Comscore Tracker

7 Perpustakaan Keren Ini Jadi Lokasi Syuting KDrama Populer Lho!

Bisa jadi referensi destinasi wisata juga lho guys!

KDrama lovers, jika sedang menonton sebuah drama, hal apa saja yang sering menjadi perhatian kalian selain visual serta kemampuan akting para aktor dan aktrisnya? Alur cerita? Makanan yang disantap? Atau latar tempatnya?

Kebanyakan dari kalian kemungkinan menjawab alur cerita atau plot. Tak dapat dipungkiri bahwa alur cerita merupakan nyawa bagi sebuah drama. Tak jarang banyak penggemar K-Drama yang “give up” setelah menonton beberapa episode karena alurnya yang monoton meski dibintangi aktor dan aktris top.

Selain itu, ada satu faktor yang tidak kalah penting, yaitu latar tempat alias lokasi syuting. Yup, latar tempat ditambah dengan adegan yang memorable tentunya akan menarik perhatian kalian kan? Dan dijamin tak lama kemudian tempat tersebut akan menjadi ramai didatangi para penggemar untuk berwisata sembari berpose seperti adegan dalam drama. Kalian salah satunya?

Salah satu jenis tempat yang kerap dijadikan lokasi syuting adalah perpustakaan. Mungkin sudah mainstream jika mengunjungi pantai, rumah, restoran, kafe, gedung atau taman. Sesekali para pemain melakukan syuting di peprustakan untuk menunjang adegan dan dialog mereka. Begitu pula dengan kalian, jika sedang jalan-jalan ke Korea Selatan tak ada salahnya berkunjung ke perpustakaan untuk wisata literasi untuk menambah pengetahuan.

Penasaran perpustakaan mana saja yang sering muncul dalam KDrama? Yuk kita kupas sembari mengingat-ingat apakah perpustakaan tersebut ada dalam list drama favorit kalian!

1. Forest of Wisdom Library

7 Perpustakaan Keren Ini Jadi Lokasi Syuting KDrama Populer Lho!korea.net

Penggemar drama Why Secretary Kim, apakah kalian ingat dengan adegan Kim Mi-so (Park Min-young) yang tanpa sengaja mengagetkan Lee Young-joon (Park Seo-joon) ketika mereka terjebak di dalam perpustakaan akibat mati lampu? Atau adegan Kim Min-kyu (Yoo Seung-ho) dan robot Aji 3 / Jo Ji-ah (Chae Soo-bin) berkencan di sebuah perpustakaan sembari membaca buku dalam drama I'm Not A Robot?

Semua adegan dalam dua drama tersebut dilakukan di sebuah perpustakaan bernama Forest of Wisdom Library. Forest of Wisdom Library merupakan bagian dari Paju Book City, sebuah komunitas yang membuat, mencetak, menerbitkan, dan menjual buku-buku Korea Selatan. Perpustakan ini memiliki lebih dari 500.000 buku tetapi baru 200.000 yang ditampilkan dalam rak dan dapat dibaca di tempat.

FYI, rak-rak buku yang kalian lihat dalam drama memiliki tinggi sekitar 8 meter dan panjang mencapai 3,1 km lho! Serasa berada di surga buku yang pastinya tidak akan cukup dikunjungi hanya dalam waktu sehari.

Uniknya lagi Forest of Wisdom Library ini buka selama 24 jam dan kalian diizinkan membawa minuman masuk ke dalam. Jika belum cukup, kalian bisa menyewa kamar di guesthouse yang menyatu dengan perpustakan. Wah, lengkap banget kan?

2. CGV Myeongdong Station Cine Library

7 Perpustakaan Keren Ini Jadi Lokasi Syuting KDrama Populer Lho!magazine.seoulselection.com

Mendengar nama CGV pasti yang ada dalam benak kalian adalah bioskop yang menayangkan berbagai jenis film. Lalu kenapa di sini masuk dalam list perpustakaan? Yup, karena CGV Myeongdong Station Cine Library merupakan gedung teater yang disulap menjadi perpustakaan dengan konsep Cine Library dan dibuka pada tahun 2015.

Berlokasi di Distrik Jung, Myeongdong, Seoul, perpustakaan ini menyediakan berbagai macam judul buku yang memiliki kaitan dengan film. Ruangannya pun terbagi menjadi tiga, yaitu bagian C atau Creativity in Cinema yang menyimpan berbagai jenis film.

Bagian G atau Cinema Guide menyimpan buku-buku yang berhubungan dengan film, skenario, dan buku lanjutan yang digunakan untuk merekam adegan, skrip dan konsep; serta bagian V atau Visuality and Arts menyimpan buku-buku tentang seni, sastra, dan humaniora yang menjadi inspirasi sebuah film. 

Di perpustakaan ini juga terdapat auditorium berkapasitas 50 orang untuk seminar, movie screening, atau bedah buku. Jika kalian jeli, auditorium tersebut pernah menjadi lokasi syuting drama Chicago Typewriter (2017), Black Knight (2017-18), Suits (2018), You Drive Me Crazy! (2018), dan Are You Human? (2018). Tertarik berkunjung ke sini?

Baca Juga: Deretan 9 Rumah Mewah yang Sering Jadi Lokasi Syuting K-Drama

3. Namsan Public Library

7 Perpustakaan Keren Ini Jadi Lokasi Syuting KDrama Populer Lho!enews.sen.go.kr

Masih ingat dengan adegan Park Bo-gum mengunjungi perpustakaan ini pada episode 2 drama Encounter? Dalam dialognya ia mengatakan bahwa sangat menyukai jalan menanjak menuju perpustakaan tersebut karena memiliki pemandangan yang berbeda setiap tahunnya. Dalam salah satu scene juga ditunjukkan bahwa lokasi perpustakaan tersebut tidak jauh dari Namsan Tower.

Namsan Public Library berdiri pada tahun 1922 dengan nama Kyeongseong Prefectural Library di Myeong-dong, Seoul. Kemudian pada tahun 1964, lokasinya pindah ke wilayah Sowol, Distrik Yongsan, Seoul atau tepat di kaki Gunung Nam dan satu tahun kemudian namanya pun diubah menjadi Namsan Public Library.

Perpustakaan ini memiliki koleksi lebih dari 500.000 buku, 16.000 bahan non-buku, dan berbagai peninggalan sejarah, seperti buku-buku berbahasa Jepang dan Cina. Sempatkan berkunjung ke sini setelah jalan-jalan di Namsan Tower ya?

4. Seoul Metropolitan Library

7 Perpustakaan Keren Ini Jadi Lokasi Syuting KDrama Populer Lho!visitkorea.or.kr

Seoul Metropolitan Library mungkin tidak asing bagi penggemar drama Fight For My Way yang dibintangi Park Seo-joon dan Kim Ji-won. Pasalnya, bagian taman perpustakaan tersebut menjadi salah satu lokasi syuting drama yang tayang pada tahun 2017 tersebut.

Tepatnya pada episode 3 ketika Choi Ae-ra (Kim Ji-won) sedang sedih dan Ko Dong-man (Park Seo-joon) berusaha menghiburnya. Bagian rooftop gedung perpustakaan juga digambarkan sebagai rooftop dari department store tempat Ae-ra bekerja.

Seoul Metropolitan Library merupakan sebuah perpustakaan umum yang terletak di wilayah Sejong, Distrik Jung, Seoul. Perpustakaan yang didirikan oleh Seoul Metropolitan City ini menyediakan akses dokumen dan koleksi tentang Seoul. Meliputi sejarah, budaya, tata kota, transportasi, lingkungan, adiministrasi, bahan penelitian, hingga video dan berbagai data elektronik. Bagian depan perpustakaan merupakan lapangan luas yang dapat digunakan masyarakat untuk menghabiskan waktu bersama sahabat dan keluarga.

5. Dogok Digital Public Library

7 Perpustakaan Keren Ini Jadi Lokasi Syuting KDrama Populer Lho!blog.naver.com

Dogok Digital Public Library menjadi salah satu lokasi syuting web drama A-Teen (2018), yaitu pada episode 4 ketika Do Ha-na (Shin Ye-eun) datang untuk belajar bersama Ha Min (Kim Dong-hee) dan mereka janjian di depan perpustakaan ini. Tanpa diduga ternyata Kim Ha-na (Lee Na-eun) ternyata juga bergabung dengan mereka karena diajak Ha Min.

Dogok Digital Public Library ini terletak di wilayah Dogok, Distrik Gangnam, Seoul, dan baru dibuka pada tahun 2013. Sesuai dengan namanya, perpustakaan tersebut menyimpan banyak koleksi digital, seperti buku-buku elektronik dan berbagai arsip yang telah diubah bentuknya dari konvensional (lembaran) menjadi digital yang hanya dapat diakses di dalam perpustakaan. Selain itu, perpustakaan juga tetap menyediakan buku-buku yang dapat dibaca dan dipinjam oleh pengunjung.

6. Eunpyeong Public Library

7 Perpustakaan Keren Ini Jadi Lokasi Syuting KDrama Populer Lho!eplib.or.kr

Eunpyeong Public Library menjadi salah satu lokasi syuting drama Legend of The Blue Sea yang dibintangi Lee Min-ho dan Gianna Jun (Jun Ji-hyun). Pada episode 8, Heo Joon-jae (Lee Min-ho) mengajak Shim Cheong (Gianna Jun) pergi ke perpustakaan ini. Ketika Joon-jae sedang sibuk mencari literatur, Shim Cheong membaca buku dongeng tentang putri duyung dan terlihat menangis karena buku yang ia baca memiliki akhir cerita yang sedih.

Eunpyeong Public Library merupakan perpustakaan umum yang dibuka pada tahun 2011. Terletak di wilayah Jingwan, Eunpyeong, suasana di sekitar perpustakaan ini tenang dan sejuk. Arsitekturnya pun juga unik dan sekilas seperti piramida yang simetris dengan berbagai bentuk bangunan yang memiliki filosofi.

7. Café Eco’s Library

7 Perpustakaan Keren Ini Jadi Lokasi Syuting KDrama Populer Lho!koreandramaland.com

Dewasa ini konsep library-cafe memang sedang digandrungi oleh kaum milenial. Ngopi dan nongkrong sembari membaca buku menjadi gaya hidup yang digandrungi. Melihat pelung itu, banyak pengusaha yang membuka library-cafe dengan menyediakan ruangan yang nyaman dan pastinya bahan baca seperti buku dan majalah yang digemari anak-anak muda.

Library-cafe juga banyak bermunculan di Korea Selatan, salah satunya Café Eco’s Library yang pernah menjadi salah satu lokasi syuting drama A Gentelman’s Dignity (2012), tepatnya pada episode 1 ketika Seo Yi-soo (Kim Ha-neul) berjalan melewati kafe ini sementara Kim Do-jin (Jang Dong-gun) sedang bekerja di dalam. Dan pada episode 20, Kim Do-jin (Jang Dong-gun) melamar Seo Yi-soo (Kim Ha-neul) di depan kafe ini.

Café Eco’s Library ini terletak di Bojeong-dong Café Street, sebuah kompleks pertokoan dan kafe yang terletak di wilayah Bojeong, Yongin, Provinsi Gyeonggi. Beberapa lokasi di sekitar kafe juga sering digunakan sebagai lokasi syuting berbagai drama dan film Korea lho!

Seru banget, ya lokasi perpustakaannya! Semoga suatu hari kamu bisa berkunjung ke sana, ya.

Baca Juga: 6 Fakta tentang Sokcho, Kota Kecil yang Jadi Lokasi Syuting Encounter

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You