Info Desa Wisata Tebat Lereh Meringang: Lokasi, Harga, Rute, dan Tips

Seharian di sana bikin gak mau pulang, nih

Desa Wisata Tebat Lereh Meringang barangkali masih sangat asing di telinga sebagian besar orang. Namun, setelah namanya masuk ke dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata 2022 Indonesia oleh Kemenparekraf, desa ini pun semakin dikenal oleh masyarakat luas, terutama yang berasal dari wilayah Sumatera Selatan.

Desa Tebat Lereh Meringang sendiri merupakan sebuah desa di Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, yang masih kental akan budaya dan kearifan lokal. Di desa ini juga terdapat beragam atraksi wisata yang seru untuk dikunjungi. Selengkapnya simak ulasan lengkap tentang Desa Tebat Lereh Meringang di bawah ini, ya!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Info Desa Wisata Tebat Lereh Meringang: Lokasi, Harga, Rute, dan TipsPotret kunjungan Sandiaga Uno di Desa Wisata Tebat Lereh Meringang, Pagar Alam (instagram.com/pesonasriwijaya)

Lokasi: Kelurahan Penjalang, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB.

Harga tiket: gratis untuk masuk desa ini, tetapi ada beberapa wahana berbayar.

2. Rute menuju Desa Wisata Tebat Lereh Meringang

Info Desa Wisata Tebat Lereh Meringang: Lokasi, Harga, Rute, dan TipsIlustrasi menyetir mobil (unsplash.com/alexjumper)

Desa Tebat Lereh Meringang berjarak sekitar 285 kilometer dari Palembang dan 22 kilometer dari pusat kota Pagar Alam. Adapun rutenya adalah sebagai berikut:

  • Dari Palembang ambil jalur ke arah Pagar Alam melalui Prabumulih, Muara Enim, Lahat, hingga masuk Pagar Alam.
  • Sebelum masuk ke pusat kota Pagar Alam, belok kiri di pertigaan Jalan Piagam dan Jalan Masik Siagim. Ikuti jalan lintas Pagar Alam-Lahat hingga pertigaan besar Jalan Depati H. Duaji.
  • Belok kanan dan ikuti jalan hingga sampai di Desa Wisata Tebat Lereh Meringang.

3. Aktivitas seru di Desa Wisata Tebat Lereh Meringang

Info Desa Wisata Tebat Lereh Meringang: Lokasi, Harga, Rute, dan TipsPotret Air Terjun Napal Kuning di Desa Wisata Tebat Lereh Meringang (instagram.com/Desawisatatebatlereh.meringang)

Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di Desa Wisata Tebat Lereh Meringang. Kalau kamu termasuk pencinta alam, maka kamu cocok berkunjung ke desa ini.

Ada air terjun atau curup yang bisa kamu kunjungi. Di antaranya seperti Air Terjun Napal Kuning, Air Terjung Anginan, Air Terjun Rusa, dan Air Terjun Dua Tunggung.

Untuk dapat mencapai air terjun tersebut, kamu bisa menyewa ATV yang disediakan pihak pengelola. Jalan menuju ke sana cukup terjal dan licin sehingga kamu harus hati-hati, ya!

Info Desa Wisata Tebat Lereh Meringang: Lokasi, Harga, Rute, dan TipsPotret Rumah Baghi di Desa Wisata Tebat Lereh Meringang, Pagar Alam (instagram.com/Desawisatatebatlereh.meringang)

Selain air terjun, di Desa Wisata Tebat Lereh Meringang juga terdapat sekitar 24 rumah adat Suku Basemah, yakni Rumah Baghi. Rumah ini memiliki ciri khas berbentuk rumah panggung dengan atap yang terbuat dari ijuk atau serabut pohon aren dan kerangkanya dari bambu.

Selain itu, di beberapa bagian Rumah Baghi juga terdapat ukiran dengan motif yang cantik, salah satunya motif mandala kencana. Motif tersebut menyerupai bunga matahai dan teratai yang digambar secara vertikal dan horizontal. Hal ini melambangkan persatuan dan kesatuan serta doa, harapan, dan gotong royong.

Info Desa Wisata Tebat Lereh Meringang: Lokasi, Harga, Rute, dan TipsIlustrasi nasi lemang (burp.my)

Aktivitas lain yang paling ditunggu di Desa Wisata Tebat Lereh Meringang adalah wisata kuliner. Kamu bisa mencicipi beragam makanan khas Pagar Alam dan Sumatera Selatan di gerai UMKM yang ada di sana, seperti dodol, nasi lemang, kopi, kelicuk (kue berbentuk segitiga yang terbuat dari beras ketan dan pisang), dan aneka olahan ikan.

Baca Juga: Info Wisata Pantai Lovina, Spot Melihat Sunset dan Lumba-Lumba di Bali

4. Fasilitas di Desa Wisata Tebat Lereh Meringang

Info Desa Wisata Tebat Lereh Meringang: Lokasi, Harga, Rute, dan TipsPotret tempat pembuatan kerajinan di Desa Wisata Tebat Lereh Meringang, Pagar Alam (instagram.com/Desawisatatebatlereh.meringang)

Adapun fasilitas di Desa Wisata Tebat Lereh Meringang antara lain area parkir yang luas, kamar mandi dan toilet umum, musala, penginapan, arena outbond, kios suvenir dan makanan, selfie area, dan beberapa spot foto Instagramable.

5. Tips berkunjung ke Desa Wisata Tebat Lereh Meringang

Info Desa Wisata Tebat Lereh Meringang: Lokasi, Harga, Rute, dan TipsPotret kawasan Desa Wisata Tebat Lereh Meringang (instagram.com/Desawisatatebatlereh.meringang)

Ada beberapa tips penting yang harus kamu perhatikan saat berkunjung ke Desa Wisata Tebat Lereh Meringang, antara lain:

  1. Pastikan kamu dalam keadaan sehat dan fit sebelum pergi ke sana. Apalagi kalau kamu berasal dari luar Sumatera Selatan, maka perjalanan panjang akan menantimu.
  2. Selalu terapkan protokol kesehatan yang berlaku, seperti mengenakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan selama selama berada di kawasan Desa Wisata Tebat Lereh Meringang.
  3. Kenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman agar bebas bergerak, terutama kalau kamu ingin trekking ke air terjun dan hutan di sekitarnya.
  4. Ajak teman atau keluarga agar bisa bergantian untuk berfoto di beberapa spot.
  5. Bawa payung atau jas hujan untuk berjaga-jaga apabila turun hujan mengingat saat ini sudah memasuki musim hujan.
  6. Turut serta menjaga kebersihan dan ketertiban selama berada di Desa Wisata Tebat Lereh Meringang.

Itu dia informasi lengkap tentang Desa Wisata Tebat Lereh Meringang di Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan. Tertarik untuk liburan ke sana? Buruan, deh!

Baca Juga: Info Wisata Crystal Bay Nusa Penida, Pantainya Sebening Kristal

Topik:

  • Fasrinisyah Suryaningtyas
  • Dewi Suci Rahayu

Berita Terkini Lainnya