Comscore Tracker

Gak Jauh dari Seoul, Ini Dia 7 Destinasi Wisata ala KDrama di Ansan

Mulai dari kafe hingga resor di tengah pulau ada di sini 

Nama Ansan mungkin tak terlalu asing di kalangan penggemar KDrama. Pasalnya, wilayah setingkat kotamadya di Provinsi Gyeonggi tersebut kerap dilontarkan dalam beberapa dialog drama. Secara geografis, Ansan terletak di barat daya Seoul sekaligus bagian dari Wilayah Ibu Kota Nasional Seoul dan berbatasan langsung dengan Laut Kuning.

Ansan juga dikenal sebagai salah satu kota terencana di Korea Selatan, khususnya dalam bidang industri dan manufaktur. Sedangkan dalam bidang pariwisata, semula Ansan kurang memperhatikan hal tersebut karena wilayahnya yang terfokus pada industri.

Seiring dengan kemajuan pariwisata Korea Selatan, Ansan pun mulai berbenah dan didukung oleh banyaknya investasi pariwisata yang masuk ke sana, terutama untuk pulau-pulau sekitarnya, seperti Daebudo dan Pungdo. Bahkan tak sedikit tempat-tempat di Ansan dijadikan lokasi syuting KDrama. Wah, di mana saja itu?

1. J’Adore ansan 

Gak Jauh dari Seoul, Ini Dia 7 Destinasi Wisata ala KDrama di Ansanpotret Lee Jong Suk dan Suzy di J'Adore Ansan dalam drama While You Were Sleeping (programs.sbs.co.kr)

Masih ingat dengan kisah Nam Hong Joo (Bae Suzy) dan Jung Jae Chan (Lee Jong Suk) dalam drama While You Were Sleeping (2017)? Pada episode 3, Hong Joo datang ke kafe J’Adore ini. Ia mengatakan para barista bahwa Jae Chan akan datang dan segera memesan kopi spesial untuknya. Pada episode 5, Hong Joo kembali ke sini untuk memberikan salep pada Jae Chan yang terluka ketika memasak sarapan.

J'Adore Ansan merupakan salah satu cabang dari J’Adore yang dibuka pada pada tahun 2017. Lokasinya berada di lantai pertama Woosin Art Plaza, 161 Gwangdeok-daero, Hosu-dong, Distrik Danwon, Ansan. Kafe bernuansa industrial ini menyediakan aneka macam kopi, teh, smoothies, jus, frappe, dan juga roti.

2. U:DALLY ansan branch 

Gak Jauh dari Seoul, Ini Dia 7 Destinasi Wisata ala KDrama di Ansanpotret bagian eksterior U Dally Ansan Branch (u-dally.co.kr)

Kafe lain di Ansan yang pernah menjadi lokasi syuting adalah U:DALLY Ansan Branch. U:DALLY menjadi salah satu sponsor utama drama Search: WWW (2019) jadi tak heran jika beberapa cabang kafe ini kerap muncul dalam drama tersebut.

Pada episode 5, Park Morgan (Jang Ki Yong) bertemu dengan direkturnya di U:DALLY Ansan Branch ini setelah pulang dari perjalanan memancing di tengah laut. Morgan memberikan ikan-ikan segar dan besar untuk sang direktur.

U:DALLY Ansan Branch berlokasi di Menara Jangeun, 187 Gwangdeok-daero, Gojan-dong, Distrik Danwon, Ansan. Kafe ini cukup unik karena menyajikan minumannya di botol untuk mengurangi penggunaan gelas plastik sekali pakai. Minuman yang dijual pun umumnya berbahan dasar buah, seperti jus dan smoothies serta terdapat kopi, latte, dan yoghurt.

3. Café.Fun 

Gak Jauh dari Seoul, Ini Dia 7 Destinasi Wisata ala KDrama di Ansanpotret Lee Joon Gi dan Jung Seo Yeon di Cafe.Fun Ansan dalam drama Flower of Evil (program.tving.com)

Tak mau kalah dengan J’Adore dan U:DALLY, Café.Fun juga pernah menjadi lokasi syuting salah satu drama populer tahun 2020 lalu: Flower of Evil. Pada episode 2, Baek Hee Seong (Lee Joon Gi) mengajak putrinya, Eun Ha (Jung Seo Yeon), makan egg tart di kafe ini setelah menjemputnya dari TK.

Cafe.Fun dibuka pada tahun 2018 dan terletak di 73 Seokhogongwon-ro, Sa 1(il)-dong, Distrik Sangnok, Ansan. Kafe ini tidak hanya menyediakan minuman berupa kopi dan teh, tetapi juga makanan, seperti samgyetang (sup ayam), waffle, bingsoo, dan sebagainya. Suasana di dalamnya cozy banget lho!

Baca Juga: 5 Destinasi Anti Bosan ala KPop dan KDrama di Seoul, Mana Saja?

4. Monolith pension 

Gak Jauh dari Seoul, Ini Dia 7 Destinasi Wisata ala KDrama di Ansanpotret bagian eksterior Monolith Pension Ansan (monolithpension.com)

Tahun 2018 lalu, bagian eksterior Monolith Pension ini pernah menjadi latar drama Dae Jang Geum Is Watching (2018). Pada episode 9 (episode penuh 5), Han San Hae (Shin Dong Wook) dan Bok Seung Ah (Kwon Yu Ri) hendak bertemu dengan klien di penginapan ini pada akhir pekan. Tetapi sang klien tak kunjung datang sehingga mereka harus menunggu.

Monolith Pension merupakan sebuah penginapan yang disewakan untuk umum dan terletak di 287-73 Buheung-ro, Daebunam-dong, Distrik Danwon, Ansan. Selain kamar untuk menginap, di sini juga tersedia kolam renang pribadi, ruangan untuk barbekyu, ruang biliar, ruang pingpong, ruang karaoke, ruang seminar, trampolin, dan ruang olahraga luar ruangan. Lengkap sekali, bukan?

5. Mer bleue pension 

Gak Jauh dari Seoul, Ini Dia 7 Destinasi Wisata ala KDrama di Ansanpotret bagian eksteior Mer Bleue Pension Ansan (goldvalley.co.kr)

Jika Monolith Pension digambarkan sebagai eksterior penginapan milik klien Han San Hae (Shin Dong Wook), maka Mer Bleue Pension inilah yang ditampilkan sebagai bagian interior dan kebunnya. Klien San Hae menawarkannya untuk menginap di sana karena merasa bersalah telah membuatnya menunggu terlalu lama.

Kemudian San Hae menyuruh kedua adiknya, Han Jin Mi (Lee Yeol Eum) dan Han Jung Sik (Kim Hyun Joon), datang ke sini sehingga mereka bisa makan malam bersama. Jung Sik menunjukkan kemampuannya memasak secara live di kebun belakang.

Mer Bleue Pension merupakan bagian dari Daebudo Pension Valley yang terdiri dari enam kamar dengan pemandangan laut. Berlokasi di 287-150 Buheung-ro, Daebunam-dong, Distrik Danwon, Ansan penginapan ini tidak jauh dari Monolith Pension. Di dalamnya terdapat area barbekyu, ruang karaoke, dan juga lapangan sepak bola.

6. Island resort country club

Gak Jauh dari Seoul, Ini Dia 7 Destinasi Wisata ala KDrama di Ansanpotret pemandanagan di kompleks Island Resort Country Club (instagram.com/islandresortkorea)

Awal tahun 2021 ini, bagian eksterior Island Resort Country Club muncul sebagai rumah Ketua Lee (Jeon Kuk Hwan) dalam drama She Would Never Know yang dibintangi Ro Woon dan Won Ji Ah. Selain itu juga pernah menjadi lokasi syuting drama Mother of Mine (2019) dan Hyena (2020).

Island Resort Country Club merupakan sebuah resor kelas atas yang terletak di Pulau Daebudo, 466 Daesan-ro, Daebunam-dong, Distrik Danwon, Ansan. Selain hotel dan penginapan, di kawasan resor ini juga terdapat lapangan golf, tea house, restoran, wedding hall, gereja, tempat sauna, dan juga ruang perjamuan.

7. BerAdel equestrian club 

Gak Jauh dari Seoul, Ini Dia 7 Destinasi Wisata ala KDrama di Ansanpotret Golden Glass Dome di BerAdel Equestrian Club Ansan (facebook.com/beradel.official)

BerAdel Equestrian Club ini barangkali menjadi tempat syuting paling populer di Ansan. Tak kurang dari belasan drama telah melakukan pengambilan gambar di sini, mulai dari Princess Hours (2006), Boys Over Flowers (2009), A Man Called God (2010), Big Issue (2019), When My Love Blooms (2020), hingga yang terbaru Mine (2021).

BerAdel Equestrian Club merupakan salah satu pusat berkuda klasik terbaik di Korea Selatan yang didirikan pada tahun 2003. Lokasinya berada di 376 Buheung-ro, Daebunam-dong, Distrik Danwon, Ansan, tak jauh dari Mer Bleue Pension dan Monolith Pension.

Di dalam kompleksnya terdapat Golden Glass Dome (arena berkuda dalam ruangan), Field Riding (arena berkuda luar ruangan), Cross-Country Trail Riding (arena berkuda lintas alam), taman hiburan dengan kolam renang, guest house, clubhouse, dan juga pertokoan yang menjual perlengkapan berkuda. 

Bagaimana, semua destinasi wisata di atas menarik semuanya, kan? Berhubung jarak Ansan tak terlalu jauh dari Seoul, kalian bisa memasukkan tempat-tempat tersebut ke dalam wishlist tempat liburan yang ingin kalian kunjungi jika ada kesempatan pergi ke Korea Selatan nanti. Selamat berlibur!

Baca Juga: 5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Siheung, Ada Mercusuar hingga Taman! 

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya