Comscore Tracker

Resor hingga Gunung, Ini 7 Lokasi Syuting Drama Korea di Jecheon 

Mana tempat yang paling kalian ingat? 

Jecheon-si atau Kota Jecheon merupakan wilayah setingkat kotamadya yang terletak di Provinsi Chungcheongbuk atau Chungcheong Utara, Korea Selatan. Kota ini dikenal memiliki pemandangan indah dan dikelilingi pegunungan.

Keindahan beberapa tempat di Jecheon digambarkan dengan sangat jelas melalui drama-drama Korea populer. Di mana saja itu? Baca ulasannya di bawah ini siapa tahu kalian tertarik untuk berkunjung ke sana. 

1. Resom Forest 

Resor hingga Gunung, Ini 7 Lokasi Syuting Drama Korea di Jecheon potret salah satu resor di kompleks Resom Forest Jecheon (instagram.com/resom.resort)

Para penggemar drama Secret Garden (2010-2011) barangkali masih ingat resor yang dibangun Kim Joo Won (Hyun Bin).

Pada episode 12, Joo Won datang ke kompleks resor tersebut untuk memeriksanya. Tanpa diduga, Gil Ra Im (Ha Ji Won) juga ke sana untuk lokakarya. Ra Im kemudian tertidur dan Joo Won mengawasi di sebelahnya.

Kompleks tersebut berada di Resom Forest, sebuah resor yang berfokus pada kesehatan dan berlokasi di kaki Gunung Juronsan, 365 Geumbong-ro, Baegun-myeon, Jecheon. Di dalamnya terdapat sekitar 406 kamar tamu, ruang spa, pusat kesehatan dan meditasi serta pusat seni budaya yang ramah lingkungan.

Karena berada di kaki gunung dan dikelilingi hutan, udara di sekitar resor ini pun sangat segar dan cocok untuk rehat sejanak dari padatnya aktivitas sehari-hari.

Selain Secret Garden, resor ini juga pernah muncul dalam drama Can't Lose (2010), My Secret Hotel (2014), Goddess of Marriage (2013), dan The World of The Married (2020).

2. Oksunbong Peak 

Resor hingga Gunung, Ini 7 Lokasi Syuting Drama Korea di Jecheon potret Nam Joo Hyuk dan Lee Sung Kyung di Oksunbong Peal (dok. MBC/Weightlifting Fairy Kim Bok Joo)

Kampus Kim Bok Joo (Lee Sung Kyung) mengadakan lomba mendaki gunung di Oksunbong Peak ini pada episode 3 drama Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016-17).

Kim Bok Joo bertekad memenangkan lomba tersebut demi mendapatkan hadiah uang yang rencananya akan ia gunakan untuk ikut program Dokter Jung Jae Yi (Lee Jae Yoon). Sayangnya, ia kalah.

Oksunbong Peak atau dikenal dengan nama Woraksan Oksunbong Junction merupakan salah satu puncak gunung di Taman Nasional Gunung Woraksan, tepatnya berada di Desa Goegok, Susan-myeon, Jecheon.

Puncak ini dikenal karena pemandangan indah di sekelilingnya. Nama Oksunbong diambil dari bebatuan putih yang berdiri tegak seperti rebung. 

3. Mullebanga Rest Stop 

Resor hingga Gunung, Ini 7 Lokasi Syuting Drama Korea di Jecheon potret Mullebanga Rest Stop di Jecheon (mulebanga.itrocks.kr)

Mullebanga Rest Stop menjadi tempat Park Kwang Ho (Choi Jin Hyuk) dan Kim Seon Jae (Yoon Hyun Min) menyelidiki pembunuhan pada episode 5 drama Tunnel (2017). Keduanya kemudian terjebak dengan pemilik tempat peristirahatan dan sekelompok tersangka ketika hujan lebat menghalangi semua jalan masuk dan keluar area tersebut.

Mullebanga Rest Stop merupakan area peristirahatan yang terletak di 1012 Songgye-ri, Hansu-myeon, Jecheon. Lokasinya tak jauh dari Lembah Songgye, Taman Nasional Woraksan, dan kerap dikujungi wisatawan ketika musim panas. Berbagai masakan Korea yang lezat seperti samgyetang (sup ayam) dan baeksuk juga bisa dinikmati di sini.

Baca Juga: 9 Lokasi Syuting Drama Korea 'Now, We Are Breaking Up'

4. Semyung University 

Resor hingga Gunung, Ini 7 Lokasi Syuting Drama Korea di Jecheon potret Im SI Wan dan Lee Jeong Ha di Semyung University dalam KDrama Run On (dok. JTBC/Run On)

Salah satu fasilitas olahraga di Semyung University ini digambarkan sebagai Annam Training Facility dalam drama Run On (2020-21). Pada episode 1 dan 4, Ki Seon Gyeom (Im Si Wan) dan rekan-rekan anggota tim lintasan nasional berlatih di sini.

Semyung University merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan pada 28 November 1990 oleh mendiang Dr Kwon Young Moo dan terletak di 65 Semyung-ro, Sinwol-dong, Kota Jecheon.

Beberapa program sarjana yang ditawarkan di sini antara lain College of Humanity and Arts, College of Social Science, College of Engineering and Information Technology, College of Healthcare and Biotechnology, College of Korean Medicine, dan College of Education.

5. Wonbak-ri Tunnel 

Resor hingga Gunung, Ini 7 Lokasi Syuting Drama Korea di Jecheon cuplikan adegan IU dan Yeo Jin Goo di Wonbak-ri Tunnel (dok. tvN/Hotel del Luna)

Ingat dengan Terowongan Samdocheon tempat melepas para arwah menuju alam baka yang muncul dalam beberapa episode drama Hotel Del Luna (2019)? Arwah-arwah yang telah menyelesaikan urusannya di dunia kemudian dibawa ke terowongan ini oleh para karyawan Hotel del Luna dengan menaiki limusin.

Dalam kehidupan nyata, Terowongan Samdocheok tersebut hanyalah terowongan biasa sepanjang 50 meter yang terletak di Desa Wonbak, 66, Uiam-ro 1-gil, Bongyang-eup, Kota Jecheon.

Terowongan ini juga mengarah ke salah satu sisi Sungai Wongbakcheon.

6. Uirimji Reservoir 

Resor hingga Gunung, Ini 7 Lokasi Syuting Drama Korea di Jecheon potret Uirimji Reservoir di Jecheon (tour.jecheon.go.kr)

Uirimji Reservoir menjadi tempat Song Ha Young kecil (Lee Chun Moo) menaiki perahu bebek bersama ibunya, Park Young Shin (Kim Hye Ok), pada episode 1 drama Through The Darkness (2022). Tiba-tiba perahu yang dinaiki Ha Young menabrak perahu lain hingga membuatnya jatuh ke dalam air. Beruntung ia bisa diselamatkan.

Urimji Reservoir atau Waduk Uirimji merupakan salah satu dari tiga waduk kuno yang telah ada sejak periode Samhan dan sangat populer di Korea Selatan karena pemandangannya yang indah. Waduk ini berlokasi di 241 Mosan-dong, Kota Jecheon.

Tak jauh dari Urimji Reservoir terdapat Uirimji Parkland yang juga muncul pada adegan pembuka episode 1 drama Through The Darkness dan berlatar tahun 1975.

Taman hiburan yang baru dibuka pada tahun 1998 ini menyediakan berbagai wahana permainan anak-anak. Lokasinya ada di 30 Uirimji-ro, Kota Jecheon.

7. Soosooheon

Resor hingga Gunung, Ini 7 Lokasi Syuting Drama Korea di Jecheon Soosooheon di Kota Jecheon (instagram.com/soosooheon)

Dalam drama Monthly Magazine Home (2021), Soosooheon ini digambarkan sebagai vacation home alias rumah liburan milik orang tua Shin Gyeom (Jung Gun Joo).

Pada episode 12, Shin Gyeom bersama Na Yeong Won (Jung So Min), Yeo Ui Joo (Chae Jung An), dan Nam Sang Soon (Ahn Chang Hwan) berlibur singkat ke sini.

Soosooheon merupakan penginapan yang terletak di tepi Danau Cheongpung atau tepatnya di 87 Cheongpungho-ro 42-gil, Cheongpung-myeon, Kota Jecheon. Penginapan ini memiliki dua lantai dengan 2 kamar besar, 2 kamar standar, 2 kamar mandi, 1 dapur, 1 ruang kantor, dan 1 ruang serba guna.

Karena konsepnya unshared house, para pengunjung bisa menyewanya untuk gathering bersama keluarga atau rekan. Harga sewa keseluruhan mulai dari KRW 600.000 sampai KRW 800.000.

Di Soosooheon juga tersedia fasilitas BBQ dan api unggun di outdoor kitchen serta outdoor stage untuk perayaan acara.

Tak hanya indah, tempat-tempat di atas juga membuat kalian bernostalgia dengan drama-drama yang pernah populer, kan? Karena masih pandemi dan pergi ke luar negeri agak ribet peraturannya, kalian bisa rewatch drama-drama tersebut sembari jalan-jalan virtual. Gak kalah asyik, kok!

Baca Juga: 11 Lokasi Syuting Drama Korea 'Now, We Are Breaking Up' (Part 2) 

Fasrinisyah Suryaningtyas Photo Verified Writer Fasrinisyah Suryaningtyas

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya