Comscore Tracker

7 Lokasi Syuting KDrama di Busan Ini Gak Pernah Bikin Bosan Lho! 

Tempat-tempatnya memorable semua lho! 

Siapa yang tak kenal dengan Busan? Kota metropolitan sekaligus kota pelabuhan terbesar di Semenanjung Korea ini kerap disebut sebagai ibu kota laut Asia Timur karena menghubungkan Eurasia dengan Samudera Pasifik. Busan juga merupakan kota terpadat kedua di Korea Selatan serta memiliki peranan penting, yaitu pusat ekonomi, industri, budaya, dan pendidikan.

Kesuksesannya menjadi salah satu tuan rumah FIFA World Cup 2002 menjadikan Busan dipercaya sebagai penyelenggara berbagai festival dan acara-acara penting level internasional, mulai dari Asian Games 2002, KTT APEC 2005, hingga KTT Peringatan ASEAN-Republik Korea 2019.

Busan juga menjadi bagian dari UNESCO Creatives Cities Netowrk sebagai City of Film sejak tahun 2014 karena budaya filmnya yang berkembang pesat dan didukung oleh industri film domestik yang kuat. Hal ini secara tidak langsung juga dipengaruhi oleh pariwisata Busan yang mengalami perkembangan signifikan dalam dua dekade terakhir.

Selain pantai tentunya, banyak tempat-tempat wisata lain yang dibangun oleh pemerintah dan masyarakat setempat untuk menarik wisatawan lokal maupun internasional. Beberapa di antaranya bahkan kerap dijadikan lokasi syuting KDrama lho!

Penasaran di mana saja? Simak ulasan di bawah ini ya!

1. Ilgwang Beach  

7 Lokasi Syuting KDrama di Busan Ini Gak Pernah Bikin Bosan Lho! Ilgwang Beach Busan (visitbusan.net)

Pada tahun 2017 lalu, Ilgwang Beach menjadi salah satu lokasi syuting drama Fight for My Way (KBS2, 2017) yang dibintangi Park Seo Joon dan Kim Ji Won. Pada episode 9, Ko Dong Man (Park Seo Joon) hendak melakukan demonstrasi bela diri pada sebuah festival di pantai ini. Choi Ae Ra (Kim Ji Won) menyusul Dong Man ke sini. Tiba-tiba MC festival tersebut sakit sehingga Ae Ra tampil menggantikannya.

Ilgwang Beach atau yang juga dikenal dengan nama Daylight Beach terletak di Desa Samsung, Ilgwang-myeon, Gijang, Busan. Pantai ini menjadi favorit destinasi liburan di kalangan keluarga, khususnya anak-anak karena ombaknya yang tidak terlalu besar dan permukaannya yang cukup dangkal.

Selain itu, fasilitas umum di sekitarnya pun bisa dikatakan lengkap, mulai dari penginapan, restoran, kafe, dan sebagainya. Serunya lagi, para pengunjung bisa berkemah di tepi pantai dan melakukan berbagai macam olahraga air lho!

2. Gamcheon Culture Village  

7 Lokasi Syuting KDrama di Busan Ini Gak Pernah Bikin Bosan Lho! Gamcheon Culture Village (english.visitkorea.or.kr)

Gamcheon Culture Village merupakan objek wisata paling populer di Busan yang terletak di Gamcheon-dong, Distrik Saha, Busan. Kawasan ini dibangun di lereng gunung yang cukup curam dengan jalan berlapis, gang-gang layaknya labirin, serta rumah-rumah berwarna-warni dengan mural yang kreatif. Tak heran jika kawasan ini juga dikenal dengan julukan ‘Santorini’s Korea’ dan ‘Maccu Piccu dari Busan’.

Dulunya, Gamcheon Culture Village ini merupakan pemukiman para pengungsi korban perang saudara (sekitar tahun 1950-an) yang hidup dalam garis kemiskinan. Pada tahun 2009, Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan melakukan upaya renovasi bertema seni publik untuk mengubahnya menjadi pusat budaya yang menarik wisatawan.

Para mahasiswa seni, seniman profesional, dan penduduk dilibatkan untuk memelihara, memperbaiki, dan "menghias" desa dengan seni. Sejak saat inilah pariwisata Gamcheon meningkat pesat dan berimbas pada perekonomian warganya. Kawasan ini pun pernah menjadi lokasi syuting drama L.U.C.A .: The Beginning (tvN, 2021); The Third Charm (JTBC, 2018); Life on Mars (OCN, 2018) serta film The Attorney (2013).

3. Dadaepo Beach 

7 Lokasi Syuting KDrama di Busan Ini Gak Pernah Bikin Bosan Lho! Dadaepo Beach Busan (visitbusan.net)

Para penggemar The King: Eternal Monarch (SBS, 2020) pasti masih ingat dengan adegan yang dilakukan di pantai ini kan? Dadaepo Beach ini digambarkan sebagai tempat penghubung dunia paralel antara Kerajaan Corea dengan Republik Korea yang tanpa angin, tanpa hujan, tanpa matahari, dan tanpa waktu.

Dadaepo Beach terletak di Dadae-dong, Distrik Saha, Busan. Dengan hamparan pasir yang sangat luas, perairan yang cukup dangkal, ombak yang tidak terlalu besar, serta suasana senja yang indah menjadikannya tempat favorit para wisatawan dan juga fotografer.

Pantai ini juga kerap menjadi lokasi penyelenggaraan festival, termasuk Busan Sea Festival dan “daljip” (semak belukar yang terbakar) selama Jeongwol Daeboreum Fire Festival (bulan purnama pertama setelah Tahun Baru Imlek). Tak jauh dari bibir pantai terdapat Dadaepo Sunset Fountain of Dream’s Musical Show, sebuah pertunjukan air mancur menari terbesar di dunia yang beroperasi pada bulan April hingga Oktober.

Baca Juga: 8 Destinasi Wisata Terbaik di Busan Korea, Kota Kelahiran Kang Daniel

4. Haeundae Square 

7 Lokasi Syuting KDrama di Busan Ini Gak Pernah Bikin Bosan Lho! Haeundae Square Busan (english.busan.go.kr)

Selain Dadaepo Beach, Haeundae Square ini juga pernah menjadi salah satu lokasi syuting The King: Eternal Monarch (SBS, 2020). Pada episode 9 dan 10, Lee Gon (Lee Min Ho) berencana menangkap Lee Lim (Lee Jung Jin) di sebuah acara yang mengundang keramaian. Sayangnya, rencana tersebut gagal. Lee Lim dan anak buahnya berhasil melarikan diri.

Haeundae Square (dulunya bernama Gunam-ro Cultural Plaza) merupakan jalan yang membentang sepanjang 490 meter antara Pantai Haeundae dengan Stasiun Haeundau, tepatnya di Gunam-ro, U-dong, Distrik Haeundae, Busan.

Jalur tengah Gunam-ro sendiri merupakan zona bebas mobil dan memiliki tiga area, yaitu dua zona musik dan satu zona pertunjukan. Di kawasan ini pun terdapat pasar seni reguler, pertunjukan jalanan, pertunjukan air mancur, serta acara gratis untuk Festival Film Internasional Busan dan Festival One Asia Busan. Kalian tertarik datang ke sini?

5. Dongbaek Island 

7 Lokasi Syuting KDrama di Busan Ini Gak Pernah Bikin Bosan Lho! Dongbaek Island Busan (visitbusan.net)

Tak jauh dari Haeundae Square atau tepatnya di bagian ujung barat Haeundae Beach, terdapat sebuah pulau cantik bernama Dongbaek Island atau Dongbaeksom. Nama dongbaek berarti pohon bunga kamelia Jepang karena pohon tersebut memang tumbuh subur di sana. Dulu wilayah ini merupakan sebuah pulau (terpisah dari daratan) tetapi lambat laun berubah menjadi semenanjung (bagian dari daratan) akibat adanya sedimentasi tanah.

Di Dongbaek Island ini terdapat Western Chosun Beach Hotel, monumen Choe Chi Won (seorang sarjana dan penulis pada masa Kerajaan Silla), Taman Dongbaek, patung putri duyung setinggi 2,5 m di dekat pantai, dan jalan setapak yang dapat digunakan untuk menjelajahi pulau selama 45 menit. Pulau ini juga telah ditetapkan sebagai Situs Wisata Organisasi Pariwisata Busan No.46 pada 9 Maret 1999.

Dongbaek Island pernah menjadi lokasi syuting drama Shopping King Louis (MBC, 2016). Pada episode 5, Go Bok Shil (Nam Ji Hyun) pergi ke tempat ini dan tidak sengaja bertemu dengan nenek Louis (Seo In-Guk) yang sedang mencari udara segar.

6. The Ananti Cove 

7 Lokasi Syuting KDrama di Busan Ini Gak Pernah Bikin Bosan Lho! The Ananti Cove Busan (theananti.com)

The Ananti Cove merupakan satu kawasan yang memiliki konsep seperti ‘little town’ terdiri dari penthouse, hotel dengan infinity pool dan ocean terrace, private residence, owners club, klinik kesehatan, convenience store, restoran, kafe, sauna, spa dan tempat terapi, salon, kapel, ballroom, dan masih banyak lainnya. Lokasinya berada di tepi laut Desa Sirang, Gijang-eup, Gijang, Busan.

The Ananti Cove ini pernah menjadi lokasi school trip alias liburan siswa-siswi SMA Seulli dalam drama Extraordinary You (MBC, 2019). Selain itu juga muncul dalam drama The Beauty Inside (JTBC, 2018) sebagai tempat menginap Seo Do Jae (Lee Min Ki) dan Han Se Gye (Seo Hyun Jin) serta menjadi resor yang dijalankan oleh Hoo Ye (Lim Ju Hwan) dalam drama Bride of the Water God (tvN, 2017).

7. Eulsukdo Island 

7 Lokasi Syuting KDrama di Busan Ini Gak Pernah Bikin Bosan Lho! Eulsukdo Island (instagram.com/nakdongriverecocenter)

Eulsukdo Island terletak di sebelah timur pusat kota Busan, tepatnya di Hadan-dong, Distrik Saha, Busan. Di kawasan ini terdapat The Eulsukdo Island Nakdonggang Bird Sanctuary yang menampung lebih dari 150 spesies burung, mulai dari unggas air, snipes, angsa, burung bangau tengkuk putih, burung bangau bermuka hitam, hingga elang ekor putih.

Para pengunjung juga bisa menyaksikan burung-burung tersebut bermigrasi antara bulan Oktober hingga Maret. Selain itu, pada musim semi bunga-bunga sakura juga bermekaran dengan sangat cantik di kawasan ini.

Eulsukdo Island pernah menjadi lokasi syuting drama Just Between Lovers (JTBC, 2017-18). Pada episode 13, Jung Yoo Taek (Tae In Ho) membawa Ma Ri (Yoon Se Ah) ke sini untuk menyaksikan burung-burung bermigrasi sembari bercerita bahwa burung-burung tersebut akan kembali yang dianalogikan seperti hubungan mereka. Selain itu juga pernah muncul dalam drama Money Flower (MBC, 2017) dan Life on Mars dan (OCN, 2018).

Nah, itu dia 7 lokasi syuting KDrama di Busan yang gak pernah bikin bosan siapapun yang mengunjunginya. Kalian juga memasukkan tempat-tempat di atas ke dalam wishlist destinasi wisata setelah pandemi Covid-19 ini berakhir nanti. Mau ke mana dulu nih?

Baca Juga: 7 Spot Kece di Busan yang Pernah Muncul di KDrama, Masih Ingat?

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya