Comscore Tracker

Selain Incheon, 7 Bandara Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama Lho!

Bandara mana saja yang pernah kalian singgahi?

Selain alur cerita dan akting para pemainnya, pemilihan lokasi syuting pasti tidak luput dari perhatian kalian ketika menonton suatu K-Drama. Tempat-tempat yang unik dan menarik tentu membuat kalian semakin penasaran di mana lokasi tersebut berada dan ga jarang ingin memasukkannya dalam wishlist liburan nanti.

Salah satu jenis tempat yang kerap digunakan sebagai lokasi syuting adalah bandara alias bandar udara. Umumnya, bandara-bandara ini digunakan untuk menggambarkan kedatangan si pemain dari suatu tempat atau sebaliknya. Tak jarang, beberapa adegan memorable pun dilakukan di sana.

Di Korea Selatan sendiri, Incheon International Airport (ICN) kerap digunakan sebagai lokasi syuting dan sudah tak terhitung berapa ratus drama, film, reality show, hingga video klip yang melakukan pengambilan gambar di sini.

Nah, selain Incheon International Airport, ternyata ada 7 bandara lain yang juga pernah menjadi lokasi syuting KDrama lho! Bahkan beberapa di antaranya berada di luar Korea Selatan. Wah, di mana saja itu?

1. Gimpo International Airport (GMP) 

Selain Incheon, 7 Bandara Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama Lho!english.visitkorea.or.kr

Sebelum Incheon International Airport diresmikan pada 2001, Gimpo International Airport (GMP) merupakan bandara utama di Korea Selatan. Lokasinya sekitar 15 km sebelah barat pusat kota Seoul. Saat ini, Gimpo International Airport melayani penerbangan domestik Korea Selatan dan beberapa penerbangan internasional ke Jepang, Tiongkok, dan Taiwan.

Bandara ini pernah menjadi lokasi syuting beberapa drama, mulai dari My Holo Love (Netflix, 2020); VIP (SBS, 2019); Familiar Wife (tvN, 2018); Investigation Couple (MBC, 2018); She Was Pretty (MBC, 2015); Reply 1988 (tvN, 2015); hingga drama-drama jadul seperti My Girl (SBS, 2005-06) dan Stairway to Heaven (SBS, 2003-04).

Khusus untuk Stairway to Heaven, adegan yang dilakukan di bandara ini cukup memorable lho! Yaitu perpisahan Cha Song-joo (Baek Sung-hyun) dengan Han Jung-seo (Park Shin-hye) versi remaja. Song-joo hendak berangkat ke Amerika Serikat sementara Jung-seo mengucapkan selamat tinggal padanya dan mengakui cintanya pada melalui rekaman kaset.

Kalian masih umur berapa saat nonton drama ini?

2. Jeju International Airport (CJU) 

Selain Incheon, 7 Bandara Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama Lho!traveldailynews.asia

Mendengar namanya saja pasti kalian langsung tahu di mana bandara ini berada. Ya, Jeju International Airport merupakan bandara penting yang terletak di Pulau Jeju dan merupakan bandara terbesar kedua di Korea Selatan setelah Incheon International Airport.

Bandara yang telah beroperasi sejak tahun 1968 ini melayani penerbangan domestik yang umumnya berangkat dari Gimpo International Airport dan beberapa rute internasional, mulai dari Jepang, Tiongkok, Taiwan, Filipina, Thailand, hingga Malaysia.

Baru-baru ini, Jeju International Airport jadi lokasi syuting drama fenomenal Itaewon Class (JTBC, 2019-2020) lho! Selain itu juga pernah menjadi latar tempat dalam drama Warm and Cozy (MBC, 2015); The Legendary Witch (전설 의 마녀) (MBC, 2014-15); Queen In-hyun’s Man (tvN, 2012); dan My Girl (SBS, 2005-06).

3. Kuala Lumpur International Airport (KUL) 

Selain Incheon, 7 Bandara Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama Lho!klia2.info/klia

Bandara di negeri jiran rupanya pernah jadi lokasi syuting drama On The Way to The Airport (KBS, 2016). Drama ini disponsori oleh sebuah maskapai penerbangan populer asal Malaysia, yaitu Air Asia, dan didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan Malaysia untuk keperluan promosi wisata.

Dilihat dari judulnya saja dapat ditebak bahwa drama ini latar tempatnya gak jauh-jauh dari bandara. Selain Incheon International Airport (ICN) di Korea Selatan, pengambilan gambar juga dilakukan di Kuala Lumpur International Airport (KLIA), Sepang, Malaysia.

Kuala Lumpur International Airport (KLIA) merupakan lapangan terbang utama dan terbesar di Malaysia. Di dalamnya terdapat dua terminal, yaitu KLIA dan KLIA2. Seluruh penerbangan internasional dan beberapa penerbangan domestik akan terbang atau mendarat di KLIA. Sedangkan terminal KLIA2 dikhususkan untuk penerbangan yang menggunakan maskapai Air Asia.

Kalian sudah pernah berkunjung ke bandara ini?

Baca Juga: 10 Bandara yang Menyediakan Tempat Tidur Paling Nyaman di Dunia

4. Suvarnabhumi International Airport (BKK) 

Selain Incheon, 7 Bandara Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama Lho!aeronauticsonline.com

Selain KLIA, bandara lain di Asia Tenggara yang pernah menjadi lokasi syuting K-Drama adalah Suvarnabhumi International Airport. Bandara ini ditampilkan pada episode perdana drama Jealousy Incarnate (SBS, 2016), yaitu ketika Lee Hwa-shin (Jo Jung-seok), Ko Jung-won (Go Kyung-pyo) dan Pyo Na-ri (Gong Hyo-jin) mendarat di sini.

Suvarnabhumi International Airport merupakan bandara utama dan terbesar di Thailand yang dibuka pada tahun 2006 untuk menggantikan Dong Mueang International Airport. Lokasi berada di Distrik Bang Phli, Provinsi Samut Prakan atau sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota Bangkok, Thailand.

Nama Suvarnabhumi merupakan pemberian dari Raja Bhumibol Adulyadej yang dalam bahasa Sanskerta berarti tanah emas. Saat ini, bandara ini melayani berbagai rute domestik maupun internasional dan menjadi salah satu bandara tersibuk di dunia.

5. Karlovy Vary Airport (KLV) 

Selain Incheon, 7 Bandara Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama Lho!travelsupport.eu

Jika kalian penggemar drama “Are You Human Too?” (KBS2, 2018), pasti tidak asing dengan keindahan kota Karlovy Vary yang terletak di Republik Ceko. Dalam episode 2 drama tersebut, Nam Shin (Seo Kang-joon) tiba di kota ini melalui Karlovy Vary Airport untuk mencari ibu kandungnya.

Karlovy Vary Airport (KLV) merupakan bandara internasional dengan terminal tunggal yang terletak di desa Olšová Vrata, 6 km dari pusat kota Karlovy Vary atau yang dulu dikenal sebagai Carlsbad. Bandara ini juga menjadi bandara tersibuk ke-4 di Republik Ceko.

6. Warsaw Chopin Airport (WAW) 

Selain Incheon, 7 Bandara Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama Lho!inyourpocket.com

Selain Rapublik Ceko, negara tetangganya, yaitu Polandia juga pernah menjadi lokasi syuting K-Drama lho! Inget gak drama apa?

Yup, Terius Behind Me! Drama bertema spionase yang dibintangi So Ji-sub dan Jung In-sun ini mengambil beberapa adegan di Polandia, diantaranya pada episode 12 ketika Kim Bon (So Ji-sub) berada di Warsaw Chopin Airport setelah menempuh perjalanan panjang dari Seoul dan pada episode 32 ketika penjahat bernama K (Cho Tae-kwan) juga tiba di bandara ini.

Warsaw Chopin Airport merupakan bandara internasional yang terletak di Distrik Włochy, Warsawa, Polandia. Bandara yang telah beroperasi sejak 1934 ini menggunakan nama Frederic Chopin, seorang pianis dan komposer legendaris Polandia untuk menghormati dan mengenang jasa-jasanya.

Sebagai bandara utama dan tersibuk di Polandia, Warsaw Chopin Airport melayani setidaknya 300 jadwal penerbangan sehari ke beberapa kota-kota besar di Eropa dan juga penerbangan domestik.

7. John F. Kennedy International Airport (JFK) 

Selain Incheon, 7 Bandara Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama Lho!blueswandaily.com

Tak hanya di Asia dan Eropa, beberapa drama Korea juga melakukan syuting hingga ke negeri Paman Sam lho! Salah satunya adalah Twelve Nights (Channel A, 2018) yang menggunakan John F. Kennedy International Airport (JFK) sebagai salah satu lokasi pengambilan gambar. Diceritakan pada episode 9, Han Yoo Kyung (Han Seung-yeon) bersama ibunya berangkat dari bandara ini menuju Seoul.

Selain itu, bandara ini juga menjadi salah satu lokasi syuting reality show Jung Hae-in’s Travel Log episode 1 yang ditayangkan di KBS2. Jung Hae-in terlihat baru tiba di bandara ini setelah perjalanan panjang dari Seoul.

John F. Kennedy International Airport merupakan bandara internasional utama yang terletak di wilayah Jamaica, Queens, New York City, Amerika Serikat. Bandara ini beroperasi sejak 1 Juli 1948 dengan nama Idlewild Airport yang tak lama kemudian diganti menjadi New York International Airport.

Pada tahun 1963, Bandara ini kembali berganti nama menjadi John F. Kennedy International Airport untuk menghormati mending presiden ke-35 Amerika Serikat, John F. Kennedy, yang tewas terbunuh pada tahun tersebut.

Bandara ini dioperasikan oleh Port Authority of New York and New Jersey dan setidaknya melayani penerbangan domestik maupun internasional ke kota-kota besar di seluruh dunia sehingga menjadi bandara tersibuk ke-21 di dunia dan ke-6 di Amerika Serikat.

Nah, itu dia 7 bandara di dunia yang pernah jadi lokasi syuting K-Drama. Buruan bikin wishlist liburan pasca pandemi covid-19 ini berakhir! Siapa tahu kalian bisa mengunjungi salah satu bandara di atas.

Baca Juga: Tak Hanya Pilot dan Pramugari, Ini 5 Profesi Lain yang Ada di Bandara!

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya