Comscore Tracker

7 Book Cafe Cantik Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama Lho!

Pencandu buku bisa main ke sini setelah pandemi berakhir 

Ngomongin lokasi syuting KDrama memang tidak ada habisnya. Lokasi-lokasi tersebut biasanya akan menjadi incaran para penggemar setelah menjadi latar syuting KDrama yang menampilkan aktor dan aktris idola mereka. Beberapa lokasi bahkan menjadi destinasi wisata yang mampu menarik wisatawan dari dalam hingga luar Korea Selatan.

Salah satu “jenis” lokasi yang kerap didatangi para penggemar adalah kafe dengan konsep perpustakaan alias book cafe. Hal ini tentu memanjakan para KDrama Lovers yang memiliki hobi baca buku sekaligus nongkrong cantik. Apalagi kafenya instagrambale banget. Pasti tambah betah deh!

Penasaran di mana saja kafe-kafe tersebut? Simak ulasan di bawah ini ya! Siapa tahu bisa jadi referensi destinasi wisata ke Korea Selatan setelah pandemi COVID 19 ini berakhir.

1. Sogeumbit Book store

7 Book Cafe Cantik Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama Lho!https://www.instagram.com/booknhandcraft/

Para penggemar drama The King: Eternal Monarch pasti tidak asing dengan toko buku satu ini. Yup, Sogeumbit Bookstore ini muncul dalam episode ketiga dari drama yang dibintangi Lee Min-ho dan Kim Go-eun, tepatnya ketika adegan Lee Gon (Lee Min-ho) sedang melihat koleksi di rak buku kemudian membeli buku kumpulan puisi karya Kim So-wol berjudul Azaleas. Setelah itu, ia pun kembali ke Kerajaan Corea.

Sogeumbit Bookstore tidak hanya menjual buku, tetapi juga peralatan makan, aneka barang kerajinan tangan, dan tentu saja merupakan kafe yang menyajikan aneka kudapan dan makanan lezat. Lokasinya berada di 7 Nammunan-gil, Desa Sinmun, Ganghwa, Incheon, Korea Selatan atau sekitar 48 km dari Seoul.

Arsitekturnya masih mempertahankan konsep rumah tradisional Korea atau yang lazim disebut hanok. Dibangun pada tahun 1918 hingga 1928, hanok ini menggunakan kayu dari pohon pinus Gunung Baekdu yang dikenal memiliki kualitas kayu terbaik.

Saat ini, Sogeumbit Bookstore dikelola oleh sepasang suami istri dan menjadi satu-satunya toko buku di Incheon yang didukung oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan.

Bagaimana, tertarik berkunjung ke sini dan berfoto ala Raja Lee Gon?

2. Book cafe Noon

7 Book Cafe Cantik Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama Lho!instagram.com/bumtto

Bookacafe Noon pernah menjadi lokasi syuting beberapa KDrama, di antaranya Familiar Wife (tvN, 2018); Romance Is A Bonus Book (tvN, 2019); dan Moments of 18 (JTBC, 2019).

Dalam drama Familiar Wife episode 14, Cha Joo-hyuk (Ji Sung) bertemu dengan Lee Hye-won (Kang Han-na) di kafe ini. Mereka digambarkan berada pada second alternate universe. Hye-won mengungkapkan perasaan pada Joo-hyuk tetapi Joo-hyuk memilih untuk mengabaikannya dan pergi.

Sedangkan dalam drama Romance Is A Bonus Book episode 2, bookcafe ini terlihat di seberang tempat parkir Gyeoroo Publishing di mana Cha Eun-ho (Lee Jong-suk) sedang beradu mulut dengan Kang Dan-yi (Lee Na-young).

Book cafe Noon ini berada di Paju Book City, sebuah kompleks budaya yang terletak di Distrik Munbal, Gyoha, Kota Paju, Provinsi Gyeonggi. Di wilayah ini terdapat sekitar 250 penerbit yang menciptakan, menerbitkan, dan menjual buku-buku Korea Selatan.

Posisi Book cafe Noon berada di seberang Forest of Wisdom (perpustakaan terbesar di Paju).

3. Hesse Boulangerie 152 

7 Book Cafe Cantik Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama Lho!koreandramaland.com

Masih di wilayah kota Paju dan tidak jauh dari Bookcafe Noon, terdapat book cafe sekaligus toko roti dan tempat nongkrong dengan konsep unik bernama Hesse Boulangerie 152.

Pada tahun 2019 lalu, kafe ini menjadi salah satu latar dalam tiga drama yang ditayangkan tvN, yaitu Search: WWW (tvN, 2019), Touch Your Heart (tvN, 2019), dan Romance is a Bonus Book (tvN, 2019).

Hesse Boulangerie 152 adalah kedai roti sekaligus kafe yang merupakan bagian dari Cafe Hesse. Lokasinya berada di wilayah Paju Book City, Distrik Munbal, Kota Paju, Provinsi Gyeonggi atau lima menit berjalan kaki dari Forest of Wisdom.

Nama kafe ini terinspirasi dari penulis dan penyair Jerman klasik, Herman Hesse. Bahkan puisi Hesse yang dibuat pada tahun 1918 berjudul “Bücher” (berarti: buku) dicetak di dinding bagian interior dan menjadi daya tarik yang instagramable pastinya!

Baca Juga: 5 Lokasi Syuting Drama True Beauty, Mulai Kafe Hingga Universitas

4. Jinsun Book Cafe 

7 Book Cafe Cantik Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama Lho!seoulkoreatour.net

Dilihat dari luar saja book cafe ini tampak menarik dan sangat eye-catching. Gak heran kalau pernah jadi lokasi syuting beberapa K-Drama, seperti Find Me In Your Memory (MBC, 2020); 3 Twelve Nights (Channel A, 2018); dan Queen of The Ring (MBC/Naver, 2017).

Jinsun Book Cafe ini merupakan kafe sekaligus perpustakaan yang memiliki sekitar 2500 koleksi buku. Kafe yang terletak di Jalan Samcheong, wilayah Samcheong, Distrik Jongno, Seoul ini juga merupakan bagian dari Jinsun Publishers, sebuah perusahaan penerbitan buku yang cukup terkenal di Korea Selatan.

Kafe ini memiliki ruangan indoor maupun outdoor yang nyaman dan bisa dimanfaatkan untuk bersantai atau bercengkerama dengan sahabat atau keluarga.

5. Mr. Vertigo Books 

7 Book Cafe Cantik Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama Lho!koreandramaland.com

Mr Vertigo Books menjadi salah satu lokasi syuting drama fenomenal yang tayang tahun 2017 lalu, Because This Is My First Life (tvN, 2017). Pada episode 14, Nam Se-Hee (Lee Min-Ki) membeli buku berjudul “There’s Nothing Wrong With Changing Things” karya Park Joon di kafe buku ini. Yoon Ji-Ho (Jung So-Min) datang beberapa saat kemudian dan hendak mencari buku yang sama tetapi penjual mengatakan kepadanya bahwa stok terakhir baru saja terjual.

Pada saat pengambilan gambar drama Because This Is My First Life, toko buku ini berada di Jalan Gangsong 73beon-gil, wilayah Baekseok, Distrik Ilsandong, Kota Goyang, Provinsi Gyeonggi. Namun, sejak 2019 lokasinya pindah ke Bella Citta [벨라 시타] yang hanya berjarak 15 menit dari lokasi sebelumnya.

6. Cafe Eco’s Library 

7 Book Cafe Cantik Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama Lho!koreandramaland.com

Mungkin kalian harus mengingat-ingat kapan kafe ini pernah menjadi lokasi syuting K-Drama. Ternyata udah lama, guys! Tepatnya dalam drama A Gentlemant’s Dignity yang ditayangkan di SBS tahun 2012 lalu. Pada episode 1, Seo Yi-soo (Kim Ha-neul) berjalan di depan Cafe Eco’s Library ini, sementara Kim Do-jin (Jang Dong-gun) duduk di dalam sembari bekerja. Kemudian pada episode 20, Do-jin melamar Yi-soo di depan kafe ini.

Cafe Eco’s Library [Ecouiseojae] adalah kafe buku yang terletak di Bojeong-dong Cafe Street, wilayah Bojeong, Distrik Giheung, Kota Yongin, Provinsi Gyeonggi. FYI, Bojeong-dong Cafe Street merupakan satu jalan atau kompleks yang terdiri dari deretan kafe, restoran, toko, dan tempat nongkrong populer di kalangan penduduk setempat.

7. Book Says, Anam Tower 

7 Book Cafe Cantik Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama Lho!instagram.com/booksays_

Book cafe yang satu ini masih terbilang masih “hangat” karena muncul dalam episode 12 drama Do Do Sol Sol La La Sol (KBS2, 2020). Goo Ra-ra (Go Ara) bertemu dengan Cho Yun-sil (Seo Yi-sook), ibu dari Sunwoo Joon (Lee Jae-wook), di kafe buku ini. Mendengar pertemuan ini, teman-teman baik Ra-ra turut pergi ke kafe karena khawatir Ra-ra akan diperlakukan tidak baik oleh ibu Joon.

Tempat pertemuan antara Ra-ra dan ibu Joon bernama Book Says yang terletak di lantai 1 Anam Tower. Tower yang dibangun dari tahun 1997 hingga 2000 ini merupakan gedung perkantoran komersial dan perumahan setinggi 20 lantai yang terletak di Jalan Teheran 311, Wilayah Yeoksam, Distrik Gangnam, Seoul.

Nah, itu dia 7 book cafe cantik yang pernah jadi lokasi syuting KDrama. Buruan masukkan ke wish list liburanmu nanti ke Korea Selatan setelah pandemi ini berakhir!

Baca Juga: 10 Lokasi Syuting To All The Boys: Always and Forever, Ada di Korea! 

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya