Comscore Tracker

Ini Dia 13 Lokasi Syuting Hometown Cha-Cha-Cha di Kota Pohang

Seru nih rame-rame pergi ke ‘Gongjin’ ketemu Hong Banjang 

Sejak episode pertama penayangannya, KDrama Hometown Cha-Cha-Cha seakan tak henti membuat para penonton terpikat dan menjadi pembicaraan yang populer di berbagai media. Drama yang dibintangi dua artis berlesung pipit, Shin Min Ah dan Kim Seon Ho ini menyajikan alur cerita yang heart-warming dan diyakini akan menjadi drama healing terbaik tahun 2021 ini.

Tak hanya itu, latar tempat yang ditampilkan dalam drama tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri. Gongjin merupakan wilayah fiktif yang digambarkan berada di kawasan pantai Kota Chungho, Provinsi Gangwon. Dalam kehidupan nyata sebagian besar lokasi syuting berada di Kota Pohang, Provinsi Gyeongsangbuk.

Penasaran di mana saja lokasi syuting drama Hometown Cha-Cha-Cha di Kota Pohang? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini sampai habis ya!

1. Wolpo beach 

Ini Dia 13 Lokasi Syuting Hometown Cha-Cha-Cha di Kota Pohangpotret Shin Min Ah di Wolpo Beach dalam drama Hometown Cha-Cha-Cha (program.tving.com)

Pada episode 1, Yoon Hye Jin (Shin Min Ah) pergi ke Gongjin pada hari ulang tahun ibunya. Ia duduk dan berjalan di tepi pantai. Tanpa diduga, sepatunya terseret ombak dan salah satunya tersangkut di papan selancar milik Hong Du Sik (Kim Seon Ho).

Pantai tempat pertemuan pertama Hye Jin dan Du Sik tersebut bernama Wolpo Beach. Lokasinya berada di Desa Wolpo, Cheongha-myeon, Distrik Buk, Kota Pohang. Pantai sepanjang 900 meter, lebar 70 meter, dan luas 107.786㎡ ini memiliki air yang bersih dan permukaan yang cukup dangkal.

Setiap harinya bisa menampung sekitar 50.000 pengunjung serta terdapat banyak fasilitas umum dan akomodasi penginapan di sekitarnya.

2. Cheongha market 

Ini Dia 13 Lokasi Syuting Hometown Cha-Cha-Cha di Kota Pohangpotret warga Gongjin berkumpul di kawasan Cheongha Market dalam drama Hometown Cha-Cha-Cha (instagram.com/tvn_drama)

Beberapa tempat di sekitar Cheongha Market dijadikan sebagai set film untuk, diantaranya (1) Chungho Hardware, toko perkakas milik Choi Geum Cheol (Yoon Seok Hyun); (2) kafe bernama Coffee in the Daytime & Beer in the Moonlight yang dijalankan oleh Oh Chun Jae/Oh Yoon (Jo Han Chul); dan (3) Bora Supermarket, toko kelontong terlengkap di Gongjin milik Ham Yoon Kung (Kim Ju Yeon).

Cheongha Market merupakan pasar tradisional yang sudah berdiri sejak tahun 1920-an dan terletak di Desa Minam, Cheongha-myeon, Distrik Buk, Kota Pohang. Pasar ini hanya buka pada hari-hari tertentu setiap bulannya.

Para penjual menjajakan berbagai macam dagangannya, seperti sayuran, buah-buahan, makanan ringan, lauk pauk, minuman, pakaian, dan juga hasil tangkapan laut.

3. Yangpo port 

Ini Dia 13 Lokasi Syuting Hometown Cha-Cha-Cha di Kota Pohangpotret Shin Min Ah dan Kim Seon Ho di Yangpo Port (instagram.com/tvn_drama)

Yoo Hye Jin membeli secangkir kopi di kedai kopi milik Oh Chun Jae/Oh Yoon seharga 4.000 won tetapi tidak bisa membayar karena ia tidak memiliki uang tunai. Hong Du Sik kemudian mengajaknya ke tempat pelelangan ikan dekat pelabuhan dan menyuruhnya bekerja membersihkan isi perut cumi-cumi dengan upah 8.720 won per jam.

Pelabuhan tersebut bernama Yangpo Port yang terletak di Desa Nelayan Yangpo, 65, Yangpohang-gil, Desa Yangpo, Janggi-myeon, Distrik Nam, Kota Pohang. Posisinya berada tak jauh dari perbatasan wilayah Pohang dengan Gyeongju.

Kawasan ini juga menjadi tempat datangnya ikan-ikan segar dari laut dan juga terdapat area pelelangan ikan.

4. Yonggwangno red clay sauna 

Ini Dia 13 Lokasi Syuting Hometown Cha-Cha-Cha di Kota Pohangpotret Kim Seon Ho di Yonggwangno Red Clay Sauna dalam drama Hometown Cha-Cha-Cha (instagram.com/seonho__kim)

Karena mobilnya mogok dan harus menunggu perbaikan keesokan harinya, Yoon Hye Jin terpaksa harus menginap di jimjilbang (sauna) atas saran Hong Du Sik. Tanpa diduga, Du Sik juga bekerja di sini sebagai kasir.

Sauna bernama Yonggwangno Red Clay Sauna tersebut berada di 2941, Homi-ro, Donghae-myeon, Distrik Nam, Kota Pohang. Sama seperti sauna pada umumnya, di sini terdapat kamar mandi, restoran, area untuk tidur bersama yang cukup luas, dan loker barang. Pemandangan indah laut pasifik terlihat dengan sangat jelas dari jendela sauna ini.

5. Mukeunbong hill, sabang memorial park 

Ini Dia 13 Lokasi Syuting Hometown Cha-Cha-Cha di Kota Pohangpotret Mukeunbong Hill di Sabang Memorial Park dalam drama Hometown Cha-Cha-Cha (dok. tvN/Hometown Cha-Cha-Cha)

Yoon Hye Jin memutuskan untuk membuka klinik di Gongjin. Ia meminta bantuan kepala wilayah, Yeo Hwa Jeong (Lee Bong Ryun)  untuk mencarikan gedung. Hwa Jeong kemudian menyuruhnya menemui agen properti di dekat kapal yang berada di atas bukit. Ternyata sang agen tersebut siapa lagi kalau bukan Hong Du Sik.

Bukit dengan sebuah kapal bertengger di atasnya tersebut adalah Mukeunbong Hill yang berada di Sabang Memorial Park, Desa Odo, Heunghae-eup, Distrik Buk, Kota Pohang. Kawasan seluas 4.500 hektar ini dibuka sejak 7 November 2007 untuk memperingati 100 tahun pengenalan proyek pengendalian erosi di Korea Selatan.

Taman ini juga didedikasikan sebagai pusat pendidikan teknologi erosi untuk memahami tujuan dan sejarah proyek pengendalian erosi sekaligus destinasi wisata.

6. Cheongjin 3-ri community welfare center 

Ini Dia 13 Lokasi Syuting Hometown Cha-Cha-Cha di Kota Pohangpotret Cheongjin 3-ri Community Welfare Center sebagai Klinik Gigi Yoon dalam drama Hometown Cha-Cha-Cha (dok. tvN/Hometown Cha-Cha-Cha)

Cheongjin 3-ri Community Welfare Center ini menjadi salah satu latar utama yang muncul pada setiap episodenya dan digambarkan sebagai Klinik Gigi Yoon milik Yoon Hye Jin.

Bangunan klinik ini kepunyaan Yeo Hwa Jeong dan sebenarnya hendak digunakan sebagai cabang restorannya tetapi sengaja ia kosongkan jikalau ada dokter gigi yang bersedia membuka klinik di Gongjin.

Cheongjin 3-ri Community Welfare Center merupakan pusat kesejahteraan komunitas bagi masyarakat Cheongjin sekaligus gedung serbaguna yang terletak di 423-3, Desa Cheongjin, Cheongha-myeon, Distrik Buk, Kota Pohang.

Di gedung ini juga terdapat tempat pelatihan dan penyewaan alat menyelam bernama ‘Hello Stethoscope Scuba’.

Baca Juga: 6 Lokasi Syuting KDrama di Kota Yangju yang Seru buat Dikunjungi 

7. Seokbyeong village  

Ini Dia 13 Lokasi Syuting Hometown Cha-Cha-Cha di Kota Pohangpotret Seokbyeong Village dalam drama Hometown Cha-Cha-Cha (program.tving.com)

Seokbyeong Village menjadi set film utama Desa Gongjin. Di kawasan inilah rumah para penduduk berada, seperti rumah Hong Du Sik, rumah Yoon Hye Jin, dan rumah Kim Gam Ri (Kim Young Ok).

Desa Seokbyeong merupakan sebuah perkampungan tepi pantai yang berada di wilayah Gyeongbuk, Distrik Nam, Kota Pohang. Di desa ini juga terdapat dermaga pemecah gelombang dengan mercusuar berwarna merah yang terlihat sebagai background dalam beberapa scene drama Hometown Cha-Cha-Cha.

8. Seokbyeong village hall 

Ini Dia 13 Lokasi Syuting Hometown Cha-Cha-Cha di Kota Pohangpotret para pemain Hometown Cha-Cha-Cha di Seokbyeong Village Hall (instagram.com/tvn_drama)

Pada episode 2, Yeo Hwa Jeong mengundang Yoon Hye Jin datang ke acara pesta warga senior (lansia) Gongjin dan menyarakannnya untuk memperkenalkan kliniknya kepada seluruh warga. Ketika datang ke tempat acara, Hye Jin justru melakukan kesalahan, yaitu bergosip tentang Oh Chun Jae/Oh Yoon di depan mikrofon yang menyala sehingga semua warga mendengarnya.

Seokbyeong Village Hall merupakan balai desa sekaligus gedung serbaguna milik pemerintah Desa Seokbyeong. Lokasinya berada di 207, Ilchul-ro, Guryeongpo-eup, Distrik Nam, Kota Pohang.

9. Samjeong 3-ri breakwater 

Ini Dia 13 Lokasi Syuting Hometown Cha-Cha-Cha di Kota Pohangpotret Shin Min Ah dan Kim Seon Ho di Samjeong 3-ri Breakwater dalam drama Hometown Cha-Cha-Cha (instagram.com/tvn_drama)

Menjelang akhir episode 2, Yoon Hye Jin menemui Hong Du Shik yang sedang memancing ikan. Hye Jin hendak berterima kasih kepada Doo Sik karena klinik giginya menjadi ramai. Du Sik menyuruh Hye Jin naik ke atas bebatuan dan hampir terpeleset. Untungnya, Du Sik dengan sigap menangkap Hye Jin.

Tempat Du Sik memancing ikan tersebut berada di Samjeong 3-ri Breakwater, 97-8 Desa Samjeong, Gyeongbuk, Distrik Nam, Kota Pohang. Spot ini menjadi favorit wisatawan dan warga sekitar untuk memancing ikan. Beberapa ikan yang kerap menjadi incaran pemancing adalah cumi-cumi bermotif dan ikan air tawar hitam.

10. Yeongil butcher's restaurant 

Ini Dia 13 Lokasi Syuting Hometown Cha-Cha-Cha di Kota Pohangpotret Shin Min Ah dan Kim Seon Ho di Yeongil Butcher's Restaurant dalam drama Hometown Cha-Cha-Cha (instagram.com/tvn_drama)

Pada episode 5, rumor Yoon Hye Jin menginap di rumah Hong Du Sik menyebar dengan cepat di kalangan warga Gongjin. Hye Jin kemudian mengajak Du Sik makan sup di sebuah kedai untuk membuktikan bahwa tidak ada hal khusus di antara mereka. Para warga pun mengintip dari balik pintu kedai.

Kedai tempat Hye Jin dan Du Sik makan tersebut bernama Yeongil Butcher’s Restaurant yang terletak di kawasan Cheongha Market, 5-8 Cheongha-ro 192beon-gil, Cheongha-myeon, Distrik Buk, Kota Pohang. Tempat ini menyediakan aneka macam olahan daging, seperti daging panggang dan sup daging.

11. Cheongjin 2-ri breakwater 

Ini Dia 13 Lokasi Syuting Hometown Cha-Cha-Cha di Kota Pohangpotret Cheongjin 2-ri Breakwater dalam drama Hometown Cha-Cha-Cha (dok. tvN/Hometown Cha-Cha-Cha)

Hong Du Sik sedang berkeliling Gongjin untuk mengambil gambar aktivitas warga di sana hingga ke mercusuar pemecah gelombang pada episode 5. Ia pun melihat Ji Seong Hyun (Lee Sang Yi) juga sedang mengambil gambar. Seong Hyun berjalan mundur ke belakang dan hampir jatuh ke laut tetapi berhasil diselamatkan oleh Du Sik.

Tempat pertemuan pertama Hong Du Sik dan Ji Seong Hyun tersebut berada di Cheongjin 2-ri Breakwater, Haean-ro 1918beon-gil, Cheongha-myeon, Gyeongbuk, Distrik Buk, Kota Pohang. Seperti yang terlihat dalam drama, mercusuar merah setinggi 10 meter berdiri dengan kokoh di ujung dermaga dan masih aktif hingga sekarang.

12. Gonryunsan 

Ini Dia 13 Lokasi Syuting Hometown Cha-Cha-Cha di Kota Pohangpotret Kim Seon Ho dan Lee Sang Yi di Gonryunsan dalam drama Hometown Cha-Cha-Cha (dok. tvN/Hometown Cha-Cha-Cha)

Ji Seong Hyun menanyakan kepada Hong Du Sik arah menuju observatorium. Namun, Seong Hyun salah mengambil jalan sehingga terpaksa Du Sik mengantarkannya sampai ke puncak bukit. Seong Hyun kemudian bercerita tentang bagaimana ia bisa sampai ke Gongjin dan mengagumi keindahan tempat ini.

Observatorium tersebut merupakan bagian dari Gonryunsan atau Gunung Gonryun yang terletak di Desa Chilpo, Heunghae-eup, Distrik Buk, Kota Pohang. Dari puncaknya dapat terlihat pemandangan Desa Chilpo dan Desa Odo serta hamparan laut yang sangat cantik. Kawasan ini juga sering digunakan sebagai arena paralayang.

13. Guryongpo Ara Square 

Ini Dia 13 Lokasi Syuting Hometown Cha-Cha-Cha di Kota Pohangpotret warga Gongjin di Guryeongpo Ara Square (instagram.com/tvn_drama)

Pada episode 6, para warga Gongjin dan sekitarnya berkumpul dan beberapa diantaranya mengikuti ‘The Lighthouse Song Festival’ di sebuah lapangan terbuka. Tanpa direncanakan, Yoon Hye Jin dan Hong Du Sik turut tampil membantu Oh Ju Ri (Kim Min Seo) yang sedang cedera kakinya. Mereka pun mendapatkan juara kedua.

Tempat kontes menyanyi tersebut adalah Ara Square atau Ara Plaza, sebuah taman jalanan yang terletak di 954-34, Desa Guryongpo, Guryongpo-eup, Distrik Nam, Kota Pohang. Kawasan ini kerap digunaak untuk penyelenggaraan berbagai festival dan pertunjukan, salah satunya Pohang Guryongpo Gwamegi Festival setiap tahunnya.

Pemilihan wilayah Kota Pohang sebagai latar utama drama Hometown Cha-Cha-Cha tentu memiliki alasan tersendiri yang nantinya akan memberikan kesan dan kenangan indah tak hanya untuk para pemain dan kru, tetapi juga para penggemar drama ini.

Kalian berminat mengunjungi tempat-tempat tersebut suatu hari nanti?

Baca Juga: 8 Lokasi Syuting di Kota Cheongju Ini Menarik untuk Dikunjungi

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya