Comscore Tracker

7 Tempat Terisolasi di Dunia yang Sampai Sekarang Gak Ada di Peta

Cuma bisa lihat dari jauh nih!

Pernahkah kamu berpikir bahwa di luar sana masih banyak sekali tempat-tempat yang tidak berpenghuni? Bahkan keberadaannya tidak dapat dilihat melalui peta. Karena memang tidak semua tempat di muka bumi ini terdapat di peta.

Nyatanya masih banyak sekali tempat-tempat yang belum terjangkau sehingga sulit untuk memetakannya. Bisa dibilang tempat-tempat tersebut terisolasi dan tidak berpenghuni. Seperti ketujuh tempat di bawah ini yang keberadaannya belum tertulis dalam peta.

1. Vale do Javari, Brazil

7 Tempat Terisolasi di Dunia yang Sampai Sekarang Gak Ada di Petamentalfloss.com

Meski termasuk salah satu tempat paling terisolasi di dunia, ternyata Vale do Javari masih berpenghuni. Menurut Mental Floss, terdapat sekitar 14 suku yang belum diketahui namanya yang menghuni tempat ini. Suku tersebut tercatat datang dari Amazon. Tempat ini sendiri seluas Austria atau sekitar 33.000 mil².

Sampai sekarang belum diketahui alasan mengapa Vale do Javari masih belum ada di peta. Mungkin karena tempatnya yang sangat terisolasi atau larangan dari suku yang mendiaminya.

2. Gua Yukatan

7 Tempat Terisolasi di Dunia yang Sampai Sekarang Gak Ada di Petasergeynovikov.com

Gua dan danau Yucatan terletak di Meksiko. Panjangnya sekitar ribuan kilometer. Danau indah ini nyatanya belum pernah dijelajahi semenjak munculnya bangsa Maya. Sampai sekarang pun keberadaannya belum muncul di peta. Beruntung kita dapat melihatnya karena jasa photographer pemberani yang rela mempertaruhkan nyawa mereka.

Salah satu photographer, Klaus Thymann, yang pernah datang ke danau ini mengatakan jika danau Yucatan menopang 11 ekosistem yang berbeda.

3. Gangkhar Puensum, China

7 Tempat Terisolasi di Dunia yang Sampai Sekarang Gak Ada di Petawikipedia.com

Kemungkinan Gangkhar Puensum merupakan gunung tertinggi yang sama sekali belum pernah didaki. Sampai sekarang pun belum diketahui berapa ketinggiannya. Gunung ini keberadaannya juga belum tercatat di peta. Hal ini karena alasan spiritual. China menolak gunung ini dipetakan karena untuk menjaga kesakralannya.

Baca Juga: Awas Terpanggang! Ini 7 Tempat Terpanas di Dunia, Kamu Gak Akan Kuat

4. Patagonia, Argentina dan Chile

7 Tempat Terisolasi di Dunia yang Sampai Sekarang Gak Ada di Petaviator.com

Menurut Geospatial World, daerah Patagonia didominasi oleh hutan hujan dan gletser. Es di daerah ini juga dikatakan sama dengan es yang terdapat di kutub utara. Sampai sekarang Patagonia belum muncul di peta karena terlalu berbahaya dan sulit untuk meneliti daerah sekitar.

5. Cape Melville, Australia

7 Tempat Terisolasi di Dunia yang Sampai Sekarang Gak Ada di Petaqueensland.com

Cape Melville merupakan daerah di Australia yang dilarang untuk dikunjungi. Di sekelilingnya bahkan dibangun tembok pembatas yang terbuat dari batu granit. Hal ini bertujuan untuk melindungi habitat di dalamnya. Karena hal tersebut, sampai sekarang Cape Melville belum terpetakan.

6. Pulau Sentinel Utara, India

7 Tempat Terisolasi di Dunia yang Sampai Sekarang Gak Ada di Petaforbes.com

Karena suku pedalaman yang mendiami pulau ini sangat melarang keras orang asing untuk masuk, sampai sekarang keberadaan pulau Sentinel Utara belum tercatat di peta. Baik dalam peta offline maupun digital. Sampai saat ini pun belum ada yang tahu seperti apa pemandangan di dalam pulau terisolasi ini.

7. Northern Forrest Complex, Myanmar

7 Tempat Terisolasi di Dunia yang Sampai Sekarang Gak Ada di Petatravelview.com

Karena keberadaannya yang sulit dijangkau, hutan ini sangat terisolasi. Namun, kebanyakan spesies susah bertahan hidup karena perubahan iklim ekstrem. Pemerintah Myanmar sendiri berusaha untuk mempertahankan habitat di dalamnya.

Tetapi karena keterbatasan akses, pemerintah tidak dapat melakukan hal lebih. Sehingga saat ini keberadaan hutan ini sudah tidak ada lagi. Sehingga bisa dibilang hutan ini hilang sebelum sempat dipetakan.

Nah, itulah tujuh tempat paling terisolasi di dunia yang sampai sekarang keberadaanya belum ada di peta. Kira-kira kamu berani untuk menjelajahinya gak nih?

Baca Juga: 5 Tempat Terbengkalai di Bali yang Bisa Kamu Jadikan Destinasi Wisata!

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya