Comscore Tracker

6 Prestasi Indonesia di Bidang Pariwisata Paling Membanggakan 2022

Kamu sudah mengeksplorasi ke wisata mana saja?

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan potensi pariwisata paling potensial di dunia dan selalu mengalami perkembangan setiap tahunnya. Seakan tidak ada habisnya, tempat-tempat wisata unggulan di Indonesia pun bermunculan, terutama pascapandemik seperti saat ini.

Wisatawan lokal hingga internasional berbondong-bondong mengunjungi berbagai destinasi wisata di seluruh penjuru Indonesia, karena dianggap memenuhi ekspektasiatau bayangan mereka tentang tempat berlibur.

Hal ini membuat para penggiat pariwisata, baik itu pemerintah hingga pihak masyarakat, semakin bersemangat dalam mengembangkan pariwisata di wilayah masing-masing. Tak sedikit pula yang mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi, baik tingkat nasional hingga internasional.

Menyambut World Tourism Day 2022 yang jatuh pada 27 September 2022, kali ini IDN Times membagikan enam prestasi Indonesia di bidang pariwisata yang paling membanggakan sepanjang tahun 2022 ini.

Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumah MotoGP 2022

6 Prestasi Indonesia di Bidang Pariwisata Paling Membanggakan 2022Potret Sirkuit Internasional Mandalika (indonesia.travel)

Sirkuit Internasional Mandalika sukses menggelar MotoGP 2022 pada 18-20 Maret 2022. Hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri, karena Indonesia kembali menjadi salah satu tuan rumah dalam ajang balap motor paling bergengsi di dunia. 

Sirkuit ini terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang disebut-sebut sebagai kepingan surga, yakni Mandalika, Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Mandalika pun menjadi salah satu dari lima destinasi super prioritas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang menawarkan keindahan alam dan budaya.

Dijadikannya Sirkuit Mandalika sebagai tuan rumah MotoGP 2022 turut mendongkrak pariwisata dan membuat nama Mandalika mendunia. Sirkuit tersebut diharapkan akan sering menjadi tempat penyelenggaraan berbagai event balap kelas internasional.

2. Geopark Maros Pangkep menjadi bagian dalam UNESCO Global Geopark

6 Prestasi Indonesia di Bidang Pariwisata Paling Membanggakan 2022Geopark Maros Pangkep (instagram.com/chaidirsyam_)

Kawasan Geopark Maros Pangkep di Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkep (Pangkajene Kepulauan), Sulawesi Selatan, menjadi geopark ke-7 di Indonesia yang masuk sebagai bagian dari UNESCO Global Geoparks (UGGp).

Keputusan ini diambil berdasarkan hasil rapat dewan council UNESCO Global Geoparks yang berlangsung di Satun, Thailand, pada Selasa, 6 September 2022. Sedangkan, penetapan resminya baru akan dilaksankan di Sidang UNESCO pada Maret 2023 di Paris, Prancis. 

Geopark Maros Pangkep ini pun layak menjadi bagian dari UGGp karena keistimewaan dan potensinya yang luar biasa. Memiliki area seluas 312.594 hektare, terdapat Desa Wisata Rammang-Rammang, lanskap perbukitan karst seluas 43.000 hektare, gua prasejarah, serta beragam keunikan flora dan fauna di sini.

3. Bali menjadi destinasi liburan paling bikin bahagia versi Club Med

6 Prestasi Indonesia di Bidang Pariwisata Paling Membanggakan 2022Potret Nusa Penida, Bali (unsplash.com/alfianostn)

Club Med, sebuah perusahaan di bidang resor dan penginapan yang memiliki banyak cabang di seluruh dunia, memilih Bali sebagai The World's Happiest Holiday Destinations 2022.

Pihak perusahaan menilai Bali menjadi tujuan paling populer bagi para traveler yang berlibur untuk mendapatkan kebahagiaan, relaksasi, sekaligus petualangan seru. Di Pulau Dewata ini, banyak tempat yang menawarkan kegiatan untuk menghilangkan stres, seperti pemandangan alam, spa, yoga, dan pusat kesehatan lainnya.

Selain itu, keamanan dan kenyamanan juga menjadi faktor penilaian. Bali dinilai aman dan memiliki tingkat kriminalitas yang cukup rendah, sehingga membuat siapa pun betah liburan dan berlama-lama di Bali.

4. Mendapat lima penghargaan dari Travel+Leisure World’s Best Awards 2022

6 Prestasi Indonesia di Bidang Pariwisata Paling Membanggakan 2022Mandapa Ritz Carlton Reserve di Ubud, Bali (ritzcarlton.com)

Prestasi tak tanggung-tanggung kembali menghampiri Indonesia pada pertengahan tahun 2022 ini.

Travel+Leisure, sebuah majalah daring yang sering mengulas dan merekomendasi destinasi wisata dari seluruh dunia, memberikan lima penghargaan untuk Indonesia melalui Travel+Leisure World’s Best Awards 2022, di antaranya:

  1. Bali berada di posisi ketiga sebagai Best Island in the World dan di posisi kedua sebagai Best Island in Asia dengan skor 92,51.
  2. Ubud berada di urutan ketiga sebagai Best City in the World dan di posisi pertama sebagai Best City in Asia dengan skor 91,73.
  3. Penghargaan The Best Resorts in Asia diraih empat resor, antara lain Capella Ubud di posisi ketiga, Mandapa Ritz-Carlton Reserve Ubud di posisi kelima, Nihi Sumba di posisi kesembilan, dan Alila Villas Uluwatu di posisi ke-14.

Baca Juga: 10 Wisata Romantis di Indonesia 2022, Dunia Serasa Milik Berdua!  

5. Bali mendapat penghargaan sebagai The Greatest Place 2022 dari TIME Magazine

6 Prestasi Indonesia di Bidang Pariwisata Paling Membanggakan 2022potret Pantai Sanur di Bali (unsplash.com/mu_tekk)

Penghargaan selanjutnya datang dari TIME Magazine, sebuah majalah cetak dan daring bergengsi asal Amerika Serikat. Majalah ini memberikan penghargaan kepada Bali sebagai The Greatest Place 2022.

Penilaian ini dilakukan berdasarkan adanya banyak resor kelas atas dan pengalaman kesehatan (wellness) sebagai tempat berlibur ideal untuk mereka yang ingin terhubung kembali dengan alam atau dengan diri mereka sendiri.

Beberapa resor pun kerap disorot TIME, seperti Buahan, Banyan Tree Escape, Desa Potato Head di Seminyak, Andaz Sanur Bali, Angsana Saranam Wellbeing Resort, dan Anantara Ubud Bali Resort.

6. Indonesia mendapat penghargaan sebagai World’s Most Naturally Beautiful Country dari Money UK

6 Prestasi Indonesia di Bidang Pariwisata Paling Membanggakan 2022potret Raja Ampat (unsplash.com/sutirtab)

Salah satu penghargaan yang paling berkesan untuk pariwisata Indonesia tahun 2022 ini adalah penghargaan sebagai World’s Most Naturally Beautiful Country dari Money UK.

Penilaiannya berdasarkan tujuh faktor, antara lain pegunungan, gunung berapi, terumbu karang, kawasan lindung (termasuk taman nasional), garis pantai, hutan hujan, dan gletser. Selanjutnya, dilakukan analisis dan setiap faktor dihitung per 100.000 kilometer persegi (dengan angka luas lahan bersumber dari Bank Dunia).

Setelah dihitung, maka akan diberikan skor untuk setiap faktor dan dihitung rata-ratanya. Hasilnya Indonesia memiliki banyak keajaiban alam dan tempat-tempat menakjubkan di setiap 100.000 kilometer persegi, ada lebih dari 17.000 pulau yang luar biasa, dan lebih dari 50.000 kilometer garis pantai dengan terumbu karang dan kehidupan bawah laut.

Selain tidak pernah kehabisan tempat-tempat keren, rupanya juga banyak destinasi wisata Indonesia yang mendapatkan prestasi tingkat internasional. Gak perlu jauh-jauh ke luar negeri, liburan di Indonesia saja akan memberikan banyak pengalaman tak terlupakan.

Baca Juga: 10 Wisata Indah Indonesia Tengah dan Timur, Serasa di Luar Negeri

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya