gimana, tertarik mengunjungi destinasi taman mawar tersebut?

Baca Juga: 9 Pesona Taman Nasional Lembah Bunga di India yang Bikin Takjub!

Elisabet Martina Photo Writer Elisabet Martina

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya