Comscore Tracker

Liburan Sambil Belajar, Ini Dia 5 Destinasi Wisata Akuarium Ala KDrama

Ada lokasi syuting The Legend of The Blue Sea 

Biasanya para wisatawan, khususnya penggemar KDrama, pergi ke Korea Selatan untuk mengunjungi destinasi wisata atau tempat-tempat yang pernah menjadi lokasi syuting KDrama favorit mereka. Mulai dari istana, mural village, pantai, taman, pulau, restoran hingga hotel semuanya mungkin sudah khatam untuk disambangi dan menciptakan kenangan yang indah di sana.

Nah, biar jalan-jalannya gak itu-itu mulu, bagaimana kalau sesekali liburan sambil belajar ke akuarium atau seaworld yang juga pernah jadi lokasi syuting KDrama? Penasaran di mana saja itu? Simak ulasan di bawah ini ya!

1. Hanwha Aqua Planet Ilsan 

Liburan Sambil Belajar, Ini Dia 5 Destinasi Wisata Akuarium Ala KDramaHanwha Aqua Planet Ilsan (m.aquaplanet.co.kr)

Hanwha Aqua Planet Ilsan atau Aqua Planet Ilsan merupakan akuarium konvergensi 4 lantai pertama Korea yang menggabungkan akuarium dan kebun binatang di dalam ruangan. Lokasinya berada di Janghang-dong, Distrik Ilsan, Kota Goyang, Provinsi Gyeonggi, tidak jauh dari Ilsan Lake Park.

Dengan luas total 14660m² dan volume tangki air sebesar 4300 ton, Aqua Planet ini menjadi rumah bagi 325 makhluk laut dan darat dari seluruh dunia. Juga terdapat pertunjukan yang menggabungkan video dengan akuarium dalam tangki besar.

Akuarium ini buka setiap hari pukul 10.00–18.00 waktu setempat. Biaya masuk yang dikenakan mulai dari KRW 4.000 sampai KRW 28.000 per orang tergantung wahana apa yang ingin dimasuki, usia pengunjung (anak-anak dan lansia lebih murah), dan waktu berkunjung (akhir pekan lebih mahal).

Beberapa drama pernah melakukan pengambilan gambar di sini, diantaranya The Great Seducer (MBC, 2018); Cinderella and Four Knights (tvN, 2016); Kill Me, Heal Me (MBC, 2015); Let Me Introduce Her (SBS, 2018); dan Hyde, Jekyll & I (SBS, 2015).

2. COEX Aquarium 

Liburan Sambil Belajar, Ini Dia 5 Destinasi Wisata Akuarium Ala KDramaCOEX Aquarium (coexaqua.com)

Akuarium selanjutnya adalah COEX Aquarium yang terletak di Samseong-dong, Distrik Gangnam, Seoul. Posisinya berdekatan dengan SMTOWN Coex Artium. Dibuka pada tahun 2000, akuarium ini memamerkan lebih dari 40.000 makhluk dari sekitar 650 spesies dalam 90 tangki yang dikelompokkan dalam empat belas zona penemuan dan enam area bertema.

Melalui tangki-tangki tersebut para pengunjung dapat melihat gambaran habitat asli dari suatu spesies ikan. Selain ikan, juga terdapat hewan lain untuk menunjang pameran seperti burung, berang-berang, dan vegetasi yang sesuai. Pengunjung dapat mengunjungi akuarium ini setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 20.00 waktu setempat.

COEX Aquarium pernah menjadi lokasi syuting drama I Can Hear Your Voice (SBS, 2013); One Fine Day (MBC, 2006); My Name is Kim Sam-Soon (MBC, 2005); We Are Dating Now (SBS, 2002); dan Beautiful Days (SBS, 2001).

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Romantis di Korea Selatan, Lokasi Syuting K-Drama

3. Lotte World Aquarium 

Liburan Sambil Belajar, Ini Dia 5 Destinasi Wisata Akuarium Ala KDramaLotte World Aquarium (nstagram.com/lotteworld_aquarium)

Lotte World Aquarium merupakan bagian dari Lotte World Tower yang terletak Sincheon-dong, Distrik Songpa, Seoul. Lotte World Tower sendiri memiliki tinggi mencapai 555 meter dengan 123 lantai yang menjadikannya sebagai gedung pencakar langit (skyscraper) tertinggi di Korea Selatan dan kelima di dunia. Selain akuarium, di dalamnya juga terdapat gerai ritel, apartemen, kantor, hotel bintang 6, dan dek observasi.

Lotte World Aquarium memiliki konsep harmonisasi antara manusia dengan ekosistem laut. Sekitar 55.000 hewan laut dari 650 spesies hidup di dalam tangki akuarium yang telah disesuaikan dengan habitat asli mereka dan kualitas airnya pun selalu terjaga. Tangki-tangki tersebut dibedakan ke dalam 13 tema dari lima perairan di dunia.

Untuk dapat memasukinya, pengunjung dikenakan biaya KRW 29.000 untuk anak-anak dan lansia serta KRW 33.000 untuk dewasa.

Lotte World Aquarium pernah menjadi lokasi syuting drama Search: WWW (tvN, 2019); Clean With Passion For Now (JTBC, 2018-19); dan KBS Drama Special: The Tuna and The Dolphin (KBS2, 2018).

4. Aqua Planet 63 

Liburan Sambil Belajar, Ini Dia 5 Destinasi Wisata Akuarium Ala KDramaAqua Planet 63 (m.aquaplanet.co.kr)

Siapa yang masih ingat adegan Shim Cheong (Gianna Jun) bertemu lagi dengan Heo Joon-jae (Lee Min-ho) di sebuah akuarium setelah sempat berpisah di Spanyol? Adegan dalam episode 3 drama The Legend of the Blue Sea (SBS, 2016-17) tersebut memang bikin terharu karena melihat perjuangan Shim Cheong berenang dari Spanyol ke Korea Selatan untuk mencari Joon-jae.

Lokasi pertemuan Shim Cheong dan Joon-jae tersebut berada di Aqua Planet 63, 63 Square Building, Yeouido-dong, Distrik Yeongdeungpo, Seoul. Di dalamnya terdapat Otter Planet; Aqua Garden yang menampilkan tanaman air tanaman Amazon, dan lungfishGolden Miracle Zone dihiasi dengan bunga matahari yang cerah; Coral Planet yang berisi karang bawah laut warna-warni; dan masih banyak lainnya.

Di akuarium utama, pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan putri duyung dengan perpaduan musik dan lampu yang indah.

Aqua Planet 63 buka setiap hari pukul 10.00 sampai 19.00 waktu setempat. Untuk memasukinya, pengunjung harus membayar sebesar KRW 23.000 untuk anak-anak usia maksimal 13 tahun dan lansia 65 tahun ke atas atau KRW 27.000 untuk dewasa.

5. Play Aquarium 

Liburan Sambil Belajar, Ini Dia 5 Destinasi Wisata Akuarium Ala KDramaPlay Aquarium (playaquarium.co.kr)

Akuarium yang terakhir ini pastinya masih hangat dalam benak para penggemar KDrama. Pasalnya Play Aquarium menjadi salah satu lokasi syuting drama Navillera (tvN, 2021) yang baru saja mengakhiri masa tayangnya 27 April lalu. Pada episode 6-7, Sim Deok-chool (Park In-hwan) dan Choi Hae-nam (Na Moon-hee) mengunjungi akuarium ini dalam rangka ulang tahun pernikahan mereka.

Play Aquarium terletak di kompleks Woongjin Play City (Woongjin Playdoci), 2 Jomaru-ro, Sang-dong, Distrik Wonmi, Bucheon, Provinsi Gyeonggi. Mengusung konsep ‘pertemuan akuarium dan hutan di kota’ dan ‘experiental aquarium’ , Play Aquarium ini menyuguhkan berbagai jenis binatang air yang dibagi ke dalam 9 (sembilan) zona atau tema, mulai dari Korean Pavilion, One Tunnel Water Tank, Turtle House, Mammalian Tube, Shark House, Main Building, Globe, Theme Hall, hingga Endangered Species.

Akuarium ini buka setiap hari sepanjang tahun. Untuk dapat memasukinya, pengunjung dikenakan biaya sebesar KRW 25.000 untuk anak-anak, KRW 27.000 untuk remaja, dan KRW 30.000 untuk dewasa. Ada diskon khusus untuk grup pelajar dan lansia juga lho!

Nah, itu dia 5 akuarium yang pernah menjadi lokasi syuting KDrama. Kalian bisa memasukkannya dalam wishlist destinasi liburan setelah pandemi Covid-19 ini berakhir nanti ya!

Baca Juga: 10 Akuarium Terbesar dan Menakjubkan di Dunia, Mana Saja?

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya