Comscore Tracker

5 Persiapan Travel Sketching, Kegiatan Pengisi Liburan

Memadukan hobi traveling dan sketching

Salah satu alternatif untuk menikmati liburan adalah dengan travel sketching. Ada banyak cara untuk mengabadikan momen saat kalian memutuskan untuk bervakansi. Memotret, menulis catatan perjalanan, dan travel sketching bisa kamu lakukan untuk merekam kejadian dan momen yang unik. 

Ngomong-ngomong soal travel sketching, kegiatan ini mulai menjamur di kalangan wisatawan. Tidak hanya untuk merekam momen dan pemandangan yang indah, travel sketching juga bisa menjadi ajang untuk menyalurkan hobi. Persiapkan beberapa hal berikut ini kalau kamu tertarik untuk travel sketching!

1. Siapkan alat dan media sketching yang praktis dibawa ke mana-mana

5 Persiapan Travel Sketching, Kegiatan Pengisi Liburanilustrasi alat sketching (pexels.com/Maahid Photos)

Tidak perlu membawa semua alat dan media yang ada di studio lukismu. Kamu hanya perlu membawa beberapa elemen saja yang sekiranya tidak membikin kamu ribet saat di lapangan. Kamu bisa mempersiapkan alat-alat andalanmu dalam versi mini. 

Cuaca di lapangan bisa berubah-ubah dengan tidak menentu. Jika tiba-tiba hujan, kamu gak akan kerepotan untuk memindahkan perkakasmu, deh. Beberapa alat yang penting adalah sketch book, pensil atau pena lukis, dan coloring.

2. Tentukan lanskap yang akan digambar

5 Persiapan Travel Sketching, Kegiatan Pengisi Liburanilustrasi sudut sketching (pexels.com/光曦 刘)

Kamu bisa gunakan kegiatan travel sketching ini sebagai ajang promosi pariwisata sebuah kota atau bangunan bersejarah. Jadi, pilihlah tempat-tempat yang menurutmu memiliki sudut unik dan indah. Setiap tempat pasti memiliki karakter dan vibes-nya masing-masing. Sebelum melukis, menyatukan diri dengan suasana sekitar adalah kunci.

Tidak hanya tentang menggambar, kamu juga bisa menangkap suasana dari tempat yang akan kamu kunjungi. Tidak perlu membandingkan hasil sketching dengan orang lain. Satu hal yang paling penting adalah kamu bisa menikmati momen saat menyalurkan hobi.

Baca Juga: 5 Skill Ini Bisa buat Kamu Jadi Travel Photographer Jempolan!

3. Lengkapi peralatanmu dengan media pendukung

5 Persiapan Travel Sketching, Kegiatan Pengisi Liburanilustrasi mendengarkan musik (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Mungkin ada sebagian dari kamu yang merasa kurang lengkap jika melakukan sketching tanpa mendengarkan musik. Kalau begitu, lengkapi dirimu dengan headset dan juga playlist favorit. Persiapkan dulu di awal agar kamu gak ribet di tengah momen sketching

Kamu juga bisa melengkapi diri dengan alas duduk atau kursi kecil agar semakin nyaman. Pilihlah sesuai dengan model dan warna favoritmu. Eits, jangan lupa juga siapkan camilan dan minuman.

4. Kenakan baju ternyaman untuk suasana outdoor

5 Persiapan Travel Sketching, Kegiatan Pengisi Liburanilustrasi memilih baju (pexels.com/Liza Summer)

Kenakanlah pakaian yang nyaman seperti saat kamu sedang di dalam studio lukis. Namun bedanya, kamu perlu memperhatikan bahan pakaian yang cocok untuk outdoor. Langkah pertama, perkirakanlah cuacanya, apakah cenderung dingin atau terik. 

Untuk cuaca dingin dan berangin, kamu bisa memilih pakaian hangat, seperti sweater, hoodie, cardigan, dan sebagainya. Kemudian, jika cuaca terik, kamu bisa memilih pakaian yang berbahan katun dan berwarna cerah. Jangan sampai saltum, ya.

5. Siapkan mental jika ada beberapa orang yang mengerumunimu untuk melihat proses sketching

5 Persiapan Travel Sketching, Kegiatan Pengisi Liburanilustrasi mengundang perhatian (pexels.com/Matheus Bertelli)

Kamu perlu menyiapkan mental jika tiba-tiba ada sebagian pengunjung wisata yang mendekati. Biasanya mereka penasaran dengan apa yang sedang kamu lakukan. Selain itu, mereka juga ingin melihat proses dan hasil dari sketching-mu.

Perlu disadari bahwa fenomena itu suatu saat pasti akan terjadi padamu. Kegiatan travel sketching ini akan menarik atensi masyarakat sekitar. So, buat kamu yang kurang nyaman diperhatikan orang lain, jangan kaget, ya.

Travel sketching bukanlah suatu hal yang baru. Kegiatan ini adalah cara lain untuk merekam momen dan peristiwa. Pengin mencoba sesuatu yang berbeda saat liburan tiba? Siapkan alat dan media travel sketching-mu sekarang juga!

Baca Juga: 9 Potret Instagramable Maria Rahajeng saat Liburan, bak Travel Blogger

elsamarchel Photo Verified Writer elsamarchel

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya