Masuk Situs Warisan Dunia UNESCO, Ini 6 Fakta Unik Kota Jaipur 

Salah satu kota kerajaan di India

Selain Kota Ahmedabad yang berhasil masuk ke daftar Situs Warisan Dunia UNESCO, India juga memiliki lagi satu kota lainnya yang berhasil masuk ke dalam daftar situs warisan organisasi khusus PBB tersebut, yaitu Kota Jaipur.

Kota yang merupakan Ibukota dari Rajahstan ini, dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia Unesco pada tanggal 06 Juli 2019 lalu setelah pertemuan ke-43 Warisan Dunia UNESCO di Baku, Azerbaijan. Nah, berikut ini ulasan 6 fakta unik Kota Jaipur, yang perlu kamu ketahui. 

1. Kota terencana pertama di India

Masuk Situs Warisan Dunia UNESCO, Ini 6 Fakta Unik Kota Jaipur nativeplanet.com

Didirikan pada akhir 1920-an oleh Maharaja Sawai Jai Singh, Jaipur merupakan kota terencana pertama di India, yang direncanakan berdasarkan Vastu Shastra (teks-teks Hindu yang menggambarkan arsitektur) dan Shilpa Shastra (kumpulan teks-teks Hindu yang menggambarkan aturan desain ,seni, patung, dan pertukangan kayu).

Dirancang secara mendetail oleh arsitek Vidyadhar Bhattacharya menurut Vastu Shastra dan Shilpa Shastra, Kota Jaipur selesai dalam jangka waktu 4 tahun yaitu sekitar tahun 1930, dan merupakan kota terencana paling modern di India. 

2. Mendapat julukan "Kota Merah Muda"

Masuk Situs Warisan Dunia UNESCO, Ini 6 Fakta Unik Kota Jaipur nativeplanet.com

Nah, ini dia fakta paling unik dari Kota Jaipur yaitu semua bangunannya berwarna merah muda, sehingga mendapatkan julukan "Kota Merah Muda. Kota ini mengalami perubahan visual pada tahun 1876 dibawah kekuasaan Sawai Ram Singh.

Untuk menyambut kedatangan Ratu Victoria dan Pangeran Wales saat itu, yaitu Pangeran Edward, Jaipur dibalut dengan warna yang secara tradisional yang menggambarkan keramahan di India yaitu warna merah muda. Seluruh bangunan dan jalan-jalan di Jaipur dicat dengan warna merah muda. Setiap perayaan "Diwali", Kota Jaipur mengalami pengecatan ulang, dengan warna yang sama tentunya yaitu merah muda. 

3. Suites hotel di Kota Jaipur merupakan yang termahal dan paling terkenal di dunia

Masuk Situs Warisan Dunia UNESCO, Ini 6 Fakta Unik Kota Jaipur rajpalace.com

Selain terkenal dengan julukan "Kota Merah Muda", Jaipur juga dikenal sebagai salah satu kota kerajaan di India. Hal-hal yang berbau kemewahan sudah menjadi sesuatu yang biasa di Jaipur, contohnya saja seperti perumahan dan hotel yang mewah.

Jaipur merupakan rumah bagi beberapa suite hotel terkenal dan termahal di seluruh dunia. Suite hotel yang terkenal paling mewah dan mahal di Kota Jaipur adalah Raj Palace Hotel, yang tarif suite presidennya bisa mencapai US$50.000 per malamnya. 

Baca Juga: 6 Tempat Menarik di Delhi, India yang Wajib Kamu Kunjungi

4. Bagian dari Segitiga Pariwisata Emas

Masuk Situs Warisan Dunia UNESCO, Ini 6 Fakta Unik Kota Jaipur nativeplanet.com

Jaipur merupakan salah satu kota di India yang menjadi tujuan banyak wisatawan dari berbagai negara. Bukan tanpa alasan lho kota kerajaan ini menjadi incaran para wisatawan, pasalnya Kota Jaipur memiliki banyak pesona yang jarang dimiliki oleh kota lainnya.

Kota Jaipur memiliki banyak koleksi istana, benteng yang luar biasa indahnya, taman, museum, dan Artefak. Bahkan Kota Jaipur ini, merupakan bagian dari Segitiga Pariwisata Emas di India, dua kota lainnya yaitu Agra dan Delhi. 

5. Festival sastra gratis terbesar di dunia diadakan di Kota Jaipur

Masuk Situs Warisan Dunia UNESCO, Ini 6 Fakta Unik Kota Jaipur dailyo.in

Tak hanya terkenal di bidang pariwisata, Kota Jaipur juga merupakan pusat bagi para penggemar sastra di seluruh dunia. Bahkan Kota Jaipur merupakan tuan rumah salah satu festival sastra gratis terbesar di dunia, yaitu Jaipure Literature Festival (JLF).

Jaipur mulai menjadi tuan rumah sastra gratis terbesar di dunia sejak tahun 2006 hingga sekarang. Jaipur Literature Festival (JLF) merupakan tempat berkumpulnya para penulis, sastrawan, penyair, seniman, dan para penggemar sastra di seluruh dunia.

Jaipur Literature Festival (JLF) ini diadakan setiap bulan Januari. Para audiens di festival ini juga bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan tanda tangan langsung dari berbagai penulis yang diundang di festival sastra ini.

6. Rumah bagi dua Situs Warisan Dunia UNESCO, yaitu Jantar Mantar dan Benteng Amber

Masuk Situs Warisan Dunia UNESCO, Ini 6 Fakta Unik Kota Jaipur nativeplanet.com

Kota Jaipur merupakan rumah bagi dua Situs Warisan Dunia UNESCO, yaitu Jantar Mantar dan Benteng Amber. Jantar Mantar mulai dibangun di Jaipur sekitar tahun 1734 oleh Raja Jaipur saat itu, yaitu Sawai Jai Singh. Jantar Mantar ini merupakan kompleks dari 9 instrument astronomi arsitektur, yang merupakan tempat dimana seseorang bisa mengamati posisi astronomi dengan mata telanjang. 

Benteng Amber merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, yang berupa benteng dengan arsitektur India kuno, yang dibangun dengan menggunakan batu pasir merah dan putih. Benteng Amber ini lokasinya berada di Amer, Rajasthan, India. Lokasi benteng ini menghadap ke Danau Maota, yang merupakan sumber air di Istana Amer. 

Nah, itulah ulasan enam fakta unik Kota Jaipur, salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Destinasi Musim Dingin Kece di India, Wajib Masuk Bucket List!

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Hope is dream that doesn't sleep'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You