Comscore Tracker

5 Destinasi Terfavorit di Medan yang Wajib Masuk Bucket List Kamu

#ANGPOIN Ada yang bernuansa India juga, lho

Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia, setelah Surabaya dan Jakarta. Kota yang terkenal dengan keberagaman suku, etnis dan budayanya ini, memiliki banyak destinasi wisata yang menarik lho, mulai dari wisata alam, situs sejarah, situs budaya, religi, kuliner, hingga wisata kekinian. Nah, berikut ini ulasan 5 destinasi terfavorit di Kota Medan yang wajib masuk bucket list kamu, jika berkunjung ke kota yang terkenal dengan buah duriannya yang super lezat ini. 

1. Danau Toba

5 Destinasi Terfavorit di Medan yang Wajib Masuk Bucket List Kamuinstagram.com/ariefsatria_

Wisata terfavorit di Medan yang berada di urutan pertama adalah Danau Toba. Danau vulkanik terbesar di dunia ini, merupakan ikon wisata dari Kota Medan, lo. Danau yang terbentuk dari letusan gunung berapi ini, setiap harinya selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Bahkan, turis dari luar negeri juga banyak yang tertarik berkunjung ke danau yang eksotis ini. Salah satu objek wisata yang paling menarik di Danau Toba yaitu Pulau Samosir. Pulau yang berada di tengah Danau Toba ini, memiliki pesona alami yang sangat eksotis, sehingga gak heran jika pulau ini menjadi tujuan utama wisatawan jika berkunjung ke Danau Toba. 

Untuk bisa menikmati keindahan Danau Toba, kamu gak perlu merogoh kocek terlalu dalam lho, karena harga tiket masuknya sangat terjangkau yaitu Rp 5.000/orang. Danau yang panjangnya mencapai 100 kilometer ini, berada di tujuh kabupaten, yaitu Kabupaten Simalungun,Tobasa (Toba Samosir), Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan,  Dairi, Karo, dan Kabupaten Samosir. 

2. Menara Pandang Tele

5 Destinasi Terfavorit di Medan yang Wajib Masuk Bucket List Kamupardisinaga.com

Wisata terfavorit kedua di Medan adalah Menara Pandang Tele. Wisata Menara Pandang Tele lokasinya gak jauh dari Danau Toba. Bahkan dari menara ini, kamu bisa menyaksikan keindahan Danau Toba dari atas ketinggian. Para pengunjung gak hanya bisa menyaksikan keindahan Danau Toba dari luar ruangan, namun juga bisa menyaksikannya di dalam ruangan rest area yang pada bagian dindingnya dilapisi kaca yang tembus pandang. Selain itu, para pengunjung juga bisa menikmati berbagai macam kuliner khas Batak di rest area ini.

Untuk harga tiket masuknya juga sama dengan tiket masuk Danau Toba, yaitu Rp 5.000/orang. Wisata Menara Pandang Tele lokasinya berada di Turpuk Limbong, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

3. The Le Hu Garden

5 Destinasi Terfavorit di Medan yang Wajib Masuk Bucket List Kamuinstagram.com/off_marketing_thelehugarden

The Le Hu Garden merupakan taman wisata yang didirikan oleh keluarga Hu di halaman rumahnya yang luas. Awalnya hanya taman biasa yang dikelola di halaman keluarga Hu, namun setelah taman tersebut dikunjungi oleh banyak orang yang tertarik dengan keindahannya, maka keluarga tersebut mengembangkannya menjadi tempat wisata. Agar terlihat lebih menarik, keluarga Hu melengkapi taman tersebut dengan danau, tambak, dan permainan untuk anak-anak, serta fasilitas lainnya seperti kantin, toilet, dan musholla. Selain itu, keluarga Hu juga melengkapi taman dengan berbagai macam jenis tanaman dan bunga yang cantik, sehingga taman terlihat lebih memesona. 

Nah, untuk harga tiket masuknya juga terjangkau lho, yaitu sekitar Rp 15.000/orang, namun itu belum termasuk tarif untuk wahana lainnya seperti sepeda air berbentuk bebek yang dikenakan tarif sekitar Rp 20.000. Pengunjung yang ingin melepas lelah juga bisa menyewa pondok dengan tarif sekitar Rp 50.000. The Le Hu Garden lokasinya berada di Kelurahan Patumbak, Kecamatan Deli Utara, Kabupaten Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara. 

Baca Juga: 10 Hal Tentang Warenhuis, Supermarket Pertama di Medan Era Kolonial

4. Air Terjun Sipiso-Piso

5 Destinasi Terfavorit di Medan yang Wajib Masuk Bucket List Kamuinstagram.com/farizadli

Nah, ini dia air terjun paling terkenal di Medan yaitu Air Terjun Sipiso-Piso. Diberi nama Air Terjun Sipiso-Piso karena debit air yang turun ke bawah bentuknya terlihat seperti pisau, dan dalam bahasa Batak, pisau disebut dengan piso. Dengan ketinggiannya yang mencapai 120 meter, gak heran jika air terjun ini masuk dalam daftar sebagai salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Untuk bisa menuju ke lokasi air terjunnya, pihak pengelola menyediakan 500 anak tangga. Dibutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga maksimal satu jam untuk bisa menuju ke lokasi air terjunnya. Namun, itu semua akan terbayarkan dengan keindahan yang dimiliki Air Terjun Sipiso-Piso ini.

Selain itu, juga tersedia spot foto seperti gardu pandang dengan background Air Terjun Sipiso-Piso dan Danau Toba dari atas ketinggian, yang tentunya akan menghasilkan foto yang instagramable. Nah, untuk harga tiket masuknya juga terjangkau lho yaitu sekitar Rp 5.000/orang. Air Terjun Sipiso-Piso lokasinya berada di Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. 

5. Kampung Keling Madras

5 Destinasi Terfavorit di Medan yang Wajib Masuk Bucket List Kamugotravelly.com

Kampung Keling Madras merupakan destinasi wisata berupa  perkampungan ala India. Gak hanya dihuni oleh orang keturunan India saja, perkampungan seluas 10 hektar ini juga dihuni oleh penduduk lokal. Di Kampung Keling Madras terdapat kuliner khas India, perhiasan khas India, toko yang menjual baju saree, dan juga kuil seperti yang ada di India. Bahkan sebagian besar arsitektur bangunan yang ada di perkampungan ini, juga sangat mirip lho dengan bangunan yang ada di India. Wah, sangat menarik bukan? 

Untuk bisa menikmati nuansa ala India ini, pengunjung tidak akan dikenakan tarif tiket masuk, yaitu gratis. Kampung Keling Madras lokasinya berada di Jl. Teuku Cik Ditiro, Madras Hulu, Medan. 

Nah, itulah ulasan 5 destinasi wisata terfavorit di Medan yang wajib masuk bucket list kamu jika berkunjung ke kota ini. Yuk, segera jadwalkan cutimu! 

Baca Juga: Bikin Ketagihan, 7 Pilihan Sate Padang di Medan yang Mantap

Eliza ustman Photo Verified Writer Eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya