Comscore Tracker

7 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Masuk Bucket List Kamu

Ada yang sudah kamu kunjungi?

Palembang merupakan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Kota yang terkenal dengan pempeknya ini, memiliki banyak tempat wisata lho guys, yang gak kalah keren dan menariknya dari wisata-wisata yang ada di kota-kota besar lainnya. Penasaran apa saja wisatanya? Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini!

1. Jembatan Ampera dan Sungai Musi

7 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Masuk Bucket List Kamurmolsumsel.com

Nah, ini dia salah satu wisata yang wajib buat masuk di daftar liburanmu, saat berkunjung ke Kota Palembang nanti, yaitu Jembatan Ampera dan Sungai Musi. Jembatan yang berada di tengah-tengah Kota Palembang ini, dibangun untuk menghargai jasa mantan Presiden Indonesia yang pertama, yaitu Soekarno, yang telah memperjuangkan keinginan rakyat Palembang agar dapat dibangun jembatan di atas Sungai Musi.

Para wisatawan gak hanya bisa menikmati keindahan jembatannya saja, namun juga berbelanja souvenir dan berkuliner ria di Pasar Sekanak, yang lokasinya dekat dengan Jembatan Ampera, yang kurang lebih berjarak 50 meter. Selain dapat berbelanja souvenir dan kuliner, para wisatawan juga dapat menyaksikan pementasan seni budaya, yang rutin diadakan di pasar, yang biasa disebut Kota Tua di Palembang ini.

2. Air Terjun Bidadari di Lahat

7 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Masuk Bucket List Kamumamikos.com

Air Terjun Bidadari merupakan salah satu wisata air terjun yang terkenal di Kota Palembang. Air terjun yang memiliki ketinggian 30 meter ini, dinamakan Air Terjun Bidadari, karena konon katanya dulu air terjun ini adalah tempat mandi para bidadari. Sama seperti namanya, air terjun ini juga sangat cantik lho guys, pemandangan alam di sekitar air terjun juga sangat eksotis, dengan suasananya yang masih sangat alami, menambah pesona Air Terjun Bidadari ini.

Selain bisa menikmati keindahan air terjunnya, para wisatawan juga bisa berenang di danau, yang terletak di bawah air terjun. Danau yang berada di bawah air terjun ini, juga gak mempesona lho dari air terjunnya, karena terdapat bebatuan koral yang berjejer rapi di sekitar danau, yang terlihat sangat indah.

Untuk harga tiket masuknya juga murah meriah lho guys, yaitu sekitar Rp 5.000/orang. Air Terjun Bidadari lokasinya berada di Karang Dalam, Kecamatan Penang, sekitar 8 km dari Kota Lahat, Palembang.

3. Air Terjun Lematang Indah

7 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Masuk Bucket List Kamumamikos.com

Air Terjun Lematang Indah ini, juga gak kalah kerennya lho guys dari Air Terjun Bidadari. Air terjun yang memiliki ketinggian 40 meter ini, memiliki pemandangan alam yang sangat menakjubkan, yang membuat siapa saja yang melihatnya akan menjadi terpesona seketika. Udaranya yang sejuk, dan air nya yang sangat jernih, membuat para wisatawan betah berlama-lama menghabiskan waktu di Air Terjun Lematang Indah ini.

Selain itu, Air Terjun Lematang Indah ini memiliki medan yang lebih mudah dicapai lho guys, dibandingkan dengan air terjun lainnya, karena tersedianya tangga untuk turun ke bawah, menuju lokasi air terjunnya. Untuk harga tiket masuknya juga murah meriah lho guys, yaitu sekitar Rp 4.000/orang. Air Terjun Lematang Indah lokasinya berada di Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

Baca Juga: 5 Akun Instagram Foodies Palembang yang Dijamin Bikin Ngiler!

4. Air Terjun Bedegung

7 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Masuk Bucket List Kamuinstagram.com/explorepalembang

Air Terjun Bedegung merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia lho guys. Air terjun yang memiliki tinggi 99 meter ini, memiliki pemandangan yang sangat eksotis dan luar biasa mempesonanya. Namun, para pengunjung harus berhati-hati jika ingin mengunjungi air terjun ini, karena untuk menuju lokasi air terjunnya harus melewati tangga diatas aliran sungai, serta juga harus melewati jembatan besi yang memiliki beberapa lubang di tiap sudutnya. Meski memiliki banyak lubang, jembatan besi tersebut tetap aman untuk dilewati karena jembatannya kokoh.

Untuk dapat bisa menikmati keindahan di Air Terjun Bedegung, kamu gak harus merogoh kocek terlalu dalam, karena harga tiket masuknya yang murah meriah, yaitu Rp 5.000/orang. Air Terjun Bedegung lokasinya berada di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

5. Taman Pelangi Sriwijaya

7 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Masuk Bucket List Kamupergiberwisata.com

Nah, ini dia salah satu wisata yang sedang hits dan wajib buat masuk bucket listmu saat berlibur di Palembang nanti, yaitu Taman Pelangi Sriwijaya. Taman Pelangi Sriwijaya merupakan tempat wisata berupa taman hiburan, yang mulai beroperasi dari tahun 2014 lalu. Diberi nama 'Pelangi', karena taman ini memancarkan cahaya warna-warni saat malam hari. Di Taman Pelangi Sriwijaya ini, tersedia banyak spot-spot foto dan wahana-wahana yang keren dan kekinian lho guys.

Selain itu, juga terdapat beberapa rumah adat dari beberapa Kabupaten, yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Para pengunjung bisa bebas berselfie ria di rumah-rumah adat tersebut, yang tentunya selain menambah koleksi foto juga bisa menambah wawasan wisatawan tentang kebudayaan yang ada di Sumatera Selatan.

Wahana-wahana yang ada di Taman Pelangi Sriwijaya ini, gak hanya untuk orang dewasa saja lho guys, namun juga bisa untuk anak-anak. Wahana-wahana yang bisa dinikmati anak-anak yaitu seperti Trampolin, Rumah Balon, Paddle Boat, dan masih banyak lagi. Wahana yang paling terkenal di Taman Pelangi Sriwijaya ini, adalah wahana Romantic Garden, yang merupakan wahana yang romantis dan cocok untuk yang sedang membawa pasangan.

Untuk harga tiket masuknya juga terjangkau, yaitu sekitar Rp 15.000/ orang untuk hari biasa, dan Rp 25.000/orang untuk weekend dan tanggal merah. Namun, itu belum termasuk tarif tiket masuk wahananya, yang harganya bervariasi, mulai dari Rp 5.000 s.d Rp 25.000. Taman Pelangi Sriwijaya lokasinya berada di Jln. Gubernur Hasan Basri, Jakabaring, Palembang.

6. Benteng Kuto Besak

7 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Masuk Bucket List Kamusultanpalembang.com

Selain wisata alam dan taman hiburan, Palembang juga memiliki wisata sejarah lho guys, yaitu Benteng Kuto Besak. Benteng Kuto Bedak ini merupakan tempat wisata berupa bangunan peninggalan keraton Kesultanan Palembang, yaitu Sultan Mahmud Baddarudin 1. Pembangunan benteng bersejarah ini, dimulai sejak tahun 1780 hingga tahun 1797.

Selain simbol keutuhan dari Kesultanan, Benteng Kuto Besak ini, juga merupakan wisata favorit bagi para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Para wisatawan gak hanya bisa bebas berselfie ria, dan menambah wawasan tentang sejarah kerajaan saja, namun juga bisa menikmati keindahan Sungai Musi dan Jembatan Ampera, yang lokasinya berdekatan dengan Benteng Kuto Besak ini.

Untuk harga tiket masuknya juga murah meriah lho guys, yaitu sekitar Rp 5.000/ orang. Wisata Benteng Kuto Besak lokasinya berada di Jalan Sultan Mahmud Baddarudin, 19 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

7. Green Paradise Pagaralam

7 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Masuk Bucket List Kamuwisato.id

Green Paradise Pagaralam merupakan destinasi wisata berupa beberapa tempat wisata yang tergabung di dalam satu lokasi, seperti wisata pegunungan, kebun teh, danau, hingga sungai lematang. Tak hanya memiliki wisata alam saja, di Green Paradise Pagaralam ini, juga memiliki wisata bersejarahnya lho guys, yaitu wisata arca Batu Gajah, Kubur Batu, dan wisata sejarah lainnya. Banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan para wisatawan di Green Paradise Pagaralam ini, yaitu seperti memancing, memanen sayur, berenang, menunggang kuda, dan masih banyak lagi.

Untuk harga tiket masuknya juga murah meriah lho guys, yaitu sekitar Rp 5.000 untuk orang dewasa, dan Rp 2.500 untuk anak-anak. Wisata Green Paradise Pagaralam lokasinya berada di Desa Bumi Agung, Kecamatan Dempo Utara, Kabupaten / Kota Pagar alam, Provinsi Sumatera Selatan.

Nah, itulah ulasan 7 tempat wisata di Palembang, yang wajib masuk bucket listmu jika sedang berkunjung di kota pempek ini. Wah, ternyata gak hanya pemandangannya saja yang keren, namun tempat wisatanya juga kekinian dan hits abis.

Baca Juga: 6 Kuliner Palembang yang Pedas dan Gurih untuk Buka Puasa

Eliza ustman Photo Verified Writer Eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya