Comscore Tracker

10 Destinasi Wisata Unik di Kotagede Yogyakarta yang Ngangenin Banget

Kamu sudah pernah ke sana?

Kalau jalan-jalan ke Yogyakarta, jangan pernah lupa mampir ke Kotagede. Kotagede merupakan sebuah kecamatan yang masih menyisakan peninggalan kerajaan Mataram Islam di masa lalu. Masyarakat yang tinggal di tempat ini begitu ramah.

Area ini terkenal sebagai sentra kerajinan perak di Yogya. Namun, itu hanya sebagian kecil keistimewaan Kotagede. Karena ternyata ada 10 tempat lain yang wajib kamu kunjungi saat bertandang ke Kotagede, Yogyakarta. Apa saja ya kira-kira?

1. Lapangan Karang

10 Destinasi Wisata Unik di Kotagede Yogyakarta yang Ngangenin Bangetthetumbuhblog.com

Namanya Lapangan Karang, tetapi bukan berarti tempat ini dipenuhi bebatuan terjal seperti tebing pantai. Lapangan ini justru menjadi pusat aktivitas warga yang berolahraga di sore hari.

Para siswa dari sekolah, klub, bahkan para orangtua sering mengadakan pertandingan sepak bola. Menjelang malam, aktivitas olahraga tergantikan oleh wisata kuliner andalan. Sate sapi Kotagede yang berkuah gurih nan lezat bertebaran di sini.

2. Masjid Agung Kotagede

10 Destinasi Wisata Unik di Kotagede Yogyakarta yang Ngangenin Bangetpendarku.com

Setiap area yang mayoritas penduduknya muslim, pasti mempunyai masjid agung. Selain dipergunakan sebagai tempat ibadah, masjid juga digunakan sebagai tempat untuk membicarakan kepentingan masyarakat secara luas.

Itulah kenapa Masjid Agung Kotagede selalu lekat di hati masyarakat sekitar. Masjid ini juga menjadi peninggalan sejarah yang berharga.

3. Rumah Pesik

10 Destinasi Wisata Unik di Kotagede Yogyakarta yang Ngangenin Bangetpesonaindo.com

Rumah Pesik adalah sebuah bangunan dengan beton tebal yang memiliki hiasan ornamen Mataram Islam. Bangunan ini hasil gabungan arsitektur Belanda, Jawa, dan Islam.

Rumah Pesik konon adalah peninggalan orang Kalang. Mereka adalah keturunan Bali yang berperan penting di Kerajaan Mataram Islam. Mereka pedagang sukses, kaya turun-temurun, dan berjiwa seni tinggi.

4. Langgar Dhuwur

10 Destinasi Wisata Unik di Kotagede Yogyakarta yang Ngangenin Bangetsketsabudaya.com

Langgar Dhuwur adalah sebuah musala yang terletak di tempat tinggi. Dahulu, banyak sekali Langgar Dhuwur yang terletak di Yogya. Kini, hampir semuanya lenyap. Salah satu yang tersisa adalah di Kotagede.

Baca juga: 7 Pantai Keren di Jawa Barat, Kamu Sudah Pernah ke Sini?

5. Sendang Kakung Lan Putri

10 Destinasi Wisata Unik di Kotagede Yogyakarta yang Ngangenin Bangetalannobita.com

Nama tunggalnya adalah Sendang Seliran. Tempat ini berada di kompleks masjid Mataram. Ada dua sumber mata air di sini, namanya Sendang Kakung dan Sendang Putri. Pastikan kamu juga ke sini ya.

6. Keraton Mataram

10 Destinasi Wisata Unik di Kotagede Yogyakarta yang Ngangenin Bangettraveling-kiancantik.com

Keraton Mataram adalah pusat pemerintahan kerajaan Mataram Islam sejak sebelum Sultan Agung Prabu Hanyokrokusumo. Keraton Mataram ini berbeda dengan keraton saat ini yang dipakai keluarga Kerajaan Sultan Hamengku Buwono.

7. Pasar Legi Kotagede

10 Destinasi Wisata Unik di Kotagede Yogyakarta yang Ngangenin Bangetirmaritagusmaranti.com

Pusat aktivitas jual beli di wilayah Kotagede dan sekitarnya memang ada di sini. Banyak orang tumpah ruah di pasar ini. Apalagi ketika tiba hari Legi di penanggalan Jawa. Kamu bakal makin sudah untuk bergerak di pasar, karena padat dan penuh sesak.

8. Rumah Kanthil Kotagede

10 Destinasi Wisata Unik di Kotagede Yogyakarta yang Ngangenin Bangetcitralekha.com

Rumah Kanthil adalah markas Yayasan Kanthil. Yayasan yang dibuat oleh Pak Natsir ini merupakan wadah rembug (diskusi) para pemuda asli Kotagede. Mereka berkumpul untuk berunding bagaimana berbuat kebaikan untuk daerah tersebut, termasuk mengumpulkan data tentang budaya Jawa saat Mataram Islam.

9. Gang-gang sempit di kompleks perumahan Kotagede

10 Destinasi Wisata Unik di Kotagede Yogyakarta yang Ngangenin Bangetarchiculturaltourism.com

Sela-sela jalan antar rumah di kompleks Kotagede sering dikatakan sempit, karena hanya bisa dilalui dua orang. Namun, hal ini justru membuat romantis terasa berbeda.

10. Sentra Cokelat Monggo

10 Destinasi Wisata Unik di Kotagede Yogyakarta yang Ngangenin Bangetrspnote.com

Setelah lelah berkeliling, mampirlah membeli cokelat Monggo. Pusat cokelat spesial buatan bule yang jatuh cinta dengan budaya Yogya ini memang hanya ada di Kotagede. Selain showroom, kamu juga bisa melihat proses produksinya di sana.

Jadi, mau ke mana dulu nih kita?

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Seru di Kabupaten Lamongan, Asyiknya Bikin Betah

Topic:

  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya