Comscore Tracker

9 Jembatan Cantik nan Unik yang Kerap Muncul dalam K-Drama

Bisa masuk wishlist destinasi liburan kalian lho!

Dalam rentang waktu dua dekade ini, pariwisata Korea Selatan mengalami kemajuan yang signifikan. Jutaan wisatawan dari berbagai penjuru dunia berkunjung ke sana setiap tahunnya. Pemerintah Negeri Ginseng tersebut juga bersungguh-sungguh dalam membangun, melengkapi, serta mengembangkan berbagai lokasi yang potensial sebagai destinasi wisata.

Selain itu, industri hiburan Korea Selatan juga memiliki andil besar dalam mempromosikan berbagai lokasi wisata di sana, salah satunya melalui drama.

Sebuah drama tidak hanya mengandalkan unsur visual dan kemampuan akting para aktor dan aktrisnya, tetapi juga plot yang menarik serta lokasi yang syuting yang memorable. Mayoritas K-Drama lovers pun ingin mengunjungi tempat-tempat yang pernah digunakan untuk syuting para idola mereka.

Salah satu lokasi yang selalu ada dalam setiap judul drama adalah jembatan. Korea Selatan memiliki ratusan jembatan dengan gaya arsitektur yang variatif, mulai tradisional hingga modern. 

Penasaran mana saja jembatan yang sering muncul dalam K-Drama? Yuk kita kupas sembari mengingat-ingat apakah jembatan tersebut ada dalam list drama favorit kalian!

1. Chuncheon Grand Bridge

9 Jembatan Cantik nan Unik yang Kerap Muncul dalam K-Dramakoreandramaland.com

Ingat adegan pada episode pertama drama About Time ketika Choi Mikhaela (Lee Sung-kyung) melihat kecelakaan beruntun di sebuah jembatan? Atau adegan ketika Kim Bon alias Terius (So Ji-sub) terjebak dalam perangkap Kwon Young-sil (Seo Yi-sook) dan melompat dari jembatan pada episode 16 drama Terius Behind Me?

Kedua adegan tersebut dilakukan di sebuah jembatan cantik bernama Chuncheon Grand Bridge. Jembatan yang menghubungkan pusat kota Chuncheon dengan Pulau Jungdo ini berada di wilayah Chuncheon, Geunhwa-dong, Provinsi Gangwon dan baru dibuka tahun 2018 lalu.

Pulau Jongdo sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi warga Korea Selatan untuk berlibur pada akhir pekan.

2. Banpo Bridge

9 Jembatan Cantik nan Unik yang Kerap Muncul dalam K-Dramamagazine.seoulselection.com

Banpo Bridge merupakan salah satu jembatan paling populer di kalangan pecinta K-Drama karena menjadi latar puluhan drama, film, hingga video clip dalam kurun waktu dua dekade terakhir. Jembatan yang membelah Sungai Han ini terdiri dari dua dek (double-deck), yaitu dek atas dan dek bawah.

Dek atas memiliki air mancur yang disebut Rainbow Fountain dengan 200 lampu yang meneranginya pada malam hari. Sedangkan dek bawah jembatan ini dikenal dengan nama Jamsu Bridge yang dilalui kendaraan bermotor dan juga terdapat jalur khusus pedestrian dan pengendara sepeda. Bagian bawah inilah yang kerap digunakan sebagai lokasi syuting.

Beberapa drama yang mengambil gambar di jembatan ini antara lain : Mama Fairy and the Woodcutter (2018); Hundred Million Stars From the Sky (2018); Devilish Joy (2018); Familiar Wife (2018); Time (2018); Your House Helper (2018); About Time (2018); Suits (2018); The Miracle We Met (2018); dan masih banyak lagi.

3. Seogang Bridge

9 Jembatan Cantik nan Unik yang Kerap Muncul dalam K-Dramastructurae.net

Sama seperti Banpo Bridge, Seogang Bridge juga merupakan jembatan yang sering muncul dalam K-Drama.

Jembatan yang terletak di wilayah Hajung, distrik Mapo, Seoul ini memiliki ciri khas berupa sepasang struktur metal berwarna merah yang melengkung di bagian utara. Bagian inilah yang biasanya ditampilkan sebagai latar tempat ketika aktor atau aktris dalam drama sedang mengendarai mobil.

Beberapa drama melakukan pengambilan gambar di tempat ini antara lain : The Third Charm (2018); Devilish Joy (2018); The Beauty Inside (2018); Why Secretary Kim (2018); Are You Human? (2018); Suits (2018); While You Were Sleeping (2017); Suspicious Partner (2017); Chief Kim (2017); Legend of the Blue Sea (2016); Healer (2014-15); Coffee Prince (2007); I'm Sorry, I Love You (2004); dan masih banyak lagi.

4. Cheongsu Bridge

9 Jembatan Cantik nan Unik yang Kerap Muncul dalam K-Dramakoreandramaland.com

Jembatan yang satu ini sangat memorable pagi penggemar drama fenomenal Why Secretary Kim. Bagaimana tidak, selain suasananya yang tenang dan sejuk, adegan konyol yang disajikan di jembatan ini membuat para penonton tak mampu menahan tawa, yaitu pada episode 7 ketika para karyawan satu divisi di bawah Lee Young-joon (Pak Seo-joon) sedang berlibur bersama.

Bayangan liburan yang menyenangkan pun buyar setelah Young-joon datang dengan alasan mengantar Pak Yang alias Yang Cheol (Kang Hong-suk). Tentu saja itu hanya dibuat-buat karena sebenarnya ia ingin menemui Kim Mi-so (Park Min-young). Mau tidak mau, para karyawan harus menuruti perintah atasannya.

Jembatan yang digunakan dalam adegan tersebut bernama Cheongsu Bridge yang membelah Sungai Seungan. Terletak di desa Seungan, Kota Gapyeong, Provinsi Gyeonggi, jembatan ini hanya berjarak satu jam perjalanan dari Pulau Nami dengan menggunakan transportasi umum.

5. Hantangang Sky Bridge

9 Jembatan Cantik nan Unik yang Kerap Muncul dalam K-Dramakoreandramaland.com

Selain Cheongsu Bridge, jembatan lain yang juga memorable dalam drama Why Secretary Kim episode 7 adalah Hantangang Sky Bridge. Pemandangan di sekitarnya sangat cantik didukung dengan sinematografi yang super keren dan juga dialog antara Lee Young-joon (Park Seo-joon) dan Kim Mi-so (Park Min-young) cukup menyentuh hati.

Hantangang Sky Bridge merupakan jembatan dengan panjang 200 meter dan tinggi 50 meter yang melintasi ngarai Sungai Hantan. Terletak di Desa Daehoesan, Yeongbuk-myeon, Pocheon, Provinsi Gyeonggi, jembatan tersebut baru dibuka bulan Mei 2018 lalu. Tertarik ke sana?

Baca Juga: Wisata KDrama, 8 Lokasi Syuting di Korea Ini Wajib Kamu Kunjungi

6. Botdeulyuk Bridge

9 Jembatan Cantik nan Unik yang Kerap Muncul dalam K-Dramakoreandramaland.com

Korea Selatan tidak hanya memiliki jembatan untuk kendaraan bermotor, tetapi juga jembatan pedestrian atau kita biasa menyebut Jembatan Penyeberangan Orang (JPO). Jangan bayangkan JPO di sana seperti JPO di Indonesia yang ala kadarnya.

Arsitektur JPO di sana tak kalah keren dengan jembatan yang dilalui kendaraan serta mampu memberikan kenyamanan bagi para pejalan kaki. Salah satunya adalah Botdeulyuk Bridge.

Botdeulyuk Bridge terletak di wilayah Sampong, distrik Bundang, Provinsi Gyeonggi, tepatnya di depan gedung Hanwha Future Technology Institute, sebuah perusahaan kimia besar di Korea Selatan.

Salah satu drama yang mengambil gambar di lokasi ini adalah A-Teen (Eighteen) pada episode 14, yaitu ketika Do Ha-na (Shin Ye-eun) dan Nam Si-woo (Shin Seung-ho) sedang berjalan-jalan dan Si-woo mengutarakan perasaannya pada Ha-na.

7. Yeouido Saetgang Pedestrian Bridge

9 Jembatan Cantik nan Unik yang Kerap Muncul dalam K-Dramajejuweekly.com

Selain Botdeulyuk Bridge, jembatan pedestrian yang beberapa kali digunakan sebagai lokasi syuting drama adalah Yeouido Saetgang Pedestrian Bridge yang terletak di wilayah Yeouido, distrik Yeongdeungpo, Seoul.

Jembatan yang dibuka sejak musim semi tahun 2011 ini dibangun dengan arsitektur modern dan asimetris yang menghubungkan wilayah Singil dengan Yeouido, tepatnya menuju Yeouido Saetgang Ecological Park.

Drama yang mengambil gambar di jembatan ini antara lain: Suits (KBS2, 2018), episode 2 ketika Go Yeon-woo (Park Hyung-sik) melintasi jembatan ini sembari mengendarai sepedanya dan Black Knight: The Man Who Guards Me (KBS2, 2017-18), episode 1 ketika Jung Hae-ra (Shin Se-kyung) berjalan di jembatan ini sembari menangis karena mengetahui bahwa mantan pacarnya penipu.

Ada pula di Fight For My Way (KBS2, 2017), episode 1 ketika Baek Seol-hee (Song Ha-yoon) berjalan menyusuri jembatan ini dan Healer (KBS2, 2014-15), episode 11 ketika Chae Young-shin (Park Min-young) berjalan di sini untuk kencan dengan Healer alias Seo Jung-hoo (Ji Chang-wook).

8. Bukhangang Railroad Bridge

9 Jembatan Cantik nan Unik yang Kerap Muncul dalam K-Dramakoreatodo.com

Begitu melihatnya para K-Drama lovers pasti langsung tahu bahwa jembatan ini merupakan lokasi Yoo Hye-jung (Park Shin-hye) bersepeda bersama gurunya, Hong Ji-hong (Kim Rae-won), pada episode 2 drama Doctors dan juga sebagai lokasi yang dilalui para peserta kursus bersepeda yang juga diikuti oleh Baek Joo-ran (Lee Yoon-ji) dalam drama The Third Charm episode 4.

Jembatan bernama Bukhangang Railroad Bridge ini dulunya merupakan perlintasan kereta api yang membelah Sungai Bukhan (anak Sungai Han). Saat ini dialihfungsikan sebagai jalur bersepeda dan pejalan kaki. Terletak di Desa Yangsu, Kota Yangseo, Provinsi Gyeonggi, perjalanan menuju jembatan ini dapat ditempuh selama 1,5 dari Seoul dengan menggunakan transportasi umum.

9. Geumgang Gureumdari Bridge

9 Jembatan Cantik nan Unik yang Kerap Muncul dalam K-Dramavisitkorea.or.kr

Dari sekian banyak jembatan cantik di Korea Selatan,Geumgang Gureumdari Bridge ini mungkin dapat dikatakan cukup menantang dan menguji nyali.

Mengapa demikian?

Karena jembatan setinggi 81 meter atau 300 mdpl dan memiliki panjang 50 meter ini merupakan penghubung menuju puncak Gunung Daedunsan di Taman Provinsi Daedunsan yang berbatu dan terjal. Hmm, berani coba?

Jembatan ini pernah dijadikan lokasi syuting dua drama, yaitu Strong Woman Do Bong-soon (JTBC, 2017), episode 3 ketika Do Bong-soon (Park Bo-young) dan ibunya melintasi jembatan dari kuil yang digambarkan berada di atas bukit; dan Your Honor / Dear Judge (SBS, 2018), episode 4 ketika Song So-Eun (Lee Yoo-Young) bersama Song Ji-Yeon (Kwak Sun-Young) berjalan di atas jembatan ini setelah agresornya diadili.

Wah, cantik-cantik ya jembatannya. Kamu mau mengunjungi yang mana dahulu?

Baca Juga: Siap Merinding, Ini 5 Film Horor Korea yang Tayang 2019

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You