Comscore Tracker

8 Lokasi Syuting di Kota Cheongju Ini Menarik untuk Dikunjungi

Ada mural village hingga jembatan cantik 

Cheongju atau Cheongju-si merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di Provinsi Chungcheongbuk atau Chongcheong Utara, Korea Selatan.

Kota ini pun sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan menjadi saksi sejarah Pertempuran Cheongju (1592-1598). Kala itu tentara Joseon (Korea) dan para biksu berhasil merebut kembali Cheongju dari tangan Jepang.

Secara geografis, Cheongju berada di bagian tengah semenanjung Korea. Kota ini juga diapit 2 gunung di bagian barat dan timur, yaitu Gunung Wuam serta Gunung Bumo.

Dalam bidang pariwisata, Cheongju memiliki banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi. Bahkan beberapa di antaranya pernah menjadi lokasi syuting drama Korea, lho. Penasaran di mana saja? Yuk, cari tahu di bawah ini.

1. Suamgol Mural Village 

8 Lokasi Syuting di Kota Cheongju Ini Menarik untuk Dikunjungisalah satu sudut Suamgol Mural Village (cheongju.go.kr)

Suamgol Mural Village merupakan salah satu dari ratusan mural village yang tersebar di seantero Korea Selatan.

Berlokasi di Su-dong, Distrik Sangdang, Cheongju, kawasan ini dulu digunakan sebagai pemukiman para pengungsi dan korban Perang Korea. Mereka hidup dalam kondisi miskin dan lingkungan yang kumuh.

Pada tahun 2017, pemerintah setempat bersama para seniman mural merevitalisasi kawasan ini. Mereka menggambar lukisan berupa bunga, hewan, dan gambar-gambar lucu lainnya hampir di dinding setiap sudut tempat atau gang. Tujuan utama proyek ini tentu saja untuk menarik wisatawan lokal maupun internasional.

Suamgol Mural Village mulai dikenal luas sejak menjadi lokasi syuting drama Cain and Abel (2009). Kemudian disusul dengan drama King of Baking, Kim Tak Goo (2010), Glory Jane (2011), hingga You Are My Spring (2021).

2. Café OHJI 

8 Lokasi Syuting di Kota Cheongju Ini Menarik untuk Dikunjungirooftop Cafe OHJI yang ditampilkan dalam drama You Are My Spring (program.tving.com)

Café OHJI saat ini sedang happening karena menjadi lokasi syuting drama You Are My Spring (2021). Kafe yang berlokasi di kawasan Suamgol Mural Village ini digambarkan sebagai Gugu Building.

Kang Da Jeong (Seo Hyun Jin) tinggal di bagian rooftop bangunan ini dan di bawahnya terdapat klinik psikiater Joo Young Do (Kim Dong Wook).

Café OHJI dibuka pada tahun 2019 dan menyediakan aneka bakery, seperti croissant, cheesecake, cupcake, pie, serta berbagai minuman.

Kafe 3 lantai ini juga memiliki rooftop untuk para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan indah Cheongju, khususnya pada malam hari. Dalam drama You Are My Spring, rooftop ini kerap digunakan sebagai tempat berkumpul Da Jeong dan kawan-kawannya.

3. Grand Plaza Cheongju Hotel 

8 Lokasi Syuting di Kota Cheongju Ini Menarik untuk DikunjungiGrand Plaza Cheongju Hotel (instagram.com/grandplaza_hotel)

Dalam drama Wok of Love (2018), Grand Plaza Cheongju Hotel ini digambarkan sebagai Giant Hotel milik Yong Seung Ryong (Kim Sa Kwon).

Di hotel inilah Seo Poong (Lee Joon Ho 2PM) bekerja sebagai kepala koki restoran China di lantai 27 sejak episode 1 hingga 4.

Grand Plaza Cheongju Hotel merupakan satu-satunya hotel bintang 5 di Cheongju. Bangunan hotel ini sudah berdiri sejak tahun 2003 dengan nama Ramada Plaza Cheongju Hotel. Pada tahun 2016 namanya diubah menjadi Grand Plaza Cheongju Hotel.

Hotel ini berlokasi di Chungcheong-daero, Yullyang-dong, Sangdang-gu, Cheongju. Grand Plaza Cheongju Hotel dapat ditempuh selama 2,5 jam perjalanan dari Seoul menggunakan transportasi umum.

4. Cheongnamdae Presidential Villa

8 Lokasi Syuting di Kota Cheongju Ini Menarik untuk DikunjungiCheongnamdae Presidential Villa (cheongju.go.kr)

Cheongnamdae Presidential Villa cukup familiar di kalangan penggemar drama Korea. Vila ini dulu digunakan sebagai peristirahatan para presiden Korea Selatan dan kerap menjadi lokasi syuting drama, seperti The Age of Heroes (2004-2005), Boys Before Flowers (2009), Healer (2014-2015), dan masih banyak lagi.

Berlokasi di Cheongnamdae-gil, Muneui-myeon, Distrik Sangdang, Cheongju, Cheongnamdae Presidential Villa mulai dibuka untuk umum pada tahun 2003.

Para pengunjung bisa masuk dan berkeliling ke beberapa tempat di kawasan ini, seperti bangunan utama, peternakan ikan, kolam renang, lapangan golf, taman, dan pavilion di tepi danau.

Baca Juga: 6 Lokasi Syuting KDrama di Kota Yangju yang Seru buat Dikunjungi 

5. s459 

8 Lokasi Syuting di Kota Cheongju Ini Menarik untuk Dikunjungibagian depan dari restoran s459 Cheongju (facebook.com/S459-1521733191372151

Melihat eksterior bangunan ini, para penggemar drama Healer (2014-2015) serasa diajak bernostalgia, kan? Dalam drama yang dibintangi Ji Chang Wook dan Park Min Young tersebut, s459 ini digambarkan sebagai kantor pusat perusahaan keamanan milik Bae Sang Soo (Park Sang Wook).

s459 merupakan sebuah restoran yang terletak di Seobu-ro, Seonghwa-dong, Distrik Seowon, Cheongju. Restoran ini menyediakan menu makanan fushion Korea dan western, seperti pasta, salad, risotto, piza, sup, dan steak.

Ruangannya yang cukup luas juga kerap digunakan untuk penyelenggaraan berbagai acara, mulai dari ulang tahun, pernikahan, pertemuan keluarga, hingga pertemuan bisnis.

6. Seomun Bridge 

8 Lokasi Syuting di Kota Cheongju Ini Menarik untuk DikunjungiSeomun Bridge dilihat dari anak sungai Musim (cheongju.go.kr)

Selain Cheongnamdae Presidential Villa dan s459, drama Healer  juga melakukan pengambilan gambar di Seomun Bridge. Pada episode 15, Chae Young Shin (Park Min Young) pergi ke sini untuk menemui reporter baru yang akan bergabung dengan timnya, yaitu Seo Jung Hoo (Ji Chang Wook).

Seomun Bridge atau biasa disebut sebagai Seomundaegyo (Seomungyo) merupakan jembatan penyeberangan yang membelah aliran anak sungai Musim dan terletak di lingkungan Sajik-dong, Distrik Heungdeok, Cheongju.

Jembatan ini menjadi salah satu landmark Cheongju dan kerap dikunjungi wisatawan, khususnya pada malam hari karena menampilkan pemandangan lampu yang sangat indah.

7. Gwell City Mall 

8 Lokasi Syuting di Kota Cheongju Ini Menarik untuk DikunjungiMoon Chae Won berada di Gwell City Mall dalam drama Criminal Minds (program.tving.com)

Gwell City Mall merupakan sebuah kompleks perbelanjaan yang terletak di Distrik Heungdeok, Cheongju. Bangunan mal ini terbagi menjadi dua, yaitu Gwell City Mall 1 dan 2.

Gwell City Mall 1 mulai beroperasi pada tahun 2010 sedangkan Gwell City Mall 2 baru dibuka empat tahun setelahnya.

Kedua bangunan tersebut dihubungkan oleh sebuah jembatan penyeberangan. Di dalam kompleksnya terdapat berbagai macam outlet.

Gwell City Mall ini pernah menjadi lokasi syuting drama Criminal Minds (2017). Pada epiode 3 dan 4, Kim Hyun Joon (Lee Joon Gi) dan Ha Sun Woo (Moon Chae Won) pergi ke mal ini untuk bertemu dengan Hye Won (Oh Yeon Soo).

Mereka hendak membantu pencarian Han Byul (Kim Kang Hoon), anak lelaki Hye Won yang hilang, dan akhirnya ditemukan sedang duduk di area karnaval depan mall.

8. House of Unbo 

8 Lokasi Syuting di Kota Cheongju Ini Menarik untuk Dikunjungibangunan utama House of Unbo (cheongju.go.kr)

House of Unbo atau Unbo Foundation merupakan kediaman Unbo Kim Ki Chang (1913–2001), seorang seniman dan master seni lukis terkemuka pada abad ke-20 dari Korea Selatan. Lokasinya berada di Hyeongdong 2-gil, Naesu-eup, Cheongwon-gu, Cheongju, sektar 3 jam perjalanan dari Seoul dengan transportasi umum.

Unbo Kim Ki Chang membangun House of Unbo ini setelah istrinya, pelukis Park Rae Hyeon, meninggal pada tahun 1976. Ia kemudian pulang ke Cheongju, kampung halaman ibunya dan mulai membangun tempat ini.

Kim memilih arsitektur bergaya hanok dengan konsep yang selaras dengan alam. Pembangunanya membutuhkan waktu sekitar 7 tahun. Selain tempat tinggal, di kompleks ini juga terdapat galeri seni, kedai teh, bengkel pembuatan keramik, dan juga makam Kim Ki Chang.

House of Unbo ini cukup sering menjadi lokasi syuting drama, mulai dari City Hall (2009), Basketball (2013), hingga Different Dreams (2019). Tempat ini pun biasanya digambarkan sebagai rumah atau kediaman tokoh senior dalam drama-drama tersebut.

Itu dia 8 lokasi syuting KDrama di Kota Cheongju yang bisa menarik untuk dikunjungi, khususnya setelah pandemic COVID-19 ini berakhir nanti. Kalian mau berkunjung ke tempat yang mana dulu, nih?

Baca Juga: 5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Wonju, Ada Rumah Ko Moon Young! 

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya