Comscore Tracker

10 Tempat Piknik Asyik yang Tak Boleh Dilewatkan Kalau Kamu ke Solo!

Jadi pengen segera packing nih!

Solo dekat sekali dengan Jogja. Ia juga memiliki segudang tempat wisata yang menawan jiwa. Akses transportasinya pun lumayan mudah, beda dengan dengan Jogja yang pasti macet sewaktu musim liburan.

Jadi, Solo bisa menjadi destinasi wisata yang tak kalah seru dibanding Jogja. Berikut 10 tempat piknik yang wajib kamu kunjungi kalau jalan-jalan ke Solo.

1. Berburu foto profil yang keren di Keraton Kasunanan Hadiningrat.

10 Tempat Piknik Asyik yang Tak Boleh Dilewatkan Kalau Kamu ke Solo!exploringnation.com

Solo sama dengan Yogyakarta, merupakan daerah yang terbentuk dari kerajaan. Terdapat tempat tinggal raja yaitu Keraton Kasunanan Hadiningrat. Keraton Kasunanan Hadiningrat menjadi tempat diadakannya acara budaya, semisal peringatan Maulid Nabi dengan Sekaten dan arakan kebo Kyai Slamet. Kamu juga bisa menjumpai berbagai peninggalan sejarah berupa pusaka dan desain arsitektur lama di dalamnya.

2. Museum Batik Danar Hadi.

10 Tempat Piknik Asyik yang Tak Boleh Dilewatkan Kalau Kamu ke Solo!jalansolo.com

Danar Hadi adalah trademark batik Kota Solo. Kamu juga bisa menjumpai berbagai desain batik lama yang cantik. Pengelola museum selalu berusaha melengkapi koleksinya dengan berburu batik dari berbagai penjuru Nusantara. Alamat museum batik ini ada di Jalan Slamet Riyadi nomor 261.

3. Berlatih menawar barang di Pasar Klewer.

10 Tempat Piknik Asyik yang Tak Boleh Dilewatkan Kalau Kamu ke Solo!beritadaerah.co.id

Pasar Klewer sebenarnya adalah sentra bahan konveksi di Solo. Mulai dari kain, batik, dan pakaian. Suatu tantangan tersendiri berbelanja di pasar adalah memperoleh harga yang ramah di kantong. Karena itu, cobalah berlatih menawar di Pasar Klewer. Datang saja ke daerah Timuran, Banjarsari.

4. Srawung budaya di Taman Balekambang.

10 Tempat Piknik Asyik yang Tak Boleh Dilewatkan Kalau Kamu ke Solo!surakarta.go.id

Taman Balekambang terkadang digunakan sebagai tempat perhelatan event budaya. Contohnya acara "Semarak Budaya Indonesia" yang diadakan oleh Forum Pemuda Indonesia Kreatif. Kamu bisa menikmati suguhan tarian atau berbagai bentuk budaya lain di Taman Balekambang. Letaknya dekat dengan Pasar Klewer, yaitu di Jalan Balekambang nomor 1, Banjarsari.

5. Mengamati satwa di Kebun Binatang Taru Jurug.

10 Tempat Piknik Asyik yang Tak Boleh Dilewatkan Kalau Kamu ke Solo!beritadaerah.co.id

Kebun Binatang Taru Jurug masih berada dalam wilayah Solo. Lokasinya ada di tepi sungai Bengawan Solo dan berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar. Merupakan destinasi wisata favorit keluarga Solo.

Baca Juga: Ini Alasannya Kenapa Cewek Solo adalah Istri Idaman!

6. Berkelana ke masa lalu lewat Museum Radya Pustaka.

10 Tempat Piknik Asyik yang Tak Boleh Dilewatkan Kalau Kamu ke Solo!irfandazis.wordpress.com

Lokasinya ada di dekat Taman Sriwedari Solo. Museum ini masuk dalam salah satu museum tertua yang menyimpan barang peninggalan kerajaan Mataram. Salah satu koleksi langkanya adalah keramik porselen dari Napoleon Bonaparte untuk Sri Susuhunan Pakubuwono IV.

7. Belanja malam di Ngarsopuro Night Market.

10 Tempat Piknik Asyik yang Tak Boleh Dilewatkan Kalau Kamu ke Solo!hujanpelangi.com

Ngarsopuro berada di sepanjang Jalan Diponegoro. Saat malam tiba, daerah ini berubah menjadi sebuah pasar. Namun itu hanya bisa dijumpai saat Sabtu-Minggu. Tetapi kamu juga bisa datang sewaktu hari biasa dan menemukan tempat ini sebagai lokasi nongkrong anak muda.

8. Beli pengganjal perut malam hari di Galabo.

10 Tempat Piknik Asyik yang Tak Boleh Dilewatkan Kalau Kamu ke Solo!id.wikipedia.org

Galabo adalah singkatan Gladak Langen Bogan yang artinya kira-kira "pusat kuliner malam hari". Ada outlet yang menyediakan makanan berat, ada juga outlet yang menjual makanan ringan. Lokasinya ada di sepanjang jalan depan Pusat Grosir Solo, sebelah timur Alun-alun Utara Kota Solo.

9. Piknik santai di Taman Sriwedari.

10 Tempat Piknik Asyik yang Tak Boleh Dilewatkan Kalau Kamu ke Solo!hermionewulohering.blogspot.in

Taman Sriwedari adalah situs bersejarah perkembangan budaya Kota Solo. Taman ini kerap dipakai untuk pertunjukan budaya macam ketoprak, berbagai jenis wayang, dan lain-lain. Kini kamu bisa menemui water park dan banyak wahana anak-anak di sini. Taman Sriwedari dapat kamu kunjungi di Jalan Slamet Riyadi.

10. Mengunjungi Pura Mangkunegaran.

10 Tempat Piknik Asyik yang Tak Boleh Dilewatkan Kalau Kamu ke Solo!surakarta.go.id

Pura Mangkunegaran adalah pecahan dari Kasunanan Surakarta yang dipecah lewat Perjanjian Salatiga tahun 1755. Istana Mangkunegaran ini kerap dijadikan sebagai sanggar tari untuk belajar menari Beksan bersama. Selain itu juga sering diadakan pementasan tari tersebut. Ada juga acara Mangkunegaran Art Festival yang berisi festival kesenian. Pura Mangkunegaran ada di Jalan Ronggowarsito.

Tunggu apa lagi, yuk beranjak jalan-jalan ke Solo!

Baca Juga: Selusin Kenyamanan yang Hanya Bisa Dirasakan di Kota Solo!

Topic:

Berita Terkini Lainnya