Comscore Tracker

Rekomendasi 11 Destinasi Wisata Ala KDrama di Negara Slovenia

Bikin pengen segera packing buat pergi ke sana nih!

Lokasi syuting KDrama memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Selain menunjang adegan atau scene dalam suatu drama, tak sedikit pula beberapa tempat atau wilayah 'memanfaatkan' kemunculannya untuk promosi yang bisa mengundang banyak orang untuk mendatanginya.

Begitu pula dengan Slovenia. Negara yang terletak di Eropa Tengah tersebut pernah menjadi lokasi syuting drama Black Knight: The Man Who Guards Me (KBS2, 2017-18) dan Memories of The Alhambra (tvN, 2018-19). Pemilihan Slovenia sebagai lokasi syuting tentu memberikan nilai plus, baik untuk drama maupun beberapa wilayah yang muncul di dalamnya.

Penasaran di mana saja tempat-tempat di Slovenia yang muncul dalam kedua drama tersebut? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

1. Otočec Castle

Rekomendasi 11 Destinasi Wisata Ala KDrama di Negara Sloveniapotret Otocec Castle dan kawasan di sekitarnya (instagram.com/castleotocec)

Pada episode pertama drama Black Knight: The Man Who Guards Me, Otočec Castle ini digambarkan sebagai rumah liburan milik Moon Soo Ho (Kim Rae Won). Setiap tahun, ia pergi berlibur ke Slovenia dan tinggal di kastil sini selama satu bulan. Jung Hae Ra (Shin Se Kyung) mengunjungi kastil ini pada episode 2.

Otočec Castle atau juga dikenal dengan nama Grad otočec na krki dan Hotel Grad Otočec merupakan hotel kastil yang dibangun abad ke-13. Letaknya berada di tengah pulau di Sungai Krka atau tepatnya di Grajska cesta 2, SI – 8222 Otočec, Slovenia.

Kastil ini pun menjadi satu-satunya 'kastil air' di Slovenia.

2. Ljubljana Jože Pučnik Airport

Rekomendasi 11 Destinasi Wisata Ala KDrama di Negara SloveniaLetališče Jožeta Pučnika Ljubljana (instagram.com/ljubljanaairport)

Ljubljana Jože Pučnik Airport atau Letališče Jožeta Pučnika Ljubljana merupakan bandar udara internasional yang melayani wilayah Ljubljana dan sekitarnya. Bandara terbesar di Slovenia ini dibuka pada Desember 1963 dan terletak di Brnik, sekitar 24 km barat laut Ljubljana.

Ljubljana Jože Pučnik Airport juga menjadi salah satu lokasi syuting drama Black Knight: The Man Who Guards Me. Pada episode pertama, Jung Hae Ra (Shin Se Kyung) tiba di Ljubljana dan mendarat di bandara ini sembari membawa buah tangan dari Korea.

3. Grand Hotel Union

Rekomendasi 11 Destinasi Wisata Ala KDrama di Negara Sloveniapotret bagian depan Grand Hotel Union di Ljubljana (facebook.com/KavarnaUnion)

Tempat pertama yang dituju oleh Jung Hae Ra (Shin Se Kyung) di Ljubljana adalah Grand Hotel Union. Ia masuk melalui pintu kafe Kavarna Union yang berada di salah satu sisi hotel ini. Ketika bertemu dengan rekannya, ia pun segera menyerahkan buah tangan yang dibawa dari Korea.

Grand Hotel Union merupakan sebuah hotel bintang 4 yang dibuka pada tahun 1905. Dirancang oleh arsitek Josip Vanca, hotel ini memiliki desain klasik Slovenia bergaya Secession dan berkarakter Art Nouveau.

Lokasinya berada di kawasan kota tua Ljubljana, tepatnya di Miklošičeva cesta 1, 1000 Ljubljana.

4. The Butcher’s Bridge

Rekomendasi 11 Destinasi Wisata Ala KDrama di Negara SloveniaThe Butcher’s Bridge Ljubljana (visitljubljana.com)

The Butcher's Bridge ini menjadi tempat pertemuan Moon Soo Ho (Kim Rae Won) dengan Jung Hae Ra (Shin Se Kyung) setelah keduanya dewasa. Hae Ra salah mengenali Soo Ho sebagai fotografer yang hendak ia ajak kerjasama. Namun, Soo Ho langsung tahu bahwa Hae Ra adalah perempuan yang ia cari selama ini.

The Butcher's Bridge atau Mesarski most merupakan jembatan penyeberangan yang melintasi Sungai Ljubljana di Ljubljana dan menghubungkan central market dengan Petkovškovo nabrežje.

Diresmikan pada 10 Juli 2010, jembatan ini berada tak jauh dari Grand Hotel Union dan menjadi tempat favorit untuk memasang gembok cinta lho!

5. Sorbora Steak House

Rekomendasi 11 Destinasi Wisata Ala KDrama di Negara Sloveniapotret Park Shin Hye dan Hyun Bin di Sorbara Steak House Ljubljana (dok. tvN/Memories of the Alhambra)

Tak jauh dari The Butcher's Bridge, terdapat Sorbara Steak House yang pernah menjadi lokasi syuting drama Memories of the Alhambra. Pada episode 2, Jung Hee Joo (Park Shin Hye) bertemu dengan Yoo Jin Woo (Hyun Bin) di bagian outdoor restoran ini untuk membahas penjualan Hotel Bonita milik Hee Joo di Granada, Spanyol. 

Meski digambarkan berada di Granada, Sorbara Steak House ini sebenarnya terletak di tepi Sungai Ljubljana atau tepatnya di Gallusovo nabrezhje 31, Ljubljana 1000, Slovenia.

Restoran ini tak hanya menyediakan steik, tetapi juga burger, seafood, vegetarian platter, dan beberapa hidangan tradisional Slovenia dengan sentuhan modern.

Baca Juga: 12 Makanan Khas Slovenia yang Wajib Dicoba, Rasanya Tak Terlupakan!

6. Hercules Fountain

Rekomendasi 11 Destinasi Wisata Ala KDrama di Negara Sloveniapotret Hercules Fountain di kawasan kota tua Ljubljana (thinkslovenia.com)

Masih di kawasan kota tua Ljubljana, terdapat sebuah water fountain yang sangat memorable di kalangan penggemar KDrama. Fountain bernama Hercules Fountain tersebut muncul pada episode pertama drama Memories of the Alhambra.

Di sana Yoo Jin Woo (Hyun Bin) menguji gim Augmented Reality (AR) yang dikirimkan oleh Jung Se Joo (Chanyeol EXO) kepadanya. Ia memasuki Spanyol abad pertengahan dan bertarung melawan musuh digital sepanjang malam.

Meski digambarkan berada di Granada, Spanyol, Hercules Fountain atau Herkulov vodnjak sebenarnya terletak di persimpangan jalan Gornji Trg dan Stari Trg, 1000 Ljubljana. Air mancur dan patung Hercules membunuh singa yang asli sudah ada sejak abad ke-17 dan disimpan di museum. Sedangkan patung yang sekarang adalah replika yang dipasang pada tahun 1991. 

7. Cobblers’ Bridge

Rekomendasi 11 Destinasi Wisata Ala KDrama di Negara Sloveniapotret Cobblers' Bridge di Ljubljana Slovenia (twitter.com/LetsGoSlovenia)

Sama seperti Hercules Fountain, Cobblers’ Bridge juga menjadi salah satu tempat Yoo Jin Woo (Hyun Bin) memainkan gim Augmented Reality (AR) di kawasan Granada, Spanyol pada episode 3 drama Memories of the Alhambra. Ia berjalan melintasi jembatan ini setelah kabur setelah berhasil kabur dari serangan prajurit dalam gim.

Cobblers' Bridge atau Čevljarski most merupakan jembatan penyeberangan yang membelah Sungai Ljubljanica dan terletak di Šuštarski most, 1000 Ljubljana. Jembatan ini dirancang oleh Jože Plečnik dan dibangun antara tahun 1931 dan 1932.

Sebelumnya hanya berupa jembatan kayu yang ditempati para tukang sepatu sehingga juga disebut Shoemakers' Bridge (Šuštarski most).

8. Zlata Ladjica

Rekomendasi 11 Destinasi Wisata Ala KDrama di Negara Sloveniapotret bagian depan Zlata Ladjica di kota Ljubljana (zlataladjica.com)

Tepat di samping Cobblers’ Bridge terdapat sebuah bangunan tua yang digambarkan sebagai Kafe Alcazaba dan juga dikunjungi Yoo Jin Woo (Hyun Bin) pada episode 3 drama Memories of the Alhambra. Di dalam kafe tersebut Jin Woo melihat Emma, bentuk digital dari Jung Hee Joo (Park Shin Hye), yang sedang bermain gitar klasik.

Bangunan tua tersebut adalah Zlata Ladjica, salah satu hotel tertua di Ljubljana yang berdiri sejak abad ke-18 tetapi baru pindah ke gedung ini pada tahun 1926. Lokasinya berada di Jurčičev trg 1, 1000 Ljubljana.

Pihak hotel melakukan renovasi besar-besaran pada tahun 2020 lalu dan menghadirkan wajah baru yang lebih modern tetapi masih mempertahankan nilai sejarah Ljubljana dan budaya Slovenia. Di dalamnya juga terdapat pub dan restoran yang menyajikan berbagai makanan dan minuman khas Slovenia.

9. Predjama Castle

Rekomendasi 11 Destinasi Wisata Ala KDrama di Negara Sloveniapotret Predjama Castle di Postojna Slovenia (instagram.com/postojnacave)

Setelah puas berjalan-jalan di Ljubljana, mari sejenak melipir ke Postojna. Di kota ini terdapat destinasi populer bernama Predjama Castle atau biasa disebut Predjamski grad dan grad Predjama. Kastil bergaya renaisans gotik tersebut dibangun di mulut gua karst. 

Sempat mengalami beberapa kali kehancuran akibat perang dan bencana alam serta berpindah tangan ke banyak pihak, kastil ini dibangun kembali pada tahun 1570. Pasca Perang Dunia II, otoritas Komunis Yugoslavia menyita kastil ini dan diubah menjadi museum.

Predjama Castle pun muncul sebagai latar tempat pada episode 2 drama Black Knight: The Man Who Guards Me. Jung Hae Ra (Shin Se Kyung) mengajak Moon So Ho (Kim Rae Won) ke sini untuk berfoto. Hae Ra menaiki pagar dan terpeleset jatuh ke taman rumput. 

10. Piran

Rekomendasi 11 Destinasi Wisata Ala KDrama di Negara Sloveniapotret kota pesisir Piran di Slovenia (portoroz.si)

Piran juga tak luput dijadikan lokasi syuting drama Black Knight: The Man Who Guards Me. Kota yang terletak di Teluk Piran, bagian barat daya Slovenia ini terkenal dengan arsitektur abad pertengahannya seperti jalan-jalan sempit dan rumah-rumah yang tertata rapi.

Uniknya, sampai abad ke-20 sebagain besar masyarakat Piran menggunakan bahasa Italia untuk komunikasi sehari-hari. Hal ini dikarenakan posisinya yang berbatasan laut dengan negeri pizza tersebut serta memiliki hubungan ekonomi dan perdagangan. 

Jung Hae Ra (Shin Se Kyung) dan Moon Soo Ho (Kim Rae Won) berkunjung ke Piran masih dalam rangka perjalanan mereka untuk mengambil gambar di tempat-tempat menarik. Hae Ra membeli 2 buah es krim dan menikmatinya bersama Soo Ho di tepi laut.

11. Lake Bohinj

Rekomendasi 11 Destinasi Wisata Ala KDrama di Negara Sloveniapotret Shin Se Kyung dan Kim Rae Won di Lake Bohinj (dok. KBS2/Black Knight: The Man Who Guards Me)

Lake Bohinj ini menjadi tempat terakhir dalam rangkaian perjalanan Moon Soo Ho (Kim Rae Won) dan Jung Hae Ra (Shin Se Kyung) di Slovenia. Pada episode 20, Hae Ra yang telah menua meminta Soo Ho agar membawanya ke Slovenia lagi.

Keduanya duduk di tepi Lake Bohinj ini sembari mengenang pertemuan pertama mereka. Hae Ra pun menyandarkan kepalanya di bahu Soo Ho dan akhirnya meninggal dunia.

Lake Bohinj merupakan danau terbesar di Slovenia dengan luas mencapai 318 hektar, panjang 4,2 km dan lebar maksimum 1 km. Lokasinya berada di Lembah Bohinj, Pegunungan Alpen Julian, di wilayah barat laut Upper Carniola, dan bagian dari Taman Nasional Triglav.

Baru melihat gambar dan membaca ulasannya aja serasa udah berada di sana, kan? Sembari menunggu pandemi COVID-19 ini berakhir, kalian bisa memasukkan tempat-tempat tersebut dalam wishlist liburan dan gak ada salahnya kembali menonton drama-dramanya lho!

Baca Juga: 10 Lokasi Syuting KDrama Yumi's Cells yang Menarik untuk Dikunjungi

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya