Comscore Tracker

6 Wisata Spektakuler Arizona, Amerika Serikat yang Wajib Dikunjungi

Asyiknya berwisata menguak rahasia Glen Canyon

Arizona merupakan kawasan yang berada di daerah barat daya Amerika Serikat. Memerlukan waktu kurang lebih 8 jam perjalanan darat dari pusat Kota Los Angeles. 

Negara bagian ini termasuk ke dalam salah satu kawasan yang selalu memiliki lanskap langit biru indah tidak berawan. Berwisata dengan bentang alam yang jarang terjajah di tengah-tengah peradaban yang maju pastinya akan sangat menyenangkan.

Berikut terdapat 6 destinasi wisata spektakuler Arizona yang wajib untuk dikunjungi. Ada apa saja? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

1. Antelope Canyon

6 Wisata Spektakuler Arizona, Amerika Serikat yang Wajib DikunjungiAntelope Canyon (pixabay.com/whitejack012)

Pada urutan pertama terdapat Antelope Canyon. Bagi wisatawan yang datang kemari akan berasa seperti di dunia fantasi batu pasir yang menakjubkan.

Pada dasarnya Antelope Canyon ialah sebuah ngarai yang terbentuk akibat adanya erosi yang kemudian diukir oleh angin selama bertahun-tahun. Antelope Canyon berada di daerah Tanah Navajo sebelah Timur Page Arizona, barat daya Amerika.

Untuk menyusuri Ngarai Antelope Canyon hanya dapat melalui tur berpemandu resmi. Dari kota Page para wisatawan dapat menggunakan transportasi mobil truk disertai dengan pemandu wisata untuk menuju ke Antelope Canyon.

Di sini para wisatawan dapat menjelajahi keindahan ngarai dan tentu saja berfoto. Pemandangan terbaik pada saat berfoto ketika akhir bulan Maret dan awal bulan Oktober sebab sinar matahari paling sering muncul selama musim panas. 

2. Horseshoe Bend

6 Wisata Spektakuler Arizona, Amerika Serikat yang Wajib DikunjungiHorseshoe Bend (pixabay.com/pkh470)

Horseshoe Bend merupakan wisata bentang alam terkenal dari Sungai Colorado. Tidak jauh berbeda dengan destinasi wisata sebelumnya yakni Antelope Canyon, Horseshoe Bend juga termasuk ke dalam ngarai berbentuk unik yang di sekitarnya dialiri oleh air dari Sungai Colorado.

Untuk dapat melihat keindahan Horseshoe Bend dengan air kristal berwarna biru kehijauan ini para wisatawan dapat dengan mudah melihat ke bawah sebab batas tepi yang tidak berpenghalang.

Tur ke lokasi yang luar biasa ini dapat mencakup pendaratan pesawat (helikopter) dan banyak penjelajahan darat dengan berjalan kaki. Namun, cara fantastis untuk tur wisata ini sekaligus menghindari keramaian adalah dari langit menggunakan tur pesawat (helikopter).

Tur pesawat ini tidak hanya dapat diakses melalui kota Page saja, tetapi dapat juga diakses melalui kota Las Vegas setiap harinya, lho!

3. Glen Canyon Dam

6 Wisata Spektakuler Arizona, Amerika Serikat yang Wajib DikunjungiGlen Canyon Dam (pixabay.com/ArtTower)

Bendungan Glen Canyon atau lebih akrab disebut dengan Glen Canyon Dam dibangun untuk memanfaatkan kekuatan Sungai Colorado dan sebagai penyedia kebutuhan air sekaligus listrik masyarakat di bagian barat terkhususnya pada saat kekeringan melanda.

Perlu diketahui bahwa bendungan yang satu ini merupakan bendungan lengkur beton tertinggi kedua di Amerika Serikat setelah Bendungan Hoover yang memiliki ketinggian 726 kaki sedangkan Bendungan Glen Canyon 710 kaki.

Danau Powell menjadi salah satu wisata air spektakuler sekaligus menjadi danau buatan terbesar pula di Amerika akibat dari adanya pembangunan Glen Canyon Dam ini. Kedua destinasi wisata indah tersebut terletak di Kawasan Rekreasi Nasional Glen Canyon.

Para wisatawan dapat berkunjung kemari setiap harinya pada jam kerja 8 pagi hingga 5 petang ketika musim panas dan pukul 8.30 pagi hingga 5 petang waktu setempat.

 

Baca Juga: 5 Fakta Menakjubkan Grand Canyon, Tebing Arizona yang Eksotis

4. Glen Canyon National Recreation Area

6 Wisata Spektakuler Arizona, Amerika Serikat yang Wajib DikunjungiGlen Canyon Recreation Area (instagram.com/shyamese)

Rekreasi Nasional Glen Canyon atau Glen Canyon National Recreation Area merupakan wisata alam yang membentang mulai dari awal Grand Canyon di Lees Ferry, Arizona hingga Orange Cliffs, Utah selatan. Wisatawan bisa berwisata air dan penjelajahan anti mainstream pada saat berkunjung kemari.

Gerakan keselarasan lingkungan modern dan pemandangan alam yang belum tereksplor merupakan poin lebih spektakuler Glen Canyon National Recreation Area. Oleh karenanya poin lebih ini mencakup pemandangan indah, keajaiban geologis, dan panorama sejarah manusia.

Namun, disarankan bagi para wisatawan yang hendak berkunjung menuju Glen Canyon National Recreation Area untuk dapat lebih memperhatikan cuaca dan iklim sesuai dengan waktu berkunjung. Sebab terkadang terdapat beberapa musim yang tidak bersahabat, seperti pada bulan Juni hingga Agustus yang pada umumnya sering terjadi musim panas ekstrim.

 

5. Vermilion Cliffs

6 Wisata Spektakuler Arizona, Amerika Serikat yang Wajib DikunjungiVermilion Cliffs (instagram.com/thegiantleprechaun)

Seperti deja vu ketika melihat Vermilion Cliffs bukan? Tenang ini bukan deja vu sebab Vermilion Cliffs memang menjadi salah satu ngarai yang paling banyak diabadikan dalam berbagai foto walaupun hanya sebagaian kecil saja.

Vermilion Cliffs atau Monumen Nasional Vermillion Cliffs ialah sebuah ngarai yang memiliki celah berpasir disertai dengan formasi batuan menarik dan bermil-mil jalan setapak yang tidak berjejak.

Hiking dapat menjadi salah satu kegiatan terbaik yang dapat dilakukan di Vermilion Cliffs. Terutama bagi para wisatawan yang mengutamakan kedamaian menjelajahi rute perjalanan asing daripada rute perjalanan terpadu. Terlebih lagi kedamian dan kesendirian merupakan poin lebih sekaligus utama dari destinasi ini. Oleh sebab itu, Vermilion Cliffs wajib untuk dikunjungi ketika berada di Amerika.

6. Bear Canyon Lake

6 Wisata Spektakuler Arizona, Amerika Serikat yang Wajib DikunjungiBear Canyon Lake (instagram.com/instagramaz)

Menenangkan, sepi, terpencil, dan terhubung oleh pemandangan ngarai merupakan salah satu pesona dari Bear Canyon Lake. Destinasi Bear Canyon Lake termasuk ke dalam salah satu danau terindah yang recommended banget untuk dikunjungi terlebih lagi sebagai spot pemancingan.

Danau ini dikelola oleh Arizona Game and Fish Department, di mana setiap tahunnya Arizona dan Fish Department menyediakan ukuran ikan trout pelangi yang dapat ditangkap sekitar enam kali dalam satu tahun.

Para wisatawan dapat berkunjung menuju Bear Canyon Lake secara free. Walaupun begitu fasilitas yang tersedia di sini cukup lengkap di antaranya yaitu toilet, tenda, dan daerah berkemah terkecuali air bersih. Sehingga, wisatawan disarankan untuk dapat membawa air bersih dalam kemasan sendiri. Namun tidak perlu khawatir, keterbatasan ini malah akan dapat membuat keseruan datang tanpa henti lho!

Itulah 6 destinasi spektakuler Arizona yang menyimpan banyak misteri di balik keindahannya. Manakah destinasi terfavorit yang mengundang adrenalinmu?

Baca Juga: 7 Hidangan Sarapan Khas Amerika Serikat yang Paling Terkenal, Praktis!

Elvina Ekaningtyas Photo Writer Elvina Ekaningtyas

"Not Just Study Hard but Also Study Smart"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya