Comscore Tracker

7 Hutan Lokasi Syuting KDrama, Rekomendasi Wisata Alam Korea!

Para pencinta alam wajib datang ke sini 

Jika sedang traveling ke suatu tempat atau negara, khususnya Korea Selatan, para penggemar KDrama biasanya tidak akan melewatkan kesempatan untuk mengunjungi destinasi wisata yang pernah menjadi lokasi syuting drama favorit mereka. Apalagi jika destinasi wisata tersebut menawarkan pengalaman yang berbeda dan bisa dijadikan sarana untuk menyegarkan pikiran, misalnya ke hutan.

Eits, jangan bayangkan hutan yang dimaksud di sini adalah hutan yang rimbun, gelap, dan angker. Justru hutan-hutan yang digunakan sebagai lokasi pengambilan gambar KDrama umumnya adalah hutan wisata yang memiliki daya tarik tersendiri dan keindahannya susah dilupakan.

Penasaran di mana saja? Simak ulasan di bawah ini ya!

1. Damyang Gwanbangjerim Forest 

7 Hutan Lokasi Syuting KDrama, Rekomendasi Wisata Alam Korea!english.visitkorea.or.kr

Damyang Gwanbangjerim Forest merupakan hutan buatan khusus yang terletak di tepi aliran Damyangcheon, Desa Gaeksa, Damyang, Kota Damyang, Provinsi Jeollanam. Hutan sepanjang dua kilometer ini dibuat pada tahun 1648 M pada masa pemerintahan Raja Injo untuk melindungi rumah warga dari banjir.

Berbagai pepohonan tumbuh dengan sangat baik di sini, seperti muku, zelkova, jelatang, sakura, dan ek Jepang yang diperkirakan jumlahnya saat ini mencapai 420 pohon dengan usia rata-rata 200-300 tahun. Karena nilai sejarah, keindahan, dan penataannya yang baik, hutan ini ditetapkan sebagai Monumen Nasional Korea No. 366 (Monumen Alam No. 366) pada 22 November 1991 dan sebagai ‘Hutan Terindah Korea’ pada tahun 2004.

Damyang Gwanbangjerim Forest pernah menjadi lokasi syuting drama Meow, The Secret Boy (KBS2, 2020) sebagai tempat perjumpaan rutin antara Lee Jae Sun (Seo Ji Hoon) dan Kim Sol Ah (Shin Ye Eun). Selain itu juga dalam episode 12 drama Mask (SBS, 2015) ketika Seo Eun Ha (Soo Ae) berkencan dengan Choi Min Woo (Ju Ji Hoon) di tepi sungai dekat hutan.

2. Wondaeri White Birch Forest 

7 Hutan Lokasi Syuting KDrama, Rekomendasi Wisata Alam Korea!Dok. JTBC (via hancinema.net)

Wondaeri White Birch Forest merupakan hutan yang dipenuhi oleh pepohonan white birch atau betula pendula. Dibuka pada tahun 2012, hutan ini terletak di kawasan pegunungan Desa Wondae, Kota Inje, Provinsi Gangwon dan memiliki sekitar 690.000 pohon white birch yang ditanam sejak tahun 1975 hingga 1995.

Karena posisinya yang berada di kawasan pegunungan, tak heran jika hutan ini juga menjadi tempat hiking favorit para pendaki.

Terdapat beberapa jalur hiking yang bisa dilalui, yaitu Healing Trail (1,5 km); Danger Course (3 km), Exploration Course (1,2 km), dan Short Course (1 km). Hutan ini juga pernah dinobatkan sebagai salah satu dari 100 tempat wisata terbaik di Korea Selatan.

Wondaeri White Birch Forest pernah menjadi lokasi syuting drama Pretty Noona Who Buys Me Food (JTBC, 2018); Yong-Pal (SBS, 2015); Kingdom Season 2 (Netflix, 2020); dan juga reality show Taste of Love episode 1 (2019).

3. Secret Forest, Jeju 

7 Hutan Lokasi Syuting KDrama, Rekomendasi Wisata Alam Korea!instagram.com/secretforest75

Masih ingat dengan adegan Oh Ye Ji (Lim Soo Hyang) berjalan menyusuri jalan setapak di sebuah hutan dalam drama When I Was The Most Beautiful (MBC, 2020)? Adegan pada episode 6 tersebut dilakukan Ye Ji untuk mengingat kembali kenangan bersama Seo Jin (Ha Seok Jin).

Hutan tempat pengambilan adegan tersebut adalah Secret Forest atau Andoleum Secret Forest, sebuah hutan seluas 49.500 meter persegi yang ditumbuhi dengan pepohonan aras dan cemara Jepang.

Lokasinya berada di Desa Songdang, Gujwa, Pulau Jeju. Perpaduan antara pohon-pohon aras dan cemara Jepang yang tinggi dengan jalanan setapak yang terlihat ‘misterius’ menjadikan hutan ini sebagai salah satu lokasi foto paling instagramable di Jeju.

Secret Forest ini buka setiap hari mulai pukul 10 pagi sampai 7 petang waktu setempat. Pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar KRW 2.000 per orang.Di bulan November biasanya buckwheat flower (gandum kuda) bermekaran lho!

Baca Juga: 8 Tahun Berlalu, Ini Dia 9 Lokasi Syuting The Heirs di California 

4. Ahopsan Forest 

7 Hutan Lokasi Syuting KDrama, Rekomendasi Wisata Alam Korea!visitbusan.net

Ahopsan Forest barangkali sudah tidak asing lagi bagi para penggemar KDrama. Pasalnya, hutan bambu ini kerap menjadi lokasi syuting drama-drama hits, salah satunya dalam drama The King: Eternal Monarch (SBS, 2020) yang digambarkan sebagai portal ke dunia paralel dan muncul dalam setiap episodenya.

Ahopsan Forest merupakan kawasan hutan yang terletak di Desa Ungcheon, Distrik Cheolma, Gijang, Busan. Hutan ini dimiliki oleh pihak swasta dan dikenal karena pohon bambunya. Di samping itu juga ada pohon cedar dan pinus yang rata-rata berusia antara 100 hingga 300 tahun.

Selain The King: Eternal Monarch, Ahopsan Forest juga pernah menjadi lokasi syuting drama River Where the Moon Rises (KBS2, 2021); 100 Days My Prince (tvN, 2018); My Sassy Girl (SBS, 2017); Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (SBS, 2016); Ruler: Master of the Mask (MBC, 2017); The King in Love (MBC, 2017); dan masih banyak lainnya.

5. Simni Bamboo Forest 

7 Hutan Lokasi Syuting KDrama, Rekomendasi Wisata Alam Korea!visitkorea.or.id

Ternyata selain Ahopsan Forest ada hutan lain yang menjadi lokasi syuting drama The King: Eternal Monarch (SBS, 2020), yaitu Simni Bamboo Forest. Pada episode 14, Lee Gon (Lee Min-ho) berusaha melakukan time travel dan melintasi berbagai dunia paralel untuk menemukan dunia Jeong Tae Eul (Kim Go Eun) yang sebenarnya. Ia sempat ‘mendarat’ di kawasan hutan ini dan menulis pesan di kotak telepon umum yang ada di sana.

Simni Bamboo Forest atau juga dikenal dengan nama Simnidae Forest dan Seepri Forest ini terletak di kawasan Taman Nasional Taewagang, Taehwa, Samho-dong, Distrik Jung, Ulsan.

Hutan bambu ini membentang sepanjang 4 km dan memiliki 63 jenis bambu yang berasal dari Korea, Jepang, dan Cina. Bambu-bambu tersebut ditanam oleh penduduk desa setempat pada masa penjajahan Jepang untuk mencegah Sungai Taehwa meluap dan membanjiri ladang mereka.

6. Woljeongsa Fir Forest 

7 Hutan Lokasi Syuting KDrama, Rekomendasi Wisata Alam Korea!english.visitkorea.or.kr

Para penggemar drama Guardian: The Lonely and Great God alias Goblin (tvN, 2016-17) mungkin sudah lupa-lupa ingat dengan adegan yang dilakukan di hutan ini. Pada episode 9, Ji Eun Tak (Kim Go Eun) pulang dari pekerjaan paruh waktunya dan berjalan melalui sebuah jalan setapak dengan latar belakang hutan bersalju. Kim Shin (Gong Yoo) mengikutinya dari belakang hingga mereka sampai di dalam hutan.

Dalam kehidupan nyata, jalan setapak dan hutan tersebut adalah Woljeongsa Fir Forest yang terletak di lereng timur Gunung Odaesan, tepatnya di kawasan Kuil Woljeongsa, Desa Dongsan, Jinbu, Pyeongchang, Provinsi Gangwon.

Hutan tersebut ditanami pepohonan sejenis cemara yang berusia antara 80 sampai 500 tahun. Sedangkan jalanan setapaknya membentang sepanjang 1 km dari Gerbang Iljumun menuju Jembatan Geumganggyo dan biasanya digunakan sebagai jalur meditasi para biksu dari kuil Woljeongsa.

7. Lahemaa National Park, Estonia 

7 Hutan Lokasi Syuting KDrama, Rekomendasi Wisata Alam Korea!visitestonia.com

Berbeda dengan hutan-hutan yang telah disebutkan di atas, hutan yang satu ini tidak berada di wilayah Korea Selatan, melainkan di Estonia.

Dalam drama A Piece of Your Mind (tvN, 2020) diceritakan bahwa Moon Ha Woon (Nam Da Reum) dan Kim Ji Soo (Shin So Hyun) ketika masih remaja tinggal di Norwegia. Pada episode 1, mereka berjalan-jalan melintasi jalan setapak dari kayu yang berada di dekat hutan dalam kawasan Lahemaa National Park.

Meski dalam cerita tersebut dikatakan bahwa lokasinya berada di Norwegia, tetapi sebenarnya berada di Estonia.

Laheema National Park sendiri merupakan taman nasional tertua dan terbesar di Estonia serta menjadi salah satu kawasan konservasi terpenting di Eropa. Lokasinya berada di Vihasoo, Harju, Estonia atau sekitar 70 km ke arah timur dari Tallin, ibukota Estonia. Berdiri sejak tahun 1971, luas taman ini mencapai 750 km², termasuk 274,9 km² berupa wilayah laut di Teluk Finlandia.

Lahemaa National Park menjadi rumah untuk berbagai macam flora dan fauna. Beberapa populasi satwa liar dilindungi dengan baik di sini, seperti babi hutan, rusa merah, serigala, beruang, dan lynx. Selain itu, bentang alam di kawasan ini memiliki banyak rawa, termasuk Cagar Alam Laukasoo yang berusia 7.000 tahun dan jalan beberapa jalan setapak, seperti Viru Bog Study Trail sepanjang 3,5 km yang terlihat dalam drama A Piece of Your Mind tersebut.

Nah, itu dia 7 hutan yang pernah jadi lokasi syuting KDrama dan bisa kamu masukkan dalam wishlist destinasi wisata setelah pandemi Covid-19 berakhir nanti. Mau ke mana dulu nih?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Destinasi Air Terjun yang Jadi Lokasi Syuting KDrama

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya