Comscore Tracker

9 Pulau Surga Terbaik di Asia Tenggara, Raja Ampat Nomor Satu!

Asia Tenggara memang rumah bagi pulau-pulau surga di dunia

Asia Tenggara dikenal sebagai salah satu kawasan di benua Asia yang memiliki banyak tempat indah dan menjadi impian para turis dari seluruh dunia. Ada kota-kota cantik, tempat bersejarah, pemandangan alam, gunung, laut, dan pantai.

Selain itu, terdapat pula pulau atau kepulauan yang membuat siapa pun betah berlama-lama di sana. Keindahan pulau-pulau tersebut menggambarkan perpaduan sempurna dari kehangatan iklim tropis, keajaiban alam, dan keramahan warga lokal.

Travel+Leisure, sebuah media daring yang sering membahas tentang rekomendasi tempat-tempat wisata menarik di seluruh dunia mengulas sembilan pulau "surga" terbaik di Asia Tenggara yang wajib kamu kunjungi saat liburan. Simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Raja Ampat

9 Pulau Surga Terbaik di Asia Tenggara, Raja Ampat Nomor Satu!potret Raja Ampat (unsplash.com/sutirtab)

Sebuah kebanggan tersendiri saat melihat nama Raja Ampat berada di urutan teratas sebagai pulau surga terbaik di Asia Tenggara. Kepulauan yang terletak di Papua Barat ini ini menawarkan berbagai tempat dan pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjung.

Ada banyak pantai, laguna, dan pulau-pulau kecil nan cantik di sekitarnya. Pemandangan bawah lautnya pun sangat indah dan menjadi surga bagi para penyelam. Tak jarang, kamu akan menemukan hiu karang langka, paus kerdil, paus sperma, dan pari manta totol berenang di perairan Raja Ampat. 

2. Koh Kradan

9 Pulau Surga Terbaik di Asia Tenggara, Raja Ampat Nomor Satu!Potret Koh Kradan (instagram.com/mathailande)

Koh Kradan merupakan sebuah pulau yang berada di Laut Andaman, tepatnya di Provinsi Trang, Thailand bagian selatan. Sebagian besar pulau ini menjadi bagian dari Taman Nasional Hat Chao Mai dan ada yang menjadi milik pribadi.

Selama liburan di Koh Kradan, kamu bisa jalan-jalan dan bermain air di pantai berpasir putih, snorkeling di perairan dangkal, menyaksikan keindahan bawah laut yang jernih, serta melihat pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

Uniknya, setiap Hari Valentine yang jatuh pada 14 Feburari, di Koh Kradan ada festival pernikahan bawah air yang selalu ramai dikunjungi para pelancong dari seluruh dunia, khususnya yang datang bersama pasangan. Kamu tertarik ikut?

3. Tioman

9 Pulau Surga Terbaik di Asia Tenggara, Raja Ampat Nomor Satu!Potret Pulau Tioman di Pahang, Malaysia (unsplash.com/louisgan)

Pulau Tioman menduduki posisi ketiga sebagai pulau surga terbaik di Asia Tenggara versi Travel+Leisure. Majalah Time pun mengakui bahwa pulau yang terletak di wilayah Pahang, Malaysia ini sebagai salah satu pulau terindah di dunia, lho!

Di sekitar Pulau Tioman, banyak spesies liar yang unik dan eksotis, terutama satwa-satwa tropis, seperti kera ekor panjang dan burung fregat. Wilayah lautnya menjadi rumah bagi terumbu karang berusia 6.000 tahun dan berbagai spesies laut, seperti ikan badut, penyu hijau, penyu sisik, hiu sirip hitam, dan ikan pari tutul. 

4. Phú Quốc

9 Pulau Surga Terbaik di Asia Tenggara, Raja Ampat Nomor Satu!Potret Phu Quoc di Vietnam (unsplash.com/khiemantony)

Phú Quốc merupakan salah satu pulau di Vietnam yang dikenal sebagai 'Pulau Mutiara' karena terdapat industri dan budidaya mutiara. Selain itu, kecap ikan yang dihasilkan masyarakat di pulau ini dianggap sebagai kecap ikan paling enak di Vietnam, lho.

Saat berkunjung ke Phú Quốc, kamu bisa menemukan kuil, pantai, bar, dan wahana kereta gantung di atas laut terpanjang di dunia. Perairan di sekitar pulau ini juga menjadi rumah bagi ribuan kepiting, penyu belimbing, dan duyung. Cocok untuk kamu yang suka menyelam dan snorkeling.

5. Sipadan

9 Pulau Surga Terbaik di Asia Tenggara, Raja Ampat Nomor Satu!Potret Pulau Sipadan (pixabay.com/carriezhang)

Pernah menjadi wilayah sengketa antara Malaysia dan Indonesia, Pulau Sipadan kini menjadi bagian dari Negeri Jiran dan masuk ke dalam wilayah Sabah. Pulau seluas 16 hektare ini merupakan salah satu habitat laut terkaya di dunia serta menjadi rumah bagi penyu hijau, kawanan barakuda, dan hiu martil bergigi.

Keindahan alam bawah lautnya pun berhasil memikat para penyelam dari berbagai penjuru dunia. Di bawah laut terdapat banyak gua batu kapur dan labirin laut dengan berbagai karang yang sangat cantik. Penasaran, kan?

6. Belitung

9 Pulau Surga Terbaik di Asia Tenggara, Raja Ampat Nomor Satu!potret Pantai Tanjung Tinggi di Belitung (unsplash.com/damarpilau)

Pulau Belitung merupakan surga tropis di wilayah Indonesia barat, tepatnya di Provinsi Bangka Belitung, yang namanya mendunia sejak menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi (2008). 

Terdapat batu-batu granit alam mentah yang menghiasi pantai-pantainya, sehingga memberikan kesan seperti kristal. Selain itu juga banyak bukit terjal dan pantai berbatu yang cocok dijadikan tempat menyaksikan matahari terbenam.

Baca Juga: 7 Kepingan Surga di Buleleng Bali yang Paling Indah dan Instagramable

7. Bali

9 Pulau Surga Terbaik di Asia Tenggara, Raja Ampat Nomor Satu!Potret Nusa Penida, Bali (unsplash.com/alfianostn)

Bali memang tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Pulau Dewata ini selalu mempertahankan statusnya sebagai salah satu pulau surga terbaik, tidak hanya di Asia Tenggara, tetapi juga di dunia. Konon, nama Bali jauh lebih populer daripada Indonesia. Wow!

Para turis pergi Bali tidak hanya untuk jalan-jalan, tetapi juga mempelajari budaya dan tradisi, wisata kuliner, mendaki gunung, menyelam, berselancar, hingga healing melalui yoga dan melasti. Kalau kamu paling suka melakukan apa selama di Bali?

8. Perhentian Islands

9 Pulau Surga Terbaik di Asia Tenggara, Raja Ampat Nomor Satu!Potret Perhentian Islands di Terengganu, Malaysia (unsplash.com/faizah_othman)

Kepulauan Perhentian merupakan bagian dari Taman Laut Nasional Pulau Redang yang terletak di Terengganu, Malaysia. Pulau ini awalnya dihuni sekelompok nelayan, tetapi saat ini beralih fungsi menjadi tempat pelestarian kehidupan laut sekaligus destinasi wisata yang tak pernah sepi.

Kepulauan Perhentian terbagi menjadi dua bagian, yakni Perhentian Besar dan Perhentian Kecil, yang dikelilingi perairan biru dan pantai-pantai berpasir putih. Kamu bisa mengunjungi konservatori penyu, menaiki kayak, menyelam, snorkeling di sekitar pulau ini, serta menikmati beragam sajian kuliner setempat di beberapa restoran dan kafe.

9. Palawan

9 Pulau Surga Terbaik di Asia Tenggara, Raja Ampat Nomor Satu!Potret El Nido di Palawan, Filipina (unsplash.com/cjtagupa)

Kepulauan Palawan di Filipina dikenal karena jajaran karst zamrudnya, perairan berwarna biru safir, dan pantai-pantainya yang menawan. Di wilayah ini juga terdapat museum bawah laut yang berisi kapal-kapal karam peninggalan Perang Dunia II dan menjadi tempat favorit para penyelam.

Pulau ini diyakini menjadi tempat peradaban awal Filipina, karena banyak situs arkeologi yang dapat ditelusuri para arkeolog dan banyak gambar artistik kehidupan laut di dinding gua di pulau tersebut. Fauna laut, sepertu hiu martil, wrasse raksasa, dan pari manta turut menjadikan Palawan sebagai rumah mereka.

Itu dia sembilan pulau surga terbaik di Asia Tenggara yang wajib kamu kunjungi saat liburan. Jika bosan dengan pulau-pulau di dalam negeri, kamu bisa melancong ke pulau-pulau yang ada di luar negeri. Jaraknya pun cukup dekat, bukan?

Baca Juga: 20 Destinasi Wisata Terbaik di Dunia Terbaru 2022, Bali Termasuk!

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya