Comscore Tracker

Cara Menyewa dan Tarif Gerbong Kereta Wisata buat Liburan Rombongan

Bisa ajak keluarga atau sahabat wisata bareng

Kereta wisata atau KAI Wisata merupakan salah satu produk PT Kereta Api Pariwisata merupakan anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) yang didirikan untuk menyediakan barang atau jasa bermutu tinggi, serta berdaya saing kuat pada bidang pariwisata kerta api di wilayah Indonesia.

PT Kereta Api Pariwisata menyediakan kereta wisata (kawis) yang melayani rute lintas Jawa dengan nama-nama yang unik, yakni Nusantara, Bali, Toraja, Sumatera, dan Jawa. Rangkaian atau gerbong kereta wisata ada yang menyatu dengan kereta reguler ada pula yang memiliki rangkaian serta jadwal sendiri. 

Kamu ada rencana jalan-jalan bersama rombongan keluarga, sahabat, atau bahkan rekan kerja dengan menyewa gerbong kereta wisata? Simak cara menyewa gerbong kereta wisata di bawah ini, berikut tarif dan fasilitasnya, yuk!

1. Pesan langsung ke konter KAI Wisata

Cara Menyewa dan Tarif Gerbong Kereta Wisata buat Liburan Rombonganilustrasi penumpang kereta api (dok. PT KAI)

Salah satu cara menyewa gerbong KAI Wisata atau kereta wisata adalah langsung menuju konter yang tersebar di tiga stasiun berbeda, antara lain:

Konter Stasiun Gambir
Alamat: Stasiun Gambir, Lantai Dasar, Pintu Utara, Jalan Merdeka Timur Nomor 17, Jakarta Pusat
Nomor telepon: (021) 3483 3404

Konter Stasiun Bandung
Alamat: Stasiun Bandung (Stasiun Hall) Pintu Utara, Jalan Kebon Kawung, Bandung, Jawa Barat
Nomor telepon: (022) 423 2375

Konter Surabaya
Alamat: Jalan Dharmahusada Nomor 78C, Mojo, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya Jawa Timur
Nomor telepon: (031) 592 8799

Selain kereta wisata, konter tersebut juga melayani pemesanan tiket kereta api reguler, tiket pesawat, reservasi hotel, paket tour and travel, serta pengurusan dokumen perjalanan, seperti visa, paspor, dan sebagainya. Lengkap banget, kan?

2. Reservasi melalui contact person resmi

Cara Menyewa dan Tarif Gerbong Kereta Wisata buat Liburan RombonganIlustrasi layanan pesan WhatsApp (unsplash.com/dkfra19)

Selain datang langsung ke konter kereta wisata, para calon penumpang juga bisa menghubungi contact person resmi melalui layanan pesan WhatsApp yang tersedia setiap hari Senin-Jumat pukul 10.00-16.00 WIB. 

Adapun nomor WhatsApp yang dapay dihubungi antara lain:

  • Veronica 0811-1220-7206
  • Rizka 0811-1220-7207
  • Tiko 0811-1220-7209

3. Jenis dan fasilitas kereta wisata

Cara Menyewa dan Tarif Gerbong Kereta Wisata buat Liburan RombonganPotret kereta api wisata (instagram.com/kawisata)

Setiap penumpang kereta wisata akan mendapatkan fasilitas berupa ruang tunggu VIP, sajian makan atau kuliner lokal, aneka kudapan, aneka sajian minuman, train attendant carter (pramugara, pramugari, dan on trip cleaning), karaoke, menonton film, free WiFi, dan face towel.

Ada delapan jenis kereta wisata yang bisa kamu sewa satu gerbong, antara lain:

  • Kereta wisata tipe Sumatera
    Kereta wisata tipe Sumatera menyajikan suasana interior dan pernak-pernik khas Sumatera. Kereta berkapasitas 22 tempat duduk ini memiliki ruang kompartemen, mini bar,  ruang makan, dan ruang privat dengan audio video untuk karaoke atau menonton film.
  • Kereta wisata tipe Nusantara
    Kereta wisata tipe nusantara memiliki desain interior dan pernak-pernik yang menggambarkan seni dan keindahan dari pelosok Nusantara. Di dalamnya terdapat 19 tempat duduk, ruang hiburan, balkon, dan ruang tidur.
  • Kereta wisata tipe Priority
    Kereta wisata tipe Priority berkapasitas 30 tempat duduk dengan penataan kursi seperti kereta reguler, yakni menghadap ke satu arah. Setiap kursi dilengkapi dengan LCD touch screen dan AVOD (Audio Video on Demand). Selain itu, juga ada mini bar dan toilet.
  • Kereta wisata tipe Toraja
    Kereta wisata tipe Toraja sangat kental dengan nuansa budaya Toraja serta desain yang unik dan menarik. Kereta ini memiliki kapasitas 22 tempat duduk eksklusif, ruang kompartemen, mini bar, dan toilet. 
  • Kereta wisata tipe Bali
    Kereta wisata tipe Bali akan membawamu seakan berada di Pulau Dewata. Kereta berkapasitas 22 tempat duduk ini juga dilengkapi dengan ruang kompartemen, ruang entertainment, dan toilet.
  • Kereta wisata tipe Imperial
    Kereta wisata tipe Imperial hampir sama seperti Kereta wisata tipe Priority, yakni susunan kursinya menghadap ke satu arah dengan dengan kapasitas 20 orang dan konfigurasi 2-1. Di dalamnya juga terdapat mini bar dan toilet. 
  • Kereta wisata tipe Jawa
    Sesuai dengan namanya, kereta wisata tipe Jawa ini menyajikan interior khas Jawa yang akan membuat siapapun nyaman berada di dalamnya. Kapasitas kereta ini 20 tempat duduk eksklusif, ruang pertemuan, mini bar, serta kamar tidur untuk dua orang yang dilengkapi dengan kaca rias, wastafel, dan lampu tidur.
  • Kereta wisata tipe retro
    Kereta wisata tipe retro memiliki desain klasik, sehingga memberikan kesan tersendiri bagi para penumpang. Kereta berkapasitas 20 tempat duduk eksklusif ini juga dilengkapi dengan ruang entertainment, ruang kompartmen, dan mini bar.

Baca Juga: Perbedaan Kelas Kereta Api Ekonomi, Bisnis, Eksekutif, dan Luxury

4. Tarif sewa kereta wisata

Cara Menyewa dan Tarif Gerbong Kereta Wisata buat Liburan RombonganTarif sewa kereta wisata (instagram.com/kawisata)

Dilanisir dari akun Instagram resmi @kawisata, tarif sewa kereta wisata mulai dari Rp26,5 juta. Ada hal yang memengaruhi harga sewa, yakni destinasi dan jenis kereta. Harga tersebut juga berlaku dalam satu kali perjalanan dan belum termasuk pajak.

5. Syarat naik kereta wisata

Cara Menyewa dan Tarif Gerbong Kereta Wisata buat Liburan RombonganSyarat terbaru naik kereta api jarak jauh (instagram.com/kai121_)

Syarat naik kereta wisata menyesuaikan dengan peraturan yang ditetapkan PT KAI untuk perjalanan jarak jauh. Adapun syarat yang berlaku mulai 15 Agustus, antara lain:

Usia 18 tahun ke atas

  • Sudah vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif skrining RT-PCR.
  • Baru vaksinasi dosis pertama dan kedua wajib melampirkan hasil negatif RT-PCR 3x24 jam.
  • Tidak atau belum divaksinasi karena kondisi medis/komorbid wajib melampirkan hasil negatif RT-PCR 3x24 jam dan menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menjelaskan kondisinya tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Usia 6-17 tahun

  • Sudah vaksinasi kedua tidak perlu menunjukkan hasil negatif RT-PCR dan rapid test antigen.
  • Baru vaksinasi pertama wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam.
  • Tidak/belum divaksinasi karena kondisi medis/komorbid wajib melampirkan hasil negatif rapid test antigen 1x24 jam atau RT-PCR 3x24 jam dan menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menjelaskan kondisinya tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19
  • Berasal dari perjalanan luar negeri dan belum mendapatkan vaksinasi wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam
  • Anak usia di bawah enam tahun tidak diwajibkan skrining rapid tes antigen atau RT-PCR, tetapi wajib didampingi dengan penumpang yang memenuhi syarat perjalanan

Itu dia cara menyewa gerbong kereta wisata di bawah ini berikut tarif, fasilitas, serta persyaratan terbaru naik kereta api jarak jauh. Tertarik untuk melakukan perjalanan dengan kereta wisata?

Baca Juga: Mengenal Evolusi Tiket Kereta Api dari Masa ke Masa, Sudah Tahu?

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya