Comscore Tracker

Rekomendasi 10 Destinasi Wisata Keren ala KDrama Doom at Your Service

Masih belum move on dari kisah Dong Kyung dan Myul Mang  

KDrama Doom at Your Service baru saja mengakhiri masa tayang pada 29 Juni 2021 lalu. Drama yang dibintangi Park Bo Young dan Seo In Guk ini menceritakan tentang Tak Dong Kyung (Park Bo Young), seorang editor di perushaan penerbit web novel. Tanpa diduga ia didiagnosis menderita glioblastoma dan hanya memiliki waktu tiga bulan untuk hidup.

Merasa lelah dengan segala hal buruk yang menimpanya, Dong Kyung pun berharap dunia ini hancur. Keinginannya ini didengar oleh Myul Mang (Seo In Guk), seorang utusan dewa yang bertugas menghancurkan segala hal di dunia ini.

Ia juga sedang muak dengan nasibnya dan memutuskan untuk mengabulkan keinginan Dong Kyung. Mereka kemudian saling mengikat kontrak selama seratus hari.

Selain pemain dan alur cerita yang menarik, lokasi syuting yang ditampilkan dalam drama ini juga seru untuk dikunjungi. Wah, di mana saja itu? Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Café dombani

Rekomendasi 10 Destinasi Wisata Keren ala KDrama Doom at Your Servicepotret bagian eksterior Cafe Dombani (instagram.com/cafe_dombani)

Eksterior Café Dombani digambarkan sebagai rumah Tak Dong Kyung dan ia tinggal di bagian rooftop. Bangunan ini dulunya merupakan sebuah rumah yang direnovasi menjadi kafe dan dibuka pada tahun 2019. Kafe ini menyediakan aneka makanan dan minuman, khususnya kopi, serta menjadi tempat bersantai para pengunjung.

Café Dombani terletak di kawasan Chinatown Incheon atau tepatnya di 27 Jayugongwonseo-ro, Bukseong-dong 3(sam)-ga, Distrik Jung, Incheon.

Bagian rooftop kafe ini tidak seperti yang digambarkan dalam drama, melainkan hanya berupa payung besar, meja, dan kursi untuk duduk sembari melihat pemandangan di sekitarnya.

Sayangnya Café Dombani tutup sementara sejak Februari 2021 karena pandemi. Semoga segera buka kembali ya!

2. Life photo studio dan i-style café

Rekomendasi 10 Destinasi Wisata Keren ala KDrama Doom at Your ServiceLife Photo Studio dan i-Style Café Paju (life-studio.co.kr)

Para penggemar pasti tidak asing dengan gedung yang satu ini, kan? Eksterior gedung ini digambarkan sebagai kantor Life Story, penerbit web novel tempat Tak Dong Kyung dan Cha Joo Ik (Lee Soo Hyuk) bekerja sebagai editor. Di lantai 1 terdapat kafe yang dijalankan oleh Lee Hyun Kyu (Kang Tae Oh). Adik Dong Kyung, Tak Sun Kyung (Da Won SF9), juga bekerja di kafe ini.

Dalam kehidupan nyata, gedung tiga lantai tersebut merupakan life photo studio sekaligus coffee shop bernama i-Style Cafe. Keduanya berada di bawah naungan manajemen yang sama.

Gedung ini berlokasi di kawasan Paju Book City, 160 Hoedong-gil, Gyoha-dong, Kota Paju, Provinsi Gyeonggi, tak jauh dari Forest of Wisdom.

3. Gyeongju world

Rekomendasi 10 Destinasi Wisata Keren ala KDrama Doom at Your ServicePark Bo Young dan Seo In Guk di Gyeongju World (program.tving.com)

Pada episode 3, Tak Dong Kyung bercerita pada Myul Mang tentang kenangannya besama kedua orang tua dan adiknya di sebuah taman hiburan ketika ia masih kecil. Myul Mang kemudian membawa Dong Kyung kembali ke taman ini agar Dong Kyung bisa bernostalgia dan terhibur.

Taman hiburan tersebut adalah Gyeongju World yang terletak di 544 Bomun-ro, Kota Gyeongju, Provinsi Gyeongsangbuk. Taman ini dibuka pada bulan Mei 1985 dengan nama Doturak World. Kemudian diubah namanya menjadi Gyeongju World pada tahun 1991.

Di dalam kompleks Gyeongju World terdapat Zona-X, Snow Sled Garden, dan Wizard Garden.

Di Zona-X terdiri dari Paethon, Megadrop, Tornado, dan Eksplorasi Grand Canyon; di Snow Sled Garden terdapat kereta luncur ski, kereta luncur dewasa, dan kereta luncur anak-anak; dan di Wizard Garden terdapat taman bermain anak-anak dengan beraneka ragam wahana permainan anak. Selain itu juga terdapat California Beach, restoran, kafe, dan fasilitas umum lainnya.

Setiap pengunjung yang masuk akan dikenakan biaya mulai dari KRW 16.000 sampai KRW 47.000 tergantung usia, waktu berkunjung, dan jenis tiket yang diambil (reguler atau terusan). Kalian tertarik berkunjung ke taman ini?

4. Baedari library

Rekomendasi 10 Destinasi Wisata Keren ala KDrama Doom at Your Servicedok. tvN/Doom at Your Service

Bagian rooftop dari Baedari Library ini digambarkan sebagai rooftop rumah sakit dan kerap muncul dalam beberapa episode, misalnya pada episode 1 ketika Sonyeoshin (Jung Ji So) berkunjung ke sini atau pada episode 4 ketika Myul Mang –yang kadang-kadang bekerja sebagai 'dokter' di rumah sakit– juga datang ke sini dan tidak sengaja bertemu dokter Jung (Lee Seung Joon).

Baedari Library merupakan perpustakaan kota yang dibuka pada 31 Oktober 2018 dan  berlokasi di 20, Jukbaek 6-ro, Kota Pyeongtaek, Provinsi Gyeonggi. Gedung perpustakaan ini memiliki luas mencapai 4,819,45㎡ dengan 4 lantai, termasuk lantai bawah tanah.

Di lantai 2 terdapat American Corners yang menjadi wujud kemitraan Amerika Serikat dengan Korea Selatan dalam bidang informasi, pendidikan, hiburan, dan budaya.

5. Handam coastal walk

Rekomendasi 10 Destinasi Wisata Keren ala KDrama Doom at Your Servicepotret Park Bo Young dan Seo In Guk di Handam Coastal Walk (program.tving.com)

Handam Coastal Walk ini muncul dalam beberapa episode dan digambarkan sebagai pantai tempat Tak Dong Kyung ‘kabur’ ketika ia sedang sedih atau ingin sendiri.

Pada episode 5, Myul Mang membawa Dong Kyung ke pantai berbatu ini. Kemudian pada episode 10 dan 11, Dong Kyung kembali ke sini sendirian dan Myul Mang pun menemukannya.

Handam Coastal Walk merupakan jalur pantai yang berkelok-kelok yang terletak di sepanjang garis pantai Pulau Jeju sejauh 1,2 km atau tepatnya di 6083 Iljuseo-ro, Desa Aewol, Aewol-eup, Pulau Jeju. Jalur ini merupakan bagian dari Jeju Olle Trail 15B Course dan dianggap sebagai salah satu dari 31 hidden secrets of Jeju.

Pantai Handam sendiri dikenal karena memiliki pasir putih dan bebatuan di sepanjang pesisirnya. Pantai ini juga menjadi favorit para snorkel berpengalaman karena banyak ikan di sekitar bebatuan. Namun pada musim tertentu dan ketika cuaca berangin, arus airnya menjadi sangat kuat sehingga tidak disarankan untuk berenang di sana.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Romantis di Korea Selatan, Lokasi Syuting KDrama

6. Cheongdam baesuji park

Rekomendasi 10 Destinasi Wisata Keren ala KDrama Doom at Your Servicepotret Park Bo Young dan Seo In Guk di Cheongdam Baesuji Park (program.tving.com)

Tak Dong Kyung membuat daftar hal-hal yang ingin ia lakukan sebelum meninggal dunia, salah satunya adalah merayakan ulang tahun Myul Mang.

Pada episode 10, ia pun mengajak Myul Mang ke Taman Cheongdam Baesuji ini dan memberinya kue sekaligus menyuruhnya meniup lilin. Keduanya datang lagi ke bagian lain taman ini pada episode 14 dan saling mengungkapkan perasaan masing-masing.

Taman Cheongdam Baesuji merupakan sebuah taman kota dengan pemandangan Sungai Han dan Jembatan Cheongdam. Lokasinya berada di 79-1 Samseong-dong, Distrik Gangnam, Seoul.

Para pengunjung kerap mendatangi taman ini pada malam hari untuk menyaksikan pemandangan lampu kota dan gedung-gedung pencakar langit Seoul yang sangat indah.

7. Malona stay

Rekomendasi 10 Destinasi Wisata Keren ala KDrama Doom at Your Servicepotret Malona Stay di Pulau Jeju (instagram.com/malona_stay)

Pada episode 10, Tak Dong Kyung memutuskan ‘kabur’ ke kampung halamannya di Pulau Jeju. Ia tinggal di sebuah rumah/pondok batu tepi pantai yang dulu ia tempati bersama bibi dan adiknya setelah kematian kedua orangtuanya.

Kemudian pada episode 11, Tak Sun Kyung, Na Ji Na (Shin Do Hyun), bibi Kang Soo Ja (Woo Hee Jin), dan paman Kevin (Daniel C. Kennedy) pun menyusulnya ke sini setelah diberi tahu Myul Mang.

Dalam kehidupan nyata, rumah/pondok tepi pantai berusia 80 tahun tersebut merupakan penginapan bernama Malona Stay dan baru dibuka pada tahun 2019. Berlokasi di 29, Gwideok 11-gil, Hallim-eup, Pulau Jeju, penginapan ini hanya memiliki kapasitas 2 sampai 4 orang. Tak jauh dari sini terdapat Malona Coffee Roasters yang juga bagian dari manajemen Malona.

Untuk dapat menginap di Malona Stay ini, pengunjung akan dikenakan tarif per malam sebesar KRW 400.000 (weekdays); KRW 440.000 (weekend); atau KRW 500.000 (peak season). Tarif tersebut berlaku untuk dua orang. Apabila ingin menambah kapasitas (maksimal jadi empat orang), maka ada tambahan sebesar KRW 30.000/orang/malam.

Tertarik menginap di sini?

8. Baboramyeon  

Rekomendasi 10 Destinasi Wisata Keren ala KDrama Doom at Your Servicepotret restoran Baboramyeon di Pulau Jeju (instagram.com/b.s.joo1160)

Setelah bertemu Myul Mang pada malam hari di tepi pantai, keesokan harinya mereka berdua makan siang di sebuah kedai tepi laut. Sembari menunggu makanan datang, Dong Kyung bercerita tentang pertemuan pertamanya dengan Na Ji Na hingga bisa menjadi sahabat seperti saat ini.

Adegan pada episode 11 tersebut dilakukan di Baboramyeon, sebuah restoran dengan signature dish seafood ramyeon yang dibuka pada tahun 2019. Lokasinya berada di 1016 Haemajihaean-ro, Desa Handong, Gujwa-eup, Pulau Jeju.

Selain seafood ramyeon, hidangan favorit di restoran ini adalah samgyeopsal ramyeon dengan daging sapi. Harganya pun cukup ramah di kantong lho!

9. Oedolgae rock

Rekomendasi 10 Destinasi Wisata Keren ala KDrama Doom at Your ServiceOedolgae Rock Jeju (visitjeju.net)

Pada episode 11, Tak Dong Kyung menghabiskan waktu bersama Na Ji Na di taman dekat Oedolgae Rock. Keduanya berjalan-jalan di sepanjang jalan setapak tepi laut kemudian berhenti di sebuah titik pandang untuk mengambil foto selfie. Sementara itu, Myul Mang mengawasi mereka dari tebing di seberang tempat Dong Kyung dan Ji Na berada.

Oedolgae Rockatau batu independen (dinamai demikian karena berdiri sendiri) merupakan tumpukan batu basal vulkanik terkikis setinggi 20 meter yang terletak di lepas Pantai Chilshipri dekat Puncak Sammaebong, 791 Seohong-dong, Seogwipo, Pulau Jeju.

Taman tempat Dong Kyung dan Ji Na berjalan-jalan tersebut sering digunakan pengunjung untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

10. Odong neighborhood park

Rekomendasi 10 Destinasi Wisata Keren ala KDrama Doom at Your Servicepotret Shin Do Hyun di Odong Neighborhood Park (instagram.com/shindohyunn)

Setelah membuat keputusan dengan Lee Hyun Kyu, keesokan harinya Na Ji Na berolahraga pagi di sebuah taman kemudian mendaki bukit melalui anak tangga kayu yang berada di sana. Ia pun duduk di puncak bukit yang berbatu sembari menyaksikan matahari terbit.

Adegan pada episode 14 tersebut dilakukan di Odong Neighborhood Park, sebuah taman yang berada di area Beon-dong dan Mia-dong di Distrik Gangbuk dan Wolgok-dong di Distrik Seongbuk. Taman yang dibuka pada 27 April 1987 ini sangat luas dan memiliki hutan lebat di dalam kawasannya.

Selain itu juga terdapat berbagai fasilitas umum, seperti tempat istirahat, pusat olahraga komunitas, halaman berumput, lapangan tenis, jalur akupresur dengan tanah liat merah, jalan setapak, dan banyak lagi. Pengunjung kerap mengunjungi taman ini untuk rekreasi, relaksasi, dan olahraga.

Nah, itu dia 10 rekomendasi destinasi wisata ala KDrama Doom at Your Service di Korea Selatan yang bisa kalian kunjungi nanti setelah pandemi COVID-19 ini berakhir. Mau berkunjung ke mana dulu, nih?

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Muslim Friendly, Ada Musalanya!

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya