Comscore Tracker

15 Serpihan Surga di Banyuwangi yang Bikin Kamu Pengen Cepet-cepat Packing!

Surga di atas bumi

Banyuwangi, salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur tenyata menyimpan serpihan surga. Tempat paling timur pulau Jawa ini wajib kamu kunjungin minimal sekali seumur hidup. Banyuwangi menyimpan tempat-tempat istimewa.

Alam yang masih asri mulai dari pantai, savana, gunung dan banyak lagi. Berikut 15 tempat wisata andalan Banyuwangi yang wajib kamu kunjungi sekali seumur hidupmu!

1. Desa Adat Kemiren

15 Serpihan Surga di Banyuwangi yang Bikin Kamu Pengen Cepet-cepat Packing!Sumber gambar: semangatbanyuwangi.com

Desa Adat Kemiren memiliki kekhasan tersendiri dari budaya suku Osing. Desa ini terletak di Kecamatan Glagah di Banyuwangi. Di sana bakal ada rumah adat berusia seratus tahun, pertunjukan tari Barong Kemiren, upacara Ider Desa dan lain sebagainya.

2. Wisata Kali Badeng

15 Serpihan Surga di Banyuwangi yang Bikin Kamu Pengen Cepet-cepat Packing!Sumber gambar: kupukuningtours.blogspot.com

Kali Badeng memiliki debit air dalam jumlah besar yang berasal dari Gunung Raung. Sungainya lumayan menantang dengan batuan kecil dan besar yang membuat arus Kali Badeng makin asyik untuk bermain air. Sekelilingnya juga penuh dengan hamparan hutan pinus.

3. Air Terjun Jagir Kampung Anyar

15 Serpihan Surga di Banyuwangi yang Bikin Kamu Pengen Cepet-cepat Packing!Sumber gambar: travelmatekamu.com

Lokasi Air Terjun Jagir Kampung Anyar ada di Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah. Ada tiga air terjun dalam lokasi ini. Masyarakat sering memanggilnya dengan nama Air Terjun Kembar, Air Terjun Saudara dan lain-lain. 

4. Pantai Rajegwesi

15 Serpihan Surga di Banyuwangi yang Bikin Kamu Pengen Cepet-cepat Packing!Sumber Gambar: www.penabiru.com

Pantai Rajegwesi terkenal karena keasriannya. Pasirnya putih, air laut yang bening dan rimbunnya pepohonan di pinggir pantai. Meski sering dipakai warga untuk beraktivitas wisata dan pangkalan kapal nelayan, laut ini tetap indah dipandang mata.

5. Pantai Parang Kursi

15 Serpihan Surga di Banyuwangi yang Bikin Kamu Pengen Cepet-cepat Packing!Sumber Gambar: backpackerswbjatim.blogspot.com

Meskipun tidak seasri Pantai Rajegwesi, tetapi pantai ini mempunyai pesonanya tersendiri yang unik. Pantai ini memiliki bentang bibir pantai yang luas. Namanya diambil dari bentuk bebatuan yang seolah mirip kursi singgasana.

6. Wisata Mangrove Blok Bedul

15 Serpihan Surga di Banyuwangi yang Bikin Kamu Pengen Cepet-cepat Packing!Sumber Gambar: titinwulan.wordpress.com

Saat ke Banyuwangi, kamu juga dapat mengunjungi hutan mangrove ini di Dusun Bloksolo, Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo. Hutan ini sebenarnya termasuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Wisata Mangrove Blok Bedul ini memberikan pesona tersendiri, serasa mirip dengan menyusuri Sungai Amazon di Brasil.

7. Savana Sadengan

15 Serpihan Surga di Banyuwangi yang Bikin Kamu Pengen Cepet-cepat Packing!Sumber Gambar: triangleofdiamond.blogspot.com

Luas savana ini sampai 80 hektar. Masih menjadi satu kesatuan dengan Taman Nasional Alas Purwo. Kamu bisa menemukan berbagai satwa unik; banteng, rusa, ajag, kijang, macan tutul dan berbagai spesies burung.

Baca Juga: Alasan-alasan Kenapa Banyuwangi Patut Jadi Ikon Wisata Indonesia

8. Pantai Sukamade

15 Serpihan Surga di Banyuwangi yang Bikin Kamu Pengen Cepet-cepat Packing!Sumber Gambar: www.yukpegi.com

Tempat ini punya panggilan unik, yaitu istana penyu. Dari total enam spesies penyu di dunia, empat diantaranya dapat ditemukan di sini; Penyu Slengkrah, Penyu Belimbing, Penyu Sisik dan Penyu Hijau. Kamu bakal menyesal kalau kamu gak pernah ke sana!

9. Taman Wisata Savana Baluran

15 Serpihan Surga di Banyuwangi yang Bikin Kamu Pengen Cepet-cepat Packing!Sumber gambar: banyuwangibagus.com

Baluran adalah Afrika-nya Indonesia. Kamu yang mengaku suka jalan-jalan wajib ke sana, setidaknya sekali seumur hidup. Di savana ini, kamu bisa menikmati pemandangan hijau atau kadang hewan-hewan yang berkeliaran bebas. Mulai dari kerbau, monyet, rusa atau bahkan burung-burung indah.

10. Bangsring Underwater

15 Serpihan Surga di Banyuwangi yang Bikin Kamu Pengen Cepet-cepat Packing!Sumber gambar: banyuwangibagus.com

Lokasi Bangsring Underwater ada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Kamu akan terkejut dengan pemandangan terumbu karang dan ikan yang berwarna-warni. Snorkeling di tempat ini bikin kamu tak mau pulang deh!

11. Pantai Watu Dodol

15 Serpihan Surga di Banyuwangi yang Bikin Kamu Pengen Cepet-cepat Packing!Sumber gambar: indonesia-tourism.com

Pantai Watu Dodol sudah lumayan modern karena ada berbagai fasilitas penunjang pariwisata. Meski begitu, ia terkenal akan lansekap seberang lautan yang menampakan Pulau Bali.

12. Pantai Wedi Ireng

15 Serpihan Surga di Banyuwangi yang Bikin Kamu Pengen Cepet-cepat Packing!Sumber gambar: surabaya.panduanwisata.id

Ketika banyak pantai di Banyuwangi ditunjukan dengan pasir berwarna putih, pantai Wedi Ireng malah penuh dengan batuan warna hitam. Matamu akan dimanja oleh pemandangan tebing di sepanjang pantai yang mirip dengan Raja Ampat.

13. Pertunjukan Tari Gandrung, Banyuwangi

15 Serpihan Surga di Banyuwangi yang Bikin Kamu Pengen Cepet-cepat Packing!Sumber Gambar: www.semangatbanyuwangi.com

Tari Gandrung adalah pertunjukan khusus yang diadakan di Pantai Boom. Lokasinya bisa dicapai dengan moda transportasi apapun karena dekat dengan pusat kota.

14. Kawah Ijen

15 Serpihan Surga di Banyuwangi yang Bikin Kamu Pengen Cepet-cepat Packing!Sumber Gambar: tempatberwisatamurah.com

Kawah Ijen terkenal karena menyemburkan api biru dan penuh dengan belerang. Untuk mencapai ke puncak, kamu gak mendaki dengan jangka waktu sekitar 4-5 jam. Selain itu, untuk menikmati blue fire, kamu harus mendaki tengah malam. 

15. Pantai Plengkung

15 Serpihan Surga di Banyuwangi yang Bikin Kamu Pengen Cepet-cepat Packing!Sumber Gambar: www.republikwisata.info

Pantai Plengkung merupakan destinasi surfing internasional. Udaranya yang semilir dan pemandangan yang ciamik juga bikin kamu betah di sana. 

Nah, siap-siap untuk merencanakan ke sana? 

Baca Juga: Kenapa Masyarakat Banyuwangi Patut Berbangga Punya Abdullah Azwar Anas

Topic:

Berita Terkini Lainnya