Comscore Tracker

6 Destinasi Wisata Ala KDrama di Kota Donghae, Ada Desa Mural Juga! 

Pantai-pantainya pun tak kalah indah 

Mendengar nama Donghae, pasti yang ada di benak kalian adalah nama salah satu personel boyband Super Junior, kan? Tentu saja bukan! Donghae di sini adalah nama sebuah wilayah setingkat kotamadya di Provinsi Gangwon yang berbatasan langsung dengan laut timur Korea Selatan atau laut Jepang.

Donghae dan sekitarnya merupakan zona industri bebas dan memiliki iklim investasi bisnis yang bagus. Selain itu, sebagian besar wilyahnya berupa pegunungan dan menawarkan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tak jarang, beberapa tempat diantaranya juga sering menjadi lokasi syuting KDrama lho!

Penasaran di mana saja destinasi wisata ala KDrama di kota Donghae? Simak ulasannya di bawah ini sampai habis ya!

1. Nongoldam-gil Street 

6 Destinasi Wisata Ala KDrama di Kota Donghae, Ada Desa Mural Juga! Nongoldam-gil Street Donghae (english.visitkorea.or.kr)

Nongoldam-gil Street atau juga kerap disebut sebagai Nongol Village merupakan sebuah perkampungan tepi laut yang hampir setiap sudutnya dihiasi mural-mural cantik. Berlokasi di Desa Nongol, Mukojin-dong, Donghae, penduduk desa ini mayoritas bekerja dalam industri perikanan sebagai nelayan dan distributor/penjual ikan.

Seiring perkembangan zaman, industri ini semakin surut karena banyak yang penduduk pindah ke kota besar. Pusat Kebudayaan Donghae kemudian mencanangkan proyek 'Mukho Deungdae Damhwa' pada tahun 2010 untuk merevitalisasi desa ini dengan cara pembuatan mural di berbagai sudut tempat.

Uniknya, proyek ini dijalankan dengan pendekatan partisipatif warga setempat. Mereka diwawancarai banyak hal, khususnya tentang kehidupan dan pekerjaan dalam industri perikanan. Hasil dari wawancara tersebut kemudian divisualisasi dalam bentuk mural di berbagai sudut desa oleh para seniman dan pelukis profesional.

Nongoldam-gil Street ini pernah muncul dalam drama Run On (JTBC, 2020-21) yang digambarkan sebagai kampung halaman Lee Young Hwa (Kang Tae Oh). Selain itu juga menjadi tempat Ma Se young (Kyung Soo Jin) dan Kang Jin Gu (Kim Young Kwang) jalan-jalan dalam drama Plus Nine Boys (tvN, 2014) dan kawasan rumah Cha Eun Sang (Park Shin Hye) bersama ibunya dalam drama The Heirs (SBS, 2013).

2. Mukho Lighthouse 

6 Destinasi Wisata Ala KDrama di Kota Donghae, Ada Desa Mural Juga! Mukho Lighthouse Donghae (english.visitkorea.or.kr)

Tak jauh dari Nongoldam-gil Street, terdapat sebuah mercusuar cantik yang pernah menjadi tempat Lee Seung Gi menyatakan cinta pada Han Hyo Joo dalam drama Brilliant Legacy (SBS, 2009). Mercusuar bernama Mukho Lighthouse ini dibuka pada 8 Juni 1963 untuk membantu navigasi kapal-kapal yang datang dan pergi ke/dari pelabuhan Mukho.

Berlokasi di 289 Haemaji-gil, Mukojin-dong, Donghae, Mukho Lighthouse berdiri di atas ketinggian 67 meter. Strukturnya terbuat dari beton melingkar putih setinggi 12 meter dengan dua lantai.

Mercusuar ini dikelilingi oleh taman bunga forsythia yang mekar di musim semi dan pemandangan laut lepas yang sangat indah. Juga terdapat Maritime Fishing Exhibition Hall yang bisa diakses pengunjung untuk mempelajari sejarah kegiatan memancing di daerah tersebut.

Selain Brilliant Legacy, Mukho Lighthouse juga pernah menjadi lokasi syuting drama Plus Nine Boys (tvN, 2014) dan My Secret Romance (OCN, 2017). Masih ingat adegan apa saja yang dilakukan di sini pada dua drama tersebut?

3. Mangsang Beach 

6 Destinasi Wisata Ala KDrama di Kota Donghae, Ada Desa Mural Juga! Yeo Jin Goo dan IU di Mangsang Beach dalam drama Hotel del Luna (twitter.com/KoreanTravel)

Masih ingat dengan adegan Jang Man Wol (IU) pergi ke sebuah pantai yang berada di area Hotel del Luna? Ia merasa kepanasan kemudian meminta ‘Departemen Penanganan Cuaca’ untuk mengubah suasana siang menjadi sore hari saat matahari terbenam. Koo Chan Sung (Yeo Jin Goo) pun menyusulnya dan memberikan tanda tangan tokoh idola Man Wol.

Dalam kehiudupan nyata, pantai tersebut adalah Mangsang Beach yang terletak di 6270-10 Donghae-daero, Mangsang-dong, Donghae. Pantai yang membentang sepanjang 1,4 km ini menjadi pantai terbesar di wilayah timur Korea Selatan.

Setiap tahun diselenggarakan berbagai acara menarik di sini, seperti Festival Pantai Mangsang atau Festival Laut Evergreen pada awal bulan Agustus dan kompetisi memancing nasional pada bulan November.

Mangsang Beach juga menjadi destinasi liburan favorit keluarga karena memiliki pasir putihnya yang indah, perairan yang dangkal, hutan pinus rimbun di sekitarnya, fasilitas yang lengkap, dan juga terdapat area perkemahan tak jauh dari bibir pantai.

Tertarik berkunjung ke sini?

Baca Juga: 7 Tempat di Pocheon Ini Andalan Lokasi Syuting Drama Korea

4. Donghae Mangsang Beach Hanok Village 

6 Destinasi Wisata Ala KDrama di Kota Donghae, Ada Desa Mural Juga! Kang Tae Oh dan Choi Soo Young di Mangsang Beach Hanok Village (instagram.com/kto940620)

Masih di dalam area Mangsang Beach, terdapat sebuah spot menarik yang pernah menjadi lokasi syuting drama Run On (JTBC, 2020-21).

Pada episode 14, Seo Dan Ah (Choi Soo Young) mengajak Oh Mi Joo (Shin Se Kyung) berkunjung ke kampung halaman Lee Young Hwa (Kang Tae Oh). Young Hwa kemudian mengajak Dan Ah ke sebuah dermaga tepi pantai yang tak jauh dari penginapan.

Dermaga yang dikunjungi Young Hwa dan Dan Ah adalah Donghae Mangsang Beach Hanok Village. Tempat tersebut menjadi bagian Mangsang Auto Camping Resort yang menawarkan penginapan berarsitektur hanok. Lokasinya berada di 6370 Donghae-daero, Mangsang-dong, Donghae, hanya sepelemparan batu dari lokasi utama Mangsang Beach.

5. Eojjeoda Eodal 

6 Destinasi Wisata Ala KDrama di Kota Donghae, Ada Desa Mural Juga! Eojjeoda Eodal Donghae (instagram.com/eojjeoda_eodal)

Eojjeoda Eodal ini digambarkan sebagai Café Somehow tempat Go Ae Rin (Jung In Sun) bekerja paruh waktu dalam drama Terius Behind Me (MBC, 2018). Pada episode 23, Kim Bon/Terius (So Ji Sub) datang menemuinya di pantai yang terletak tepat di depan kafe ini.

Eojjeoda Eodal merupakan bangunan empat lantai yang terdiri dari kafe di lantai satu dan penginapan dengan pemandangan laut yang sangat cantik di lantai dua hingga empat. Lokasinya berada di kawasan Eodal Beach, 309 Ilchul-ro, Eodal-dong, Donghae, bukan di Pulau Jeju seperti yang disebutkan dalam drama Terius Behind Me.

6. Chuam Beach 

6 Destinasi Wisata Ala KDrama di Kota Donghae, Ada Desa Mural Juga! Chuam Beach Donghae (dh.go.kr)

Chuam Beach mulai dikenal publik, terutama wisatawan internasional, sejak menjadi lokasi syuting drama Winter Sonata (KBS2, 2002). Di sinilah Lee Min Hyung (Bae Yong Joon) dan Jung Yoo Jin (Choi Ji Woo) berkencan pada episode 18.

Chuam Beach terletak di 17-2 Chotdaebawi-gil, Chuam-dong, Donghae, tak jauh dari perbatasan antara Donghae dan Samcheok. Pantai ini dikenal sebagai salah satu tempat untuk menikmati matahari terbit dengan pasir pantai yang halus. Di sana juga terdapat pulau-pulau berbatu besar dan kecil. Batu yang paling terkenal adalah Chotdaebawi atau batu lilin yang menjulang tinggi layaknya lilin.

Selain Winter Sonata, pantai ini juga pernah menjadi lokasi syuting drama The Innocent Man (KBS2, 2012). Pada episode 8 dan 9, Kang Ma Ru (Song Joong Ki) memberi tahu Seo Eun Gi (Moon Chae Won) bahwa dia telah menipu Eun Gi selama ini dan tetap berusaha mempertahankan cinta mereka. Siapapun yang nonton pasti ikut patah hati banget!

Nah, itu dia 6 destinasi wisata ala KDrama di Kota Donghae, Provinsi Gangwon. Kalian tertari mengunjungi semuanya setelah pandemiCOVID-19 ini berakhir nanti?

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Romantis di Korea Selatan, Lokasi Syuting KDrama

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya