Comscore Tracker

Pengalaman Seru Si Mas Dolan Ngebolang di Yogyakarta, Asyik Banget!

Dari nyasar jurusan kuliah sampai jadi travel influencer

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang memiliki banyak destinasi wisata menarik. Setiap waktu seakan ada hidden gems yang membuat orang-orang penasaran dan pengin mendatanginya.

Apalagi dengan kehadiran para travel influencer atau kreator konten yang kerap mengulas beragam destinasi yang ada di Kota Gudeg tersebut. Salah satunya Satria Kurnia Jaya atau yang akrab disapa Mas Dolan. Dalam akun Instagram @mas.dolan, pria asal Lampung Timur tersebut kerap membagikan konten tentang keindahan Yogyakarta.

Mas Dolan pun membagikan cerita serunya selama menjadi travel influencer dalam segmen IG Live #NgobrolSeru "Mbolang ke Yogyakarta bareng Mas Dolan" bersama IDN Times pada Kamis (30/06/2022) lalu. Simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Suka traveling karena 'kesasar' jurusan kuliah

Pengalaman Seru Si Mas Dolan Ngebolang di Yogyakarta, Asyik Banget!Potret Mas Dolan di Waduk Sermo, Yogyakarta (instagram.com/dolan.aja)

Kebanyakan orang-orang memulai traveling karena suntuk, bosan dengan rutinitas sehari-hari, atau ingin mencoba pengalaman baru. Mas Dolan ini malah disebabkan 'nyasar' jurusan kuliah. Bagaimana bisa?

"(Aku) sudah suka traveling karena nyasar sebenarnya di jurusan pariwisata. Pas masuk jurusan pariwisata itu belum suka explore, ya cuma kuliah pada umumnya gitu," ujar Mas Dolan.

Keinginan Mas Dolan untuk bisa menjelajahi lebih banyak tempat muncul sejak ada kesempatan pergi ke luar negeri dalam suatu acara kampus. "Wah, ternyata jalan-jalan seru. Abis itu makin suka mbolang," ungkapnya.

2. Yogyakarta adalah paket wisata lengkap

Pengalaman Seru Si Mas Dolan Ngebolang di Yogyakarta, Asyik Banget!Potret travel influencer Mas Dolan (instagram.com/dolan.aja)

Dari sekian banyak kota-kota di Indonesia yang memiliki tempat wisata menarik, Mas Dolan memang terlihat kerap mengulas beragam tempat di Yogyakarta. Sebenarnya ia pun ingin banyak membuat konten kota lain. Namun, ketika awal membuat konten di Instagramnya, pandemik Covid-19 masih melanda, sehingga sulit untuk ke luar kota.

"Karena (aku) tinggalnya di Yogyakarta dan sudah banyak explore tempat-tempat di sana, meski saat itu belum ngonten dan hanya untuk konsumsi pribadi. Kayaknya seru, nih, kalau tempat-tempat yang aku tahu selama kuliah di Yogyakarta empat tahun itu aku kumpulin (sebagai konten). Jogja itu paket lengkap," ujar Mas Dolan.

Wilayah Bantul menjadi tempat pertama yang dikunjungi Mas Dolan ketika awal tinggal di Yogyakarta karena tugas lapangan. Dan saat ini hampir semua tempat wisata, khususnya wisata alam, di Yogyakarta pernah ia jelajahi. Gak heran kalau konten-konten Instagramnya kebanyak memang berada di alam.

3. Candi Abang menjadi tempat paling berkesan bagi Mas Dolan

Pengalaman Seru Si Mas Dolan Ngebolang di Yogyakarta, Asyik Banget!Potret Candi Abang di Berbah, Sleman (instagram.com/dolan.aja)

Setiap orang yang suka traveling tentu memiliki destinasi wisata favorit dan paling berkesan. Begitu pula dengan Mas Dolan. Candi Abang di Berbah, Sleman merupakan tempat yang paling ia sukai.

"Aku paling suke ke Candi Abang. Sudah 18 kali kalau ke Candi Abang. Candi Abang itu (berupa) candi tapi kayak gundukan bukit. Sunrise sama sunset-nya bagus," ungkap pria 25 tahun ini.

4. Konten paling ramai adalah tentang alam

Pengalaman Seru Si Mas Dolan Ngebolang di Yogyakarta, Asyik Banget!Potret Kedung Pengilon, Yogyakarta (instagram.com/dolan.aja)

Selain memiliki tempat favorit bagi dirinya sendiri, di akun Instagram seorang travel influencer pasti ada beberapa jenis konten yang selalu 'diserbu' oleh followers atau warga net lainnya. Begitu pula dengan konten-konten yang diunggah Mas Dolan.

"Biasanya kalau paling ramai yang aku kontenin itu kayak alam tapi yang bener-bener tersembunyi dan jarang diekspose. Selain itu, orang-orang lebih suka pantai, kalau enggak yang air-air gitu. Itu pasti tinggi antusiasnya," ujarnya.

Konten tentang gunung juga selalu ramai meski tidak semua orang suka naik gunung. Pada intinya, konten-konten di akun Instagram @mas.dolan yang selalu ramai adalah konten tentang tempat yang disukai warga net, seperti pantai, dan konten-konten tempat yang membuat mereka penasaran, seperti gunung.

Baca Juga: 5 Spot Sunrise Terbaik di Yogyakarta ala Travel Influencer Dolan Aja

5. Cara Mas Dolan mencari tempat wisata baru

Pengalaman Seru Si Mas Dolan Ngebolang di Yogyakarta, Asyik Banget!Potret Mas Dolan di Bukit Pengilon, Yogyakarta (instagram.com/dolan.aja)

Setiap tempat yang dikunjungi, terutama hidden gems, tentu membutuhkan proses yang tidak mudah. Begitu pula dengan Mas Dolan. Ia pun melakukan serangkaian proeses untuk menemukan tempat-tempat baru.

"Itu sebenarnya tetap (bertanya) dari orang, ya. Pas aku ada kesempatan ke luar negeri dan mulai tumbuh rasa suka explore, di situlah tempat-tempat itu mulai terkumpul. Aku memang udah punya list tempat-tempat yang memang sepi dan tahu timing-nya bakal bagus di bulan apa," ungkap pria lulusan jurusan pariwisata di salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta ini.

6. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat wisata alam

Pengalaman Seru Si Mas Dolan Ngebolang di Yogyakarta, Asyik Banget!Potret Mas Dolan di Air Terjun Tumpak Sewu, Yogyakarta (instagram.com/dolan.aja)

Ngomongin tentang wisata alam, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah timing untuk mengunjunginya. Mas Dolan pun membagikan informasi tentang waktu yang pas untuk berkunjung ke sana.

"Tempat-tempat (wisata alam) di Yogyakarta itu tergantung, ya. Alam itu kan siklus. Ada beberapa tempat yang bakal cantik pada waktu yang tepat kamu datang ke sana. Kalau bulan-bulan mau kemarau ini paling cantik di daerah Bantul. Ada Kedungjati, Potrobayan," ungkap Mas Dolan.

Mas Dolan menambahkan bahwa destinasi alam akan terlihat bagus kalau berkunjung pada waktu yang tepat. Kalau salah waktu kedatangan, maka tempatnya pun menjadi tidak menarik. 

Misalnya ada air terjun musiman dan terlihat bagus di beberapa konten travel influencer. Kalau salah datangnya, waktu kemarau bisa jadi malah tidak ada airnya. Jadi, kalau mau jalan-jalan harus ada pengetahuan tentang itu. Bisa juga bertanya ke si pembuat konten atau warga lokal terkait informasi tempat yang ingin dikunjungi. 

7. Pendapat Mas Dolan tentang hidden gems yang tiba-tiba viral

Pengalaman Seru Si Mas Dolan Ngebolang di Yogyakarta, Asyik Banget!Potret travel influencer Mas Dolan (instagram.com/dolan.aja)

Tak dapat dipungkiri banhwa banyak tempat wisata hidden gems di Yogyakarta yang mendadak viral setelah ada unggahan dari beberapa travel influencer. Menurut Mas Dolan, hal ini memiliki dampak positif dan negatifnya.

"Sebenarnya itu ya seneng, kan, karena ada suatu tempat  terekspos dan bisa menjadi potensi di tempat tersebut untuk membantu perekonomian masyarakat sekitar. Permasalahan atau buruknya itu (biasanya) dari orang yang datang. Kita memang tidak bisa mengatur orang juga, kan," ujarnya.

Mas Dolan pun menyayangkan sikap orang-orang Indonesia yang kurang baik terhadap alam dan datang ke suatu tempat hanya untuk kebutuhan konten.

"Kalau orang-orang yang cinta alam, bener-bener suka dengan keindahan alam, aku yakin kalian kalau ke tempat-tempat yang indah pasti etikanya juga baik, sampahnya dibawa pulang," imbuhnya.

Mas Dolan berpesan agar setiap orang turut menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan di mana pun berada. Kalau tempatnya selalu bersih, maka hal ini menjadi potensi wisata yang menarik di suatu daerah dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Itu dia cerita seru Mas Dolan selama ngebolang di Yogyakarta. Asyik banget, kan? Jadi pengen cepat-cepat packing buat liburan ke sana, nih.

Baca Juga: Tips Traveling dan Rekomendasi Wisata di Yogyakarta ala Mas Dolan

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya