Comscore Tracker

6 Lokasi Syuting KDrama di Ulsan, Ada Kampus Yoo Na Bi di Nevertheless

Mulai dari taman, pantai, hingga kampus ada semua! 

Ulsan atau nama resminya Ulsan Metropolitan City merupakan kota metropolitan terbesar ketujuh di Korea Selatan dengan populasi lebih dari 1,1 juta jiwa.

Secara geografis, kota kelahiran Kim Tae Hee dan Jang Ki Yong ini berada di bagian tenggara Semenanjung Korea dan berbatasan langsung dengan laut Jepang.

Ulsan dikenal sebagai kota industri karena menjadi rumah bagi beberapa perusahaan penting, seperti pabrik perakitan mobil terbesar di dunia yang dioperasikan oleh Hyundai Motor Company.

Dalam bidang pariwisata, Ulsan juga tak kalah dengan wilayah Korea Selatan lainnya yang gencar mempromosikan berbagai macam destinasi wisata unggulan, mulai dari pantai hingga taman.

Bahkan tak sedikit dari tempat-tempat tersebut yang digunakan sebagai lokasi syuting KDrama. Dimana saja tempat-tempat tersebut?

1. Ulgi lighthouse 

6 Lokasi Syuting KDrama di Ulsan, Ada Kampus Yoo Na Bi di NeverthelessUlgi Lighthouse (daewangam.donggu.ulsan.kr)

Pada tahun 2020 lalu, Ulgi Lighthouse ini muncul pada episode 5 drama Men Are Men. Hwang Ji Woo (Yoon Hyun Min) datang ke mercusuar ini untuk mencari kunci tersembunyi. Namun, ia terjebak di dalamnya ketika pintu tertutup.

Seo Hyun Joo (Hwang Jung Eum) pun datang ke sini dan menemukan Ji Woo dalam keadaan pingsan kemudian membawanya ke atas untuk mencari udara segar.

Ulgi Lighthouse terletak di Ulgi Park, Distrik Dong, Ulsan. Mercusuar ini semula hanya berupa tiang lampu kayu untuk alat bantu navigasi Angkatan Laut Jepang yang dibangun pada tahun 1904 selama Perang Rusia-Jepang. Setelah perang berakhir, Jepang menyerahkan wilayah Ulsan kepada pemerintah Korea.

Mercusuar pun dibangun kembali pada tahun 1906–1910 dengan konstruksi beton segi delapan setinggi 6 meter. Pada tahun 1987, mercusuar dipindahkan sejauh 50 meter dari lokasi semula karena banyaknya pohon pinus hitam yang tumbuh di sekitarnya.

Mercusuar baru setinggi 52 meter ini hanya diaktifkan sampai tahun 1994 dan ditetapkan sebagai harta karun budaya.

2. Taehwagang national garden 

6 Lokasi Syuting KDrama di Ulsan, Ada Kampus Yoo Na Bi di NeverthelessLee Min Jung dan Lee Sang Yeb di Taehwagang National Garden dalam drama Once Again (dok. KBS2/Once Again)

Taehwagang National Garden merupakan salah satu taman terbesar di Korea Selatan yang terletak di tepi Sungai Taehwa, 107 Taehwa-dong, Distrik Jung, Ulsan. Taman ini berukuran dua kali lebih luas dari Taman Yeouido Seoul.

Di dalam kompleksnya terdapat kebun kanola dan ladang bunga yang mekar pada musim semi dan musim panas; padang rumput perak, jembatan Simnidaebatgyo, hingga observatorium Taehwagang.

Taehwagang National Garden pernah menjadi lokasi syuting drama Once Again (2020). Pada episode 80, Song Na Hee (Lee Min Jung) dan Yoon Kyu Jin (Lee Sang Yeob) berkencan d taman ini.

3. Simni bamboo forest 

6 Lokasi Syuting KDrama di Ulsan, Ada Kampus Yoo Na Bi di NeverthelessSimni Bamboo Forest (visitkorea.or.id)

Siapa yang tak kenal dengan hutan bambu yang satu ini? Simni Bamboo Forest yang juga dikenal dengan nama Simnidae dan Seepri Forest ini menjadi salah satu latar tempat dalam drama The King: Eternal Monarch (2020).

Namun, hutan ini tidak digambarkan sebagai portal dunia paralel, melainkan tempat Lee Gon (Lee Min Ho) ‘nyasar’ ketika hendak mencari dunia Jeong Tae Eul (Kim Go Eun). Gon pun menulis pesan di sebuah telepon umum yang ada di sana.

Simni Bamboo Forest terletak di dalam kawasan Taewagang National Garden. Di dalam hutan sepanjang 4 km ini terdapat 63 jenis bambu yang berasal dari berbagai negara, seperti Korea, Jepang, dan China.

Bambu-bambu tersebut ditanam pada masa penjajahan Jepang oleh penduduk setempat sebagai upaya mencegah air di Sungai Taehwa meluap dan membanjiri ladang mereka.

Baca Juga: Yuk Jalan-Jalan ke 5 Destinasi Wisata Ala KDrama di Damyang! 

4. University of ulsan 

6 Lokasi Syuting KDrama di Ulsan, Ada Kampus Yoo Na Bi di Neverthelesspara pemain drama Nevertheless di jalur sakura University of Ulsan (instagram.com/jtbcdrama)

Para penggemar yang gregetan dengan alur cerita drama Nevertheless (2021) pasti masih ingat dengan University of Ulsan, kan? Perguruan tinggi swasta yang terletak di 93 Daehak-ro, Mugeo-dong, Distrik Nam, Ulsan ini digambarkan sebagai Hongseo University, tempat Yoo Na Bi (Han So He) dan Park Jae Eon (Song Kang) belajar.

Beberapa sudut kampus digunakan untuk syuting drama Nevertheless, diantaranya aula universitas, gedung praktik utama jurusan seni patung, perpustakaan, dan toserba. Selain itu, di kampus ini juga terdapat taman sakura atau jalur sakura yang menjadi daya tarik tersendiri dan terlihat sangat indah ketika musim semi.

5. Jinha beach  

6 Lokasi Syuting KDrama di Ulsan, Ada Kampus Yoo Na Bi di Neverthelesspara pemain drama Police University di Jinha Beach Ulsan (instagram.com/kbsdrama)

Jinha Beach ini merupakan salah satu pantai paling populer di Ulsan yang terletak sekitar 20 km arah tenggara pusat kota Ulsan atau tepatnya di Desa Jinha, Ulju-gun, Ulsan.

Pantai sepanjang 1 km ini menjadi tempat liburan musim panas para taruna Akademi Kepolisian, yaitu Kang Seon Ho (Jung Jin Young), Oh Kang Hee (Krystal), No Bum Tae (Lee Dal), dan Jo Joon Wook (Yoo Young Jae) pada episode 11 drama Police University (2021).

Jinha Beach memiliki karakteristik perairan yan dangkal, hangat, dan tenang sehinga para pengunjung bisa berenang di laut. Fasilitas umum berupa kamar mandi, toilet, dan ruang ganti juga tersedia di sana.

Tak hanya itu, pengunjung pun diizinkan berkemah di hutan pinus yang berada tak jauh dari pantai tanpa dipungut biaya asalkan tetap menjaga kebersihan lingkungan.

6. Myeongseongyo bridge 

6 Lokasi Syuting KDrama di Ulsan, Ada Kampus Yoo Na Bi di NeverthelessMyeongseongyo Bridge di dekat Pantai Jinha Ulsan (wetravel.kr)

Selain ke Jinha Beach, Kang Seon Ho (Jung Jin Young) dan Oh Kang Hee (Krystal) juga jalan-jalan ke atas jembatan pedestrian di atas laut dan melihat-lihat akseoris di sana pada episode 11 drama Police University (2021).

Jembatan tersebut bernama Myeongseongyo Bridge yang menghubungkan Desa Jinha dan Desa Gangyang dan terletak di sebelah Pantai Jinha. Jembatan setinggi 17,5 m ini dibangun pada penghujung tahun 2008 dan menjadi jembatan penyeberangan terbesar di Ulsan.

Dari jembatan ini para pengunjung bisa menyaksikan pemandangan indah di sekitar Pantai Jinha. Terutama ketika matahari terbenam dan melihat sekilas Myeongseondo, sebuah pulau tak berpenghuni yang terhubung dengan Pantai Jinha dan Yukgyesa.

Wah, tempat-tempatnya keren semua, kan? Tak salah memang memilih Ulsan sebagai lokasi syuting KDrama. Kalian pun bisa memasukkan tempat-tempat tersebut dalam wishlist destinasi liburan ala KDrama dan mengunjunginya suatu hari nanti. Mau ke mana dulu, nih?

Baca Juga: 11 Destinasi Wisata ala KDrama di Kota Gimpo, Ada Spot Bunga Sakura! 

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya