5 Hotel Terbaik Dekat Pusat Kuliner Pasar Gede Solo

Penginapan yang nyaman dekat pusat kuliner

Pasar Gede merupakan salah satu ikon Kota Solo. Pelancong dari penjuru kota mengunjungi Pasar Gede Solo untuk menikmati kuliner yang ada di dalam maupun di sekitar pasar. Tidak hanya bagi pelancong, kuliner di Pasar Gede pun juga menjadi favorit warga Surakarta.

Rata-rata, kuliner yang ditawarkan di Pasar Gede adalah kuliner tradisional. Dawet Telasih Bu Dermi, Nasi Liwet Bu Sri, tengkleng bakul, babi kuah pikul, gempol pleret, brambang asem, TFP Kopi Warung, Mie Gajah Mas, dan sebagainya akan memanjakan lidahmu selama berlibur di Kota Solo. 

Untuk mengefektifkan waktu selama singgah di Kota Solo, sebaiknya kamu memilih penginapan yang tidak jauh dari destinasi yang ingin kamu tuju. Jika kamu berencana untuk melancong ke Solo, berikut ini adalah beberapa rekomendasi hotel ternyaman di sekitar Pasar Gede yang bisa kamu pilih.

1. Petit Boutique Hotel Solo

5 Hotel Terbaik Dekat Pusat Kuliner Pasar Gede SoloPetit Boutique Hotel (petitboutiquehotelsolo.co.id)

Rekomendasi hotel yang pertama adalah Petit Boutique Hotel. Jarak hotel ini dengan Pasar Gede hanya sekitar 750 meter. Akses yang dekat ini bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki. Selain dekat dengan Pasar Gede, dekat pula dengan Stasiun Balapan yang berjarak sekitar 3 km. Menariknya lagi, hotel ini dekat dengan pusat oleh-oleh PGS, BTC, dan juga Pasar Klewer. 

Tidak hanya lokasinya yang strategis, hotel ini memiliki daya tarik di bagian interiornya. Saat menginap di sini, kita akan disuguhkan dengan nuansa Eropa yang sangat kental. Suasana kamar yang cozy dan clean membuat kita merasa nyaman beristirahat di hotel tersebut. Oh ya, hotel ini juga dilengkapi dengan restoran bergaya kolonial yang cantik banget!

Harga: Mulai dari Rp320 ribu

Alamat: Beteng Trade Center, Jalan Mayor Sunaryo, Nomor 4, Kedung Lumbu, Kota Surakarta

2. The Royal Surakarta Heritage

5 Hotel Terbaik Dekat Pusat Kuliner Pasar Gede SoloThe Royal Surakarta Heritage (all.accor.com)

Hotel berbintang 5 ini tentu menawarkan pelayanan dan fasilitas yang prima. Terletak strategis di pusat Kota Solo, hotel ini bisa jadi pilihanmu saat berlibur. Untuk mengakses Pasar Gede kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 600 meter. Dekat banget, kan? 

Berkonsep heritage, kamu akan disuguhkan dengan suasana tradisional khas Jawa Tengah yang sangat kental. Ornamen dan ukiran yang melekat di sekitar area hotel memberikan kesan yang mewah nan megah. The Royal Surakarta Heritage juga dilengkapi dengan fasilitas outdoor swimming pool yang kece banget. 

Harga: Mulai dari Rp550 ribu 

Alamat: Jalan Slamet Riyadi, Nomor 6, Kota Surakarta

Baca Juga: 18 Rekomendasi Kuliner Solo Terbaru dan Terenak, Siap Jajan?

3. Horison Aziza Solo

5 Hotel Terbaik Dekat Pusat Kuliner Pasar Gede SoloHorison Aziza Solo (myhorison.com)

Sebagai bagian dari Horison, hotel ini tidak perlu diragukan lagi kualitas dan pelayanannya. Setiap kamar di hotel ini dilengkapi dengan fasilitas sajadah dan Al-Qur'an. Selain itu, semua menu sarapan di sini terjamin halal. Pengalaman menginap di sini pun terasa sangat nyaman.

Makin seru, hotel juga dilengkapi dengan swimming pool untuk anak-anak. Dari hotel menuju ke Pasar Gede bisa diakses dengan berjalan kaki sekitar 750 meter. Kira-kira hanya memakan waktu 10 menit saja. 

Harga: Mulai dari Rp350 ribu 

Alamat: Jalan Kapten Mulyadi, Nomor 115, Kota Surakarta

4. Kusuma Sahid Prince Solo 

5 Hotel Terbaik Dekat Pusat Kuliner Pasar Gede SoloKusuma Sahid Prince Hotel (sahidhotels.com)

Karena jarak tempuhnya cuma 600 meter, kamu bisa berjalan kaki dari hotel ini ke Pasar Gede. So, kamu bisa menghemat ongkos berkeliling dan tentunya juga menghemat waktu. Desainnya yang cozy bikin kamu betah menginap di hotel ini.

Nuansa yang tenang akan memberikanmu kedamaian selama menginap di Kusuma Sahid Prince Hotel. Bangunan dan interiornya akan membawamu pada suasana klasik khas tradisional Jawa. Outdoor swimming pool yang luas di hotel ini bikin acara liburanmu makin asyik! 

Harga: mulai dari Rp480 ribu

Alamat: Jalan Sugiyopranoto, Nomor 20, Kota Surakarta

5. Hotel Trio

5 Hotel Terbaik Dekat Pusat Kuliner Pasar Gede SoloHotel Trio Solo (instagram.com/triohotelsolo)

Kalau kamu pencinta hotel klasik, kamu wajib menginap di hotel yang satu ini. Dibangun pada tahun 1932, Hotel Trio menawarkan pengalaman menginap yang seru. Dari luar sudah bisa kita lihat arsitektur bangunan hotel ini merupakan perpaduan budaya Cina, Jawa, dan Eropa. 

Meskipun terbilang jadul, hotel ini tetap terawat dan nyaman untuk beristirahat. Dominasi warna hijau pada hotel ini bikin suasana terasa sangat asri dan homey. Kabar baiknya, hotel ini dekat sekali dengan kuliner Pasar Gede, hanya 200 meter saja! 

Harga: mulai dari Rp250 ribu

Alamat: Jalan Jendral Urip Sumoharjo, Nomor 25, Kota Surakarta

Pasar yang terletak di tengah kawasan Pecinan ini memang memiliki daya tarik yang kuat. Menjelajahi kuliner di Pasar Gede tidak puas jika hanya satu hari. Untuk itu, pilihlah hotel yang berada di sekitarnya untuk menghemat budget. Fyi, dengan menginap di hotel ini kamu juga dekat dengan berbagai akses wisata, seperti keraton, pusat oleh-oleh Pasar Klewer, dan juga pusat jajanan malam Galabo. Tunggu apa lagi? Segera booking hotel favoritmu!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Kuliner di Pasar Gede Solo Enak dan Murah, Maknyus!  

elsamarchel Photo Verified Writer elsamarchel

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya