Comscore Tracker

9 Hal Seru yang Dapat Kalian Lakukan Ketika Liburan di Melaka, Malaysia

Pecinta sejarah wajib melipir ke sini

Nama Melaka atau Malaka tentu sudah tidak asing di telinga kalian bukan? Ketika belajar sejarah di bangku SD pada bab tentang awal mula penjajahan bangsa Eropa di Indonesia, nama Melaka selalu disebut sebagai tempat pendaratan pertama Portugis sekaligus menandai masuknya bangsa Eropa di wilayah Asia Tenggara. Selama berabad-abad, Melaka dikuasai secara bergantian oleh Portugis, Belanda, dan Inggris hingga kemerdekaan Malaysia pada tahun 1957.

Menjadi wilayah jajahan menjadikan Melaka kaya akan bangunan-bangunan bersejarah peninggalan kolonial. Hingga saat ini, Melaka tetap menjaga eksistensi bangunan-bangunan tersebut dengan sangat baik. Bahkan pada tahun 2008, Melaka bersama Pulau Pinang diresmikan sebagai UNESCO World Heritage Site.

Berada di kota ini seperti menjelajahi lorong waktu, kembali ke masa lampau. Tak heran, Melaka selalu menjadi primadona bagi para wisatawan di seluruh dunia, khususnya para pecinta sejarah. Kira-kira jika kalian berkunjung ke sana, hal seru apa saja yang dapat kalian lakukan?

1. Berkeliling di sekitar kawasan Red Square dengan berjalan kaki atau naik becak unik

9 Hal Seru yang Dapat Kalian Lakukan Ketika Liburan di Melaka, MalaysiaInstagram.com/malaysia.truly.asia

Red Square atau bangunan merah (disebut juga Dutch Square) merupakan kawasan kota tua yang menjadi ikon Melaka. Disebut Red Square karena karena seluruh dindingnya berwarna merah bata dengan arsitektur bergaya Eropa klasik yang masih kokoh berdiri sampai sekarang.

Di kawasan tersebut terdapat Christ Church Melaka yang berdiri sejak tahun 1753 dan Stadthuys yang berfungsi sebagai balai kota atau kantor gubernur pada masa penjajahan Belanda. Saat ini Stadthuys beralih fungsi menjadi Museum Sejarah dan Etnografi. Selain dua bangunan itu juga terdapat Victoria Fountain di depan gereja, Menara Jam Tan Beng Swee (clock tower), dan miniatur kincir angin (windmill) Belanda.

Kalian bisa mengelilingi kawasan Red Square dengan berjalan kaki atau naik becak unik yang dihias sedemikian rupa, berwarna-warni, dan bergambar tokoh kartun anak-anak sehingga menarik hati para wisatawan. Beberapa becak dilengkapi sound system yang memutar lagu dengan suara cukup kencang. Tertarik mencobanya?

2. Menelusuri deretan museum satu demi satu alias museum hopping

9 Hal Seru yang Dapat Kalian Lakukan Ketika Liburan di Melaka, MalaysiaDok. Pribadi

Hampir seluruh gedung di kawasan Red Square kini difungsikan sebagai museum. Orang Malaysia menyebut museum dengan ejaan “Muzium”. Mulai dari yang paling dekat dengan gerbang masuk Red Square ada Muzium Belia Malaysia (Malaysia Youth Museum), Melaka Art Gallery, Muzium Literatur, dan Muzium Pemerintahan Demokrasi, dan Muzium Sejarah dan Etnografi di Stadthuys.

Jika menelusuri sebuah jalan yang bernama Jalan Kota, kalian akan menemukan Muzium Seni Bina Malaysia (Malaysia Architecture Museum), Muzium Islam, Muzium UMNO (United Malays National Organization), Muzium Setem (Stamp Museum), Muzium Dunia Islam dan Melayu, serta yang paling ujung dan paling menarik perhatian adalah Muzium Istana Kesultanan Melaka.

Di luar kawasan Red Square juga masih banyak museum-museum yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa museum menetapkan tarif yang lumayan terjangkau, antara RM 2 sampai RM 5, seperti Muzium Istana Kesultanan Melaka. Tetapi ada juga beberapa museum yang dapat dimasuki secara percuma, seperti Muzium Seni Bina Malaysia.

3. Menyusuri sungai Melaka dengan menaiki Melaka River Cruise

9 Hal Seru yang Dapat Kalian Lakukan Ketika Liburan di Melaka, Malaysiamelakarivercruise.my

Belum lengkap ke Melaka jika belum menikmati suasana di sepanjang aliran Sungai Melaka. Melaka River Cruise beroperasi setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai 11.30 malam waktu setempat.

Apabila kalian foreigner alias bukan warganegara Malaysia, kalian harus merogoh kocek sebesar RM 18 (Senin-Kamis) atau RM 23 (Kamis-Minggu dan public holiday) untuk dewasa dan RM 10 untuk anak-anak usia 2-12 tahun. Setelah tiket didapat, kalian akan diajak menyusuri sungai selama 45 menit dengan jarak tempuh sekitar 9 km.

Sepanjang perjalanan kalian akan melihat aliran sungai yang sangat bersih, pemandangan bangunan dan deretan rumah tua peninggalan Belanda dan China serta rumah-rumah tradisional Melayu. Waktu yang tepat untuk naik river cruise ini adalah sore hari menjelang matahari terbenam. Kalian dapat menikmati senja di muara sungai yang merupakan laut lepas Selat Melaka. Romantis bukan?

4. Melihat Melaka dari ketinggian di Menara Taming Sari

9 Hal Seru yang Dapat Kalian Lakukan Ketika Liburan di Melaka, Malaysialonelyplanet.com

Jika belum puas naik Melaka River Cruise, kalian dapat menikmati pemandangan Melaka dari ketinggian di Menara Taming Sari. Menara dengan tinggi total 110 meter ini mulai beroperasi sejak tahun 2008. Harga tiket bagi wisatawan asing sebesar RM 23 untuk dewasa dan RM 15 untuk anak-anak.

Selanjutnya, pengunjung akan diarahkan masuk ke dalam kabin berjendela transparan dan berkapasitas maksimal 66 orang. Cukup duduk manis di kursi yang disediakan, kabin perlahan akan naik ke atas dan berputar 360 derajat selama 7 menit. Voila, pemandangan keseluruhan kota Melaka sudah nampak di depan mata!

5. Berburu street art dan tempat-tempat instagramable

9 Hal Seru yang Dapat Kalian Lakukan Ketika Liburan di Melaka, MalaysiaInstagram.com/coloursofmelaka

Melaka sepertinya dapat dikatakan sebagai kembaran dari Penang. Selain sama-sama dinobatkan sebagai UNESCO World Heritage Sites, Melaka juga memiliki mural atau street art yang tersebar di beberapa titik. Mural-mural tersebut tercipta dari tangan-tangan kreatif para seniman lokal Malaysia dan juga seniman luar Malaysia. Bahkan brand kosmetik seperti Kiehl's turut andil melahirkan mural dengan menggandeng seorang seniman visual bernama Fritilldea.

Kalian dapat menemukan berbagai macam mural di sepanjang Jonker Street hingga lorong-lorong di sekitarnya dan pada beberapa bangunan di tepi Sungai Melaka. Selain beberapa spot mural, hampir setiap sudut Melaka merupakan tempat yang dijamin instagramable banget lho!

6. Lapar setelah jalan-jalan? Saatnya food marathon di Jonker Street

9 Hal Seru yang Dapat Kalian Lakukan Ketika Liburan di Melaka, MalaysiaInstagram.com/fabulousmelaka

Jonker Street atau juga dikenal sebagai Jonker Walk merupakan ruas jalan yang sebenarnya bernama Jalan Hang Jebat. Kawasan ini merupakan Chinatown yang terletak tidak jauh dari Red Square dan terkenal sebagai surga makanan di Melaka.

Deretan kedai yang menjual berbagai macam makanan pun dijamin membuat kalian pusing mau memilih yang mana. Apalagi suasananya akan semakin ramai pada akhir pekan mulai dari sore hari hingga tengah malam karena puluhan gerai street food mulai membuka lapaknya.

Kalian wajib mencicipi kuliner multietnis (Melayu, Jawa, China, Arab, dan India) mulai dari Sago Gula Melaka, satay, nasi lemak, nasi ayam, teh tarik, rojak, laksa, martabak, tandoori, ais cendul (es cendol), ais kacang, chicken rice ball, asam pedas dengan wadah claypot, watermelon handbag (semangka yang dalamnya sudah dikerok dan siap makan), coconut ice cream, ABC (Air Batu Campur) alias es campur, dan masih banyak lagi. Sudah ngiler?

7. Selain food marathon, kalian juga bisa belanja barang murah di Jonker Night Market

9 Hal Seru yang Dapat Kalian Lakukan Ketika Liburan di Melaka, Malaysiamalacca.ws

Yap, setiap akhir pekan atau tepatnya hari Jumat malam dan Sabtu malam, Jonker Street berubah wujud menjadi pasar malam (night market) yang tidak hanya menjual makanan, tetapi juga aneka souvenir yang dapat kalian jadikan oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat, mulai dari kaos, gantungan kunci, sandal, totebag, dan aksesoris serta barang antik lainnya.

Harga barang-barang di sini cenderung miring jika dibandingkan dengan Central Market di Kuala Lumpur. Syaratnya cuma satu, kalian harus pintar menawar. Dan konon katanya, semakin malam harga bisa semakin murah lho!

8. Beribadah sembari menikmati senja di Masjid Selat Melaka

9 Hal Seru yang Dapat Kalian Lakukan Ketika Liburan di Melaka, Malaysiamasjid.melaka.gov.my

Bagi kalian yang beragama Islam, mosque hopping alias mengunjungi satu demi satu masjid untuk beribadah tentu menjadi kepuasan tersendiri. Selain karena dapat menunaikan kewajiban, pengalaman berbeda pun akan kalian dapatkan. Dan Masjid Selat Melaka ini pun wajib kalian kunjungi ketika berada di Melaka.

Sesuai dengan namanya, Masjid Selat Melaka terletak di tepi Selat Melaka dan juga dikenal sebagai masjid terapung. Arsitekturnya merupakan perpaduan Timur Tengah dan Melayu modern dengan sebuah kubah emas di bagian tengah. Masjid ini juga berfungsi sebagai penanda navigasi laut dan menara setinggi 30 meter yang berada di depannya berfungsi sebagai mercusuar.

Suasana semakin indah menjelang sore hari ketika matahari mulai terbenam. Ufuk jingga berpadu dengan gemericik air laut menambah suasana ibadah semakin tenang dan syahdu.

9. Menginap di Masbro Homestay atau Bustel Klebang

9 Hal Seru yang Dapat Kalian Lakukan Ketika Liburan di Melaka, Malaysiamasbrovillage.com

Jalan-jalan ke Melaka tapi gak nginep? Rugi deh! Karena Melaka dan hal-hal seru di dalamnya gak cukup dikunjungi hanya dalam waktu satu hari. Setidaknya kalian harus spare waktu dua hari satu malam agar dapat menikmati suasana malam hari di Melaka.

Jonker Street memiliki banyak penginapan murah, khususnya untuk para backpackers. Tapi jika ingin mendapatkan pengalaman menginap yang anti mainstream, kalian bisa melipir ke wilayah Kampung Paya Rumput yang terletak sekitar 7 km dari pusat kota Melaka.

Nama tempatnya adalah Masbro Village Homestay yang memiliki beberapa unit ‘rumah’ berwarna-warni nan cantik. Fasilitasnya pun cukup lengkap dengan dengan harga sewa per unit sekitar RM 280/malam dengan daya tampung maksimal 6 orang.

Selain Masbro Village Homestay, kalian bisa juga menginap di bustel alias bus hotel, yaitu bus-bus bekas yang dialihfungsikan menjadi hotel. Lokasinya berada di Dataran 1 Malaysia, Pantai Klebang. Fasilitas yang disediakan tidak kalah dengan hotel-hotel berbintang dan dibanderol dengan harga RM 80 (weekdays) dan RM 120 (weekends) per malam.

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya